PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEPERCAYAAN MEREK, DAN LAYANAN PURNA JUAL TERHADAP MINAT BELI ULANG UPS ICA DI UD. JAYA GEMILANG

Authors

  • Ni Made Rani Dwi Darmaningsih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kualitas Produk, Kepercayaan Merek, Layanan Purna Jual, Minat Beli Ulang

Abstract

Perkembangan dunia bisnis saat ini sangat pesat sejalan dengan zaman modern, hal itu membuat para pelaku usaha harus bersaing dengan pesaing yang ada. Untuk memenangkan persaingan bisnis, kepuasan konsumen menjadi kunci yang harus diperhatikan. Konsumen yang merasakan kepuasan saat berbelanja di suatu perusahaan lebih memilih kembali berbelanja di perusahaan tersebut dari pada mencari tempat lain Strategi dalam membuat konsumen untuk membeli kembali suatu produk/jasa dilakukan oleh perusahaan dengan memberikan rasa puas sehingga mendapatkan loyalitas. Diantara beberapa faktor yang dapat mempengaruhi minat beli ulang, penelitian ini menganalisis minat beli ulang tersebut melalui, kualitas produk kepercayaan merek, dan layanan purna jual. Penelitian ini dilakukan di UD. Jaya Gemilang dengan menggunakan sampel sebanyak 90 orang responden yang pernah membeli atau menggunakan produk dari UPS ICA yang dibeli di UD. Jaya Gemilang. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan observasi.Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan software SPSS. Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan minat beli ulang produk UPS ICA di UD. Jaya Gemilang. Kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang produk UPS ICA di UD. Jaya Gemilang. Layanan purna jual berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang produk UPS ICA di UD. Jaya Gemilang. Keterbatasan dalam penelitianinihanya berfokus pada tiga variabel yaitu kualitas produk, kepercayaan merek dan layanan purna jual serta penelitian ini hanya dilakukan pada perusahaan UD. Jaya Gemilang dengan sampel responden yang menggunakