PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG PRODUK KOSMETIK WARDAH DI KABUPATEN TABANAN
DOI:
https://doi.org/10.36733/emas.v6i11.13019Keywords:
citra merek, kualitas produk, persepsi harga, keputusan pembelian ulangAbstract
Karena persaingan yang ketat, maka para pelaku usaha harus memiliki nama baik agar produk yang dihasilkan tetap laku. Untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, setiap kosmetik dibuat dengan tujuan untuk memiliki keunggulan dan manfaat tersendiri. Ketika masyarakat menggunakan kosmetik yang membuat mereka terlihat menarik, maka mereka akan cenderung untuk membelinya kembali ketika kosmetik tersebut habis. Setiap perusahaan yang ingin mengembangkan usahanya sangat menginginkan pembelian ulang tersebut. Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh citra merek, kualitas produk, dan kesan harga terhadap pembelian ulang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sasaran penelitian adalah staf Kantor Desa Ubung Kaja dan berjumlah 75 orang. Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Korelasi Berganda, Koefisien Determinasi, Uji F, dan Uji t merupakan pilihan tampilan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek, kualitas produk, dan persepsi harga masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian ulang. Peneliti menyarankan agar Wardah menemukan cara baru untuk mengemas produknya sehingga pada akhirnya dapat menjual barang dalam kemasan yang unik. Wardah juga harus menggunakan bahan berkualitas tinggi saat membuat produknya, menetapkan harga yang lebih masuk akal, dan selalu mencoba membuat produk yang lebih baik daripada produk pesaingnya.
References
Adaming, S. (2019). Pengaruh citra merek, kualitas produk, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian pada produk ponsel Iphone (Studi pada mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Negeri Makassar) (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Negeri Makassar.
Antaka, T., & Iklima, S. (2021). The effect of quality, image and price on repurchase decisions. Journal of Islamic Economic Scholar, 2(2), 85–90.
Bayu, R., Noor, Y. L., & Diah, K. (2019). Analysis of the effect of brand image, product quality and after-sales service on repurchase decision of Samsung smartphones. *Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 91*(7), 243–250.
Burhanudin. (2015). Teori perilaku keorganisasian. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.
Chen, W., Liu, Q., & Lin, J. (2021). Price perception and customer purchasing decisions in online markets. Journal of Business Research, 132, 451–460.
Damayanti, P. P. S., Atmaja, N. P. C. D., & Manek, D. (2023). Pengaruh online customer review, online customer rating, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian produk Make Over pada TikTok Shop. EMAS, 4(12), 2968–2978.
Elayanti, I. G. A. K. Y., Mitariani, N. W. E., & Imbayani, I. G. A. (2022). Pengaruh brand image, kualitas produk, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian ulang konsumen pada produk Wardah di Kabupaten Badung. EMAS, 3(5), 112–125.
Fatima, T., & Bilal, M. (2021). Impact of customer loyalty and experience on repurchase intentions. International Journal of Business and Management, 16(5), 32–42.
Fauzi, D. H. F., & Ali, H. (2021). Determination of purchase and repurchase decisions: Product quality and price analysis (Case study on Samsung smartphone consumers in the city of Jakarta). Dinasti International Journal of Digital Business Management, 2(5), 794–810.
Ferdinand, A. (2014). Metode penelitian manajemen (5th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gupta, V. (2014). Human portable unmanned ground vehicle. Dehradun: University of Petroleum & Energy Studies.
Hasan, M., Ali, M., & Rahman, M. A. (2021). The influence of customer satisfaction on repurchase intention: The role of service quality. Journal of Consumer Marketing, 38(4), 407–417.
Huang, Y., & Gu, J. (2013). Knowledge, attitude and practice of antibiotics: A questionnaire study among 2500 Chinese students. BMC Medical Education, 13(1), 1–8.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of marketing (14th ed.). New Jersey: Prentice Hall.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of marketing (15th ed.). England: Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management (14th ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen pemasaran (Jilid 2). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2014). Manajemen pemasaran (Jilid 1, Edisi 13). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). England: Pearson.
Lee, J., & Choi, Y. (2021). The role of brand image in building customer loyalty. Journal of Product & Brand Management, 30(2), 293–306.
