PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP NIAT MEMBELI PADA 9/11 CAFE & CONCEPT STORE

Authors

  • Ni Made Putri Dwita Utami Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Agung Ngr Gd Eka Teja Kusuma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

store atmosphere, kualitas produk, niat membeli

Abstract

ABSTRAK

Setiap usaha pada dasarnya pasti bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal demi mempertahankan keberadaan usahanya ditengah persaingan. Dalam hal ini penjualan yang diterima oleh 9/11 Cafe & Concept Store periode tahun 2016-2020 mengalami fluktuasi.  Penurunan ini terjadi karena adanya masalah dengan store atmosphere terkait sistem pendingin terkadang tidak on dan kualitas produk terkait rasa makanan terkadang cenderung tidak konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere dan kualitas produk terhadap niat membeli pada 9/11 Cafe & Concept Store.

Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen yang sedang mengunjungi 9/11 Cafe & Concept Store. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 104 konsumen yang ditentukan berdasarkan metode non probability sampling. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS Statistic 25.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosphere dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli pada 9/11 Cafe & Concept Store. Bagi peneliti selanjutnya jika masih dalam situasi pandemi Covid 19 maka proses wawancara kepada konsumen diharapkan hanya dilakukan kepada beberapa konsumen saja dan pemberian kuesioner secara online melalui google form guna mengurangi penyebaran Covid 19.

References

Agustini, W. D., & Rulirianto, R. 2020. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Di Consina Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 5(2), 450-453.

Ajzen, I., & Fishbein, M., 2007, Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research, 129-385, Addison-Wesley, Reading, Ma.

Alam, I. N., & Trianasari, N. 2020. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli (studi Pada Dna Coffee Bandung). eProceedings of Management, 7(2).

Alamsyah, B., & Ruswanti, E. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Membeli Produk Asuransi Jiwa Sinarmas Di Kota Tangerang Media Manajemen Jasa, 4(1).

Alifia, B., & Sofa, N. 2020, November. Pengaruh Store Atmosphere Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Naga Swalayan Jatiasih BekasiI. In Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (Sentrinov) (Vol. 6, No. 2, pp. 231-238).

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Arianto, N., & Difa, S. A. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis, 3(2), 242-253.

Arikunto, 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Cetakan 1. Bogor: Ghalia Indonesia

Berman, Berry and Evans, R. Joel. 2014. Retail Management A Strategic Approach. Ten Edition. Pearson Prentice Hall.

Bosnjak, M., Obermeier, D., & Tuten, T. (2006). Predicting and explaining the propensity to bid in online auctions: A comparison of two actiontheoretical models. Journal of Consumer Behaviour, 102-115.

Chein, Hansen dan Hsieh, Tsuifang. 2011. The Effect Of Store Atmosphere On Customer Perceptions and Customer Behavior Response in Chain Store Supermarkets. African Journal Of Business Management. ISSN 1993-8233. Vol 5 (24): 10055-10066.

Churchill, Gilbert A. 2013. Dasar-Dasar Riset Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Damanik, S. W. H., & Purba, R. 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Iklan terhadap Minat Beli Konsumen Produk Bedak Tabita Skincare. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), 335-340.

Dewi, I. 2021. Pengaruh Kualitas Produk dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Produk Lipstik Wardah di Kecamatan Buleleng (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Diana, R., & Bahgie, W. 2020. Pengaruh Store Atmosphere Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Di Serba Ada Takengon. JURNAL Alifia, B., & Sofa, N. (2020, November).

Eduar, R. 2021. Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko “Amel” Bungamas Kikim Timur. Ekonomika, 14(1), 21-30.

Etta dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset.

Fahimah, F. 2015. Pengaruh Store Atmosphere (Suasana Toko) Terhadap Minat beli (Survei pada Pengunjung di Madam Wang Secret Garden Cafe Malang) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Fandy, Tjiptono. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Skripsi, Tesis Dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.

Gilbert, Churchill A. 2013. Dasar-Dasar Riset Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Gracia, B. A., & Dipayanti, K. 2020. Store Atmosphere Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Kosumen Pada Toko Roti Breadlife Cabang Bintaro Exchange. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 62-78.

Handoko, Hani T., 2008. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia Edisi II. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta.

Hariyanto, F. L., & Soedjono, S. 2015. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat beli Konsumen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 4(5).

Hidayat, A. T., Elita, F. M., dan Setiaman, A. 2012. Hubungan Antara Atribut Produk Dengan Niat Membeli Konsumen. Students E-Journal, 1(1), 19.

Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Indranopa, R., & Hermanto, A. 2020. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Distro-Distro di Mataram). Target: Jurnal Manajemen Bisnis, 2(2), 195-216.

Irawan, M. R. N. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT. Satria Nusantara Jaya. Jurnal Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2), 140-156.

Karundeng, N., Kalangi, J. A., & Walangitan, O. F. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Belibeli Konsumen Pada Home Industri Pia Deisy Desa Kapitu Kecamatan Amurang Barat. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(2), 83-90.

