PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA DI GIANYAR

Authors

  • Gusti Ngurah Dwi Dharma Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Persepsi Harga, Kualitas Produk, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian motor Honda di Gianyar. Penelitian ini dilakukan di beberapa dealer sepeda motor Honda yang berada di Gianyar. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah berbelanja di dealer sepeda motor Honda Gianyar, yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, diperoleh 119 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel citra merekmerupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian.

References

Aaker, A. D. 2018. Manajemen Ekuitas Merek (1st ed.). Jakarta: Mitra Utama.

Abdjul, R., Soegoto, A.S. and Soepeno, D., 2018. Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Pproduk Dan Citra Merek terhadap KeputusanPembelian Mobil Nissan Grand Livina Pada PT. Wahana Wirawan Manado.Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).

Ajzen, I. dan Fishbein, M. 1980. Understanding Attitudes and Predicting Social Behaviour. Eaglewood Cliffs, NJ: Pentice-Hall.

Amilia, S. 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa.Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 660–669.

Amstrong, G., Adam, S., Denize, S., Volkov, M., & Kotle, P. 2018. Principles of Marketing (Australian 7th Edition 2017) (7th ed.). Pearson Education.

Anggraeni, A.R. and Soliha, E., 2020. Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang).Al Tijarah, 6(3), pp.96-107.

Aripin, Zaenal, & Negara, Riqki Padma. 2021. Perilaku Bisnis: Etika Bisnis & Perilaku Konsumen (Pertama). Yogyakarta: Deepublish.

Armayanti, A. S. 2019. Analisis Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Pada Kepuasan Pelanggan Di Klinik Kecantikan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3 (3), 598 –608.

Dedhy Pradana., Syarifah Hudayah., dan Rahmawati. 2017. Pengaruh Harga Kualitas Produk Dan Citra Meek Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor. JURNAL KIN E RJ A Volume 14 (1) 2017, 16-23.

Destarini, F. and Prambudi, B., 2020. Pengaruh produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada konsumen 212 mart condet batu ampar.Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(1), pp.58-66.

Desy Irana, Dewi Lubis dan Rahmat Hidayat 2017. Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan.Jurnal Ilham (Online). Vol. 5, No. 1,

Dwi P., dan Ni Wayan Ekawati. 2017. Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda

Dwihapsari, E. R., & Murni, Y. 2017. Pengaruh Positioning, Diferensiasi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Buku Mimpi Sejuta Dolar Dengan Promosi Sebagai Variabel Intervening. 1(2), 104–110.

Dzulkharnain, E., 2020. Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian.IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN, 1(2).

Fatmaningrum, S.R., Susanto, S. and Fadhilah, M., 2020. Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian minuman Frestea.Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(1), pp.176-188.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25 (9th ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gunawan, T. and Agustin, S., 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian.Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(4).

Habir, H., Zahara, Z. and Farid, F., 2018. Pengaruh Citra Merek dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha.Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 4(3), pp.211-218.

Harahap, Ipa Audina Br. dan Wahyu Hidayat. 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Masker Wajah Mustika Ratu (Studi Kasus pada Konsumen Kec. Tembalang Kota Semarang),”: 3

Hsb, M. 2018. Pengaruh Manajemen Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bei.Jurnal Akuntansi Dan Bisnis Jurnal Program Studi Akuntansi, 4(1).

Ikhsani, K., & Ali, H. 2017. Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Harga dan Brand Awareness (Studi Kasus Produk Teh Botol Sosro di Giant Mall Permata.

Ilmi, Sofia, Supawi Pawenang, and Fithri Setya Marwati. 2020. “Pengaruh Choi Siwon Sebagai Brand Ambassador, Brand Image, dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedaap Korean Spicy Chicken”.Jurnal Ilmiah Edunomika 4 (1): 103-113.

Indrasarai, M. 2019. Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Khumairo, Lukiana, N., & Kasim, K. T. 2018. Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kapal Api Di Lumajang.Jurnal Progress Conference, 1(1), 262–270.

Kotler, P. 2017. Customer Value Management. Journal of Creating Value, 3(2), 170–172.

Kotler, P., & Amstrong, G. 2018. Principles of Marketing. Harlow, United Kingdom: Pearson Education Limited.

Kotler, Philip & Armstrong, Gary, Opreshik, Marc, Oliver. 2018. Prinsip –prinsip Pemasaran. Edisi 17. United Kingdom: Pearson Education

Laila, E.J., 2018. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Rabbani Di Butik Qta Ponorogo.Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(1).

Lubis, D. I. D., & Hidayat, R. 2017. Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. 5(1), 15–24.