Lestari, D. A., & Nurhadi, N. (2021). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap loyalitas merek produk kosmetik Wardah di Surabaya Selatan. Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 7(2), 145–156.
Lestari, D. P., & Widjanarko, W. (2023). Pengaruh citra merek, persepsi harga dan e-word of mouth terhadap keputusan pembelian produk fashion Jiniso.id di marketplace Shopee. Jurnal Economia, 2(3), 321–335.
Nguyen, H. T., & Nguyen, T. V. (2022). The role of price perception in building customer trust. Journal of Consumer Behaviour, 21(1), 121–134.
Nofina, G., & Susanti, F. (2019). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian ulang sepeda motor Honda di PT. Menara Agung Veteran. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 15(2), 45–60.
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2014). Perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Prayoni, I. A., & Respati, N. R. (2020). Peran kepuasan konsumen memediasi hubungan kualitas produk dan persepsi harga dengan keputusan pembelian ulang. *E-Jurnal Manajemen, 9*(8), 3120–3139.
Rindell, A., Strandvik, T., & Wilén, K. (2021). Ethical brand image and its influence on customer perceptions. Journal of Business Ethics, 170(1), 23–36.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku konsumen: Pendekatan praktis disertai himpunan jurnal penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sari, P. M., Santoso, A., & Djunaidi, D. (2020). Pengaruh citra perusahaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di TM Group Travel. RISK: Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi, 1(2), 89–101.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer behavior (10th ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Setiowati, N., & Farida, I. (2024). Pengaruh word of mouth, persepsi harga, brand image, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian ulang hand & body Vaseline di Kota Semarang. Economics and Digital Business Review, 5(1), 439–452.
Setyaningrum, F., & Wati, N. J. (2019). Pengaruh kualitas produk, promosi dan citra merek terhadap keputusan pembelian ulang (Studi pada pelanggan Sarijan Coffee Malang). JAMSWAP: Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 4(4), 112–125.
Silaen, S. (2018). Metodologi penelitian sosial untuk penulisan skripsi dan tesis. Bandung: In Media.
Sivesan, S. (2013). Impact of celebrity endorsement on brand equity in cosmetic product. International Journal of Advanced Research in Management and Social Sciences, 2(4), 45–56.
Sofya, D. N., & Purwanto, S. (2021). Analisis pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian ulang “Slai O'lai”. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 6(3), 28–37.
Sudjiono, S. (2019). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah pada counter Wardah di Borobudur Kediri. JIMEK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 2(1), 45–56.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Tjiptono, F. (2008). Strategi pemasaran (Edisi III). Yogyakarta: CV Andi Offset.
Tjiptono, F. (2015). Strategi pemasaran (Edisi 4). Yogyakarta: CV Andi Offset.
Viani, G. A. I., Mitariani, N. W. E., & Imbayani, I. G. A. (2022). Pengaruh brand image dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian ulang produk KFC di Kota Denpasar pada masa pandemi COVID-19. EMAS, 3(3), 35–43.
Wardhani, M. K., Sudarwati, & Dewi, I. A. P. W. (2021). Keputusan pembelian ulang ditinjau dari citra merek, media iklan, dan brand trust pada produk Imboost di Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 5(1), 145–158.
Winata, E. (2020). Pengaruh kualitas produk harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian ulang pulsa pada kartu Simpati Telkomsel (Studi kasus pada mahasiswa STIM Sukma Medan). Jurnal Ilmiah: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 67–78.
Wu, J., Li, Z., & Liu, Y. (2021). Product quality, customer satisfaction, and loyalty: Evidence from emerging markets. International Journal of Production Research, 59(14), 4184–4201.
Yanti, N. K. H. R., Atmaja, N. P. C. D., & Manek, D. (2024). Pengaruh persepsi harga, brand image dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah di Kota Denpasar. EMAS, 5(12), 102–112.
Yuliani, N. K. D., Mitariani, N. W. E., & Atmaja, N. P. C. D. (2021). Pengaruh store atmosphere, kualitas pelayanan, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian pada toko fashion Dewa Ayu Shop Klungkung. EMAS, 2(1), 45–56.
Zhang, Q., Ding, W., & Li, C. (2021). Impact of product quality on customer satisfaction in competitive markets. Journal of Business Research, 135, 1–9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 EMAS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