Kasmir. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, P. dan A. B. Susanto. 2010. Manajemen Pemasaran di Indonesia, Jilid II. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2006. Marketing Management. Pearson Education Inc.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Levy & Weitz, 2001. Retailing Management, 4th edition. New York: Mc.GrawHill, Irwin.

Lupioadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Machfoedz, Mahmud. 2005. Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta: Upp Amp Ykpn.

Mahyarni, M. 2013. Theory Of Reasoned Action Dan Theory Of Planned Behavior (Sebuah Kajian Historis tentang Perilaku). Jurnal El-Riyasah, 4(1), 13-23.

Maimun, H. B. M. H. 2018. Pengaruh Harga, Desain Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Sepatu All Star Original (Studi Kasus Sport Station Cambridge Medan) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan).

Meldarianda, R., Lisan, H., & Kristen, U. 2010. Pengaruh store atmosphere Terhadap Minat Beli konsumen pada resort café atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), 17(2), 97-108.

Moven dan Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Naratama, I. M., & Nurcaya, I. N. 2016. Aplikasi Theory Of Reasoned Action (Tra) Dalam Menjelaskan Niat Membeli Produk Hijau Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 5(3).

Pabundu, Mohammad. 2006. Metode Riset Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Panuntun, S. A., & Rubiyanti, R. N. 2015. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat beli Pada Jigoku Ramen Bandung. eProceedings of Management, 2(1).

Picaully, M. R. 2018. Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Niat Membeli Gadget Di Shopee Indonesia. Jurnal Manajemen Maranatha, 18(1), 31-40.

Prabowo, Fitriansyah B. 2015. Analisis Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat beli Konsumen di Giant Supermarket Ekspress Dinoyo Malang. Jurnal Ilmiah Universitas Brawijaya, (1-9).

Prayogi, D., & Suhermin, S. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Store Atmosphere Dan Word Of Mouth Terhadap Minat beli Sepatu. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 8(5).

Rabil, R., & Siregar, M. R. 2020. Pengaruh Dimensi Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pad Swalayan Sena Rebung Blangkejeren Gayo Lues. Jurnal Ilmiah Manajemen Gayo Lues, 1(1).

Ramadhan, D. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Sepatu Nike (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Rap, M. M. 2014. Analisis pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap Minat beli konsumen produk batik sendang duwur Lamongan. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 2(2).

Ratnasari, R. T. dan M. Aksa. 2011. Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa.

Rezky, A. A. 2020. Pengaruh Store Atmosphere Dan Price Terhadap Minat Beli Pengunjung Pada Kedai Abu Idham.

Rohman, N., Widarko, A., & Khalikussabir, K. 2020. Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan Terhadap Miant Beli Konsumen Pada Damar Coffee Malang. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(07).

Saladin, Djalim. 2007. Industri Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Bandung: CV Linda Karya.

Santoso, P. H. 2018. Analisis pengaruh harga, citra merek, dan kredibilitas perusahaan terhadap niat membeli konsumen pada produk Kawasaki di kota Yogyakarta. COSTING: Journl of Economic, Business and Accounting, 1(2), 209-220.

Saputra, E., Arifin, R., & Khalikussabir, K. 2021. Analisis Store Atmosphere, Keragaman Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Halalan Mart Sukorejo, Kabupaten Pasuruan). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10(08).

Schiffman, Leon, & Kanuk, Leslie Lazar. 2007. Consumer Behaviour 7 th. Edition. (Perilaku Konsumen). Jakarta: PT. Indeks.

Setiawan, D., Wasito, S. E., & MSIE, P. I. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Dan Store atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Distro Screamous Kota Bandung (Doctoral dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas).

Shafitri, M., Ariani, L., & Nobelson, N. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Vivo. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 201-212.

Shaharudin, M. Rizaimy. 2011. The Relationship Between Product Quality And Purchase Intention: The Case Of Malaysia’s National Motorcycle/Scooter Manufacturer. African Journal of Business Management Vol. 5, No.20. Halaman 8163-8176.

Stanton, William J. 2009. Prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. (Edisi Ketiga). Bandung: Remaja Rosda Karya.

Swastha dan Handoko. 2000. Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Tania, L., Lindawati, L., & Elfitra, A. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan citra merek Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Miniso Di Kota Padang (Doctoral

dissertation, Universitas Bung Hatta).

Tindaon, R. 2021. Analisis Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Konsumen Toko Daitoku Houseware Medan).

Tjiptono, F. 2012. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset.

Umar, Husein. 2005. “Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis”. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Utami, Cristina Widya. 2006. Manajemen Ritel (Strategi dan Implementasi Ritel Modern). Jakarta: Salemba Empat.

Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Widiana, M.E. dan B. Sinaga. 2010. Dasar-Dasar Pemasaran. Cetakan Pertama. Bandung: Karya Putra Darwati.

Downloads

Published

2022-09-03

Issue

Section

Articles