Lubis, D.I.D. and Hidayat, R., 2019. Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan.Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1).

Maimunah, Siti. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen”Volume 1, Nomor 2, hml (57-68)

Malau, H. Manajemen Pemasaran. Bandung:CV.Alfabeta. 2017.page.171

Mardikaningsih, R. & A. R. Putra. 2021. Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Berdasarkan Ekuitas Merek, Bisnis dan Manajemen, Vol. 4 No. 2, 85-98.

Masitoh, D., D. Darmawan & E. A. Sinambela. 2017. The Effect of Service Quality and Trust on Customer Loyalty of Warung Apung Rahmawati of Mojokerto Branch.Jurnal Agrimas, Vol.1 No.2 Desember, 107-114.

Milano, A., Sutardjo, A. and Hadya, R., 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Baju Batik Di Toko “Florensia” Kota Sawahlunto.Matua Jurnal, 3(1), pp.13-24.

Muharam, W. and Soliha, E., 2017. Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio.

Nadia, Syarifah. 2021. Pengaruh Harga, Selera Konsumen, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen pada Usaha Kerupuk Rambat Kuliit Sami Asri Sembung Tulungagung,Skripsi. Fakultas Ekomoni dan Bisnis Islam.

Nasution, A.E., Putri, L.P. and Lesmana, M.T., 2019, October. Analisis pengaruh harga, promosi, kepercayaan dan karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen pada 212 mart di kota Medan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 165-173).

Nugroho, A., & Astuti, P. B. 2021. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan,Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen pada Warung Bakso Lumayan Pak Cipto Karanganyar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen,

Oktavenia, K.A.R. and Ardani, I.G.A.K.S., 2018. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia Dengan Citra Merek Sebagai Pemediasi.E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(3), p.1374.

Owusu Alfred, 2013 . Influences of Price And Quality On Consumer Purchase Of Mobile Phone In The Kumasi Metropolis In Ghana A Comparative Study, European Journal of Business and Management , Vol.5, No.1.

Pamungkas, R. D. 2019. Pengaruh citra merek, kepercayaan merek, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas merek sepatu NIKE di Surabaya.Journal of Business and Banking, 9(1), 37. Pelanggan. E-Proceeding Of Management, 6(1), 131–138.

Pradana, D., Hudayah, S. and Rahmawati, R., 2018. Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek BRAND IMAGE terhadap keputusan pembelian motor. Kinerja, 14(1), pp.16-23.

Putri, E. R. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan PembelianMelalui Minat Beli (Studi Pada Konsumen Warda Cosmetics di Indonesia). Skripsi Publikasi, 161.

Radjapati, T.Y., Tumbuan, W., Soepeno, D. 2018. Pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan dan Personal Selling terhadap Keputusan Pembelian Kartu Telkomsel di Tobelo.Jurnal Emba. Vol. 6, No.4

Rahayu, S. 2017. "Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Majalah Media Asuransi(Studi Kasus: PT. Media Asuransi Indonesia)".Jurnal Pemasaran Komptetitif, 1(1).

Ramli, Rimayang Anggun Laras Prastianty, & Silalahi, Rudi Yanto Batara. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Tingkat Penjualan Mobil Toyota Yaris Di Wilayah Batam.Jurnal Bening, 7 (1), 43 – 52.Google Scholar

Siregar, B. G., Nasution, H. F., & Aisyah, S. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Atribut produk terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent pada mahasiswa jurusan ekonomi syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam lain Padangsidimpuan.Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 5(2), 58.

Situmorang, C., & Simanjuntak, A. 2019. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.Jurnal Akuntansi Dan Bisnis:Jurnal Program Studi Akuntansi, 5(2), 160-169.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Cetakan Kedelapan belas. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. 2018a. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

------. 2018b. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suri Amalia., dan M. Oloan Asmara Nst.2017. Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa.Jurnal manajemen dan Keuangan, Vol. 6, no.1.

Tannia, P.V. and Yulianthini, N.N., 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Merek PCX. Prospek:Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(2), pp.87-94.

Telagawathi, N.L.W.S. and Susila, G.P.A.J., 2019. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(1), pp.1-8.

Utama, D.C., Arista, R., Fitriyanto, F. and Raharjo, A., 2019. Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda di Kota Bekasi.Jurnal Mitra Manajemen, 3(7), pp.767-779.

Yamit, Y. 2017. Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.

Yuvira, I.A., Siregar, M.Y. and Sabrina, H., 2021. Pengaruh Harga Dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Satria Fu Di Medan Sumatera Utara.Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (Jimbi), 2(1), pp.81-85.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles