PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT ASTRA MOTOR COKROAMINOTO

Authors

  • I Komang Ari Subawa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Citra Merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga, Kepuasan Konsumen

Abstract

Keberhasilan suatu bisnis akan ditentukan oleh target penjualan yang dicapai secara optimal dimana hal ini akan berkaitan dengan perilaku konsumen. Semakin banyak kepuasan konsumen yang dicapai, konsumen akan membeli kembali suatu produk, yang nantinya dapat meningkatkan penjualan dan mencapai kesuksesan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh citra merek, kualitas produk dan persepsi harga terhadap kepuasan konsumen di PT Astra Motor Cokroaminoto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen di PT Astra Motor Cokroaminoto pada tahun 2021. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 115 diperoleh berdasarkan teknik purposive random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek, kualitas produk, dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen di PT Astra Motor Cokroaminoto. Peneliti selanjutnya disarankan untuk memperluas area penelitian lain, baik menggunakan berbagai jenis perusahaan atau area penelitian yang berbeda, sehingga hasil penelitian dapat lebih umum dan menambahkan variabel bebas lainnya yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen.

References

Febriana, F. D., & Prabowo, R. E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Motor Yamaha Nmax Di …. 7(1), 298–306. Http://Eprints.Unisbank.Ac.Id/Id/Eprint/7410/

Ginting, J. Y., Moniharapon, S., & Walangitan, M. D. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia Pada Pt. Astra Internasional Daihatsu Manado. Jurnal Emba, 3(1), 493–501.

Gunardi, C. G., & Erdiansyah, R. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Mangkok Ku. Prologia, 3(2), 456. Https://Doi.Org/10.24912/Pr.V3i2.6387

Hadita. (2019). Promosi Dan Harga pada Kepuasan Pelanggan Restoran Fast Food. Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3, 25–38. https://doi.org/10.25139/ekt.v3i1.1431

Hartanto, A., & Andreani, F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Lingkungan Fisik Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Di De Mandailing Cafe Surabaya. Agora, Vol 7, No(1), 1–6.

Hernikasari, I., & Hapzi Ali, H. H. (2022). Determinasi Citra Merek Melalui Kepuasan Pelanggan Bear Brand: Analisis Harga Dan Kualitas Produk (Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 437–450.

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.251

Kusuma, W., & Marlena, N. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Go-Jek Di Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (Jptn, 9(2), 1174–1180.

Mukaromah, A. L., Teja, I. G. N. A. E., & Anggraini, N. P. N. (2019). The effect of green marketing, brand awareness and price perception on purchase decision. International Journal of Applied Business and International Management (IJABIM), 4 (3), 75-83.

Ngabiso, F., Radji, D. L., & Kango, U. (2021). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) pada Produk Air Minum dalam Kemasan Merek Aqua (Studi pada Konsumen AMDK Merek Aqua di Kota Gorontalo). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 1–12.

Paris, Y., & dan Deli Rahmawati. (2020). Pengaruh Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Travel. GIS Business, Volume 3 N(6), l 21-27. https://doi.org/10.26643/gis.v14i6.18868

Poha, F. R., Karundeng, D. R., & Suyanto, M. A. (2021). Analisis Citra Merek, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survey Pengunjung Kopi Dari Hati Marisa). Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1), 86–104. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i1.336

Purnamawati, N. L. A., Mitariani, N. W. E., & Anggraini, N. P. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Di Bandung Collection Kecamatan Kuta Utara, Badung. E-journal Unmas, 1 (3).

Ratna Ekasari1, T. A. P., Pelayanan, P. K., Keputusan, T., Konsumen, P., Ekasari, R., Putri, T. A., & Ekonomi, F. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi ” harga, ” dan ” lokasi terhadap ” keputusan ” pembelian konsumen. Iqtishadequity, 3(2), 83.

Riady, S. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat L ’ agie pada PT Surya Abadi Persada di Pontianak.

Ridho, Suharyono (2018). Pengaruh kualitas Produk Terhadap pada Brand Image dan Dampaknya Pada Kepuasan Pelanggan (Survei pada Pelanggan kartu prabayar Simpati, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 53(1).

Saputra, H., Muhazirin, B., & Panjaitan, H. P. (2021). The Effect Of Brand Image, Product Quality, Quality Of Service, Price Perception And Place On Consumer Buying Interest In Sido Kangen Bakso Pekanbaru. Jurnal Bisnis Terapan, 1(1), 48–61. Http://Www.Ejournal.Pelitaindonesia.Ac.Id/Ojs32/Index.Php/Lucrum/Index

Saragih Menara Lenny Dan Sarjani 2018. Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Grabcar Di Kota Medan. Jurnal Manajemen Bisnis Stie Ibbi, 30(1)

Savitri, I. A. P. D., & Wardana, I. M. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Dan Niat Beli Ulang. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 5748. Https://Doi.Org/10.24843/Ejmunud.2018.V07.I10.P19

Sondakh (2017). Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Taplus BNI Cabang Manado). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 3(1), 19-32

Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia di Jakarta. Manajemen Pemasaran, 9(021), 113–123.

Ugy Soebiantoro, M. B. S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Teh Gelas Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 851–858.

Umami, R., Rizal, A., & Sumartik, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Warsu Coffe Cafe. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 15(2), 250. https://doi.org/10.30742/equilibrium.v15i2.630

Yamin, R. (2018). Persepsi Nilai, Persepsi Kualitas, Dan Citra Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt Astra International Daihatsu Di

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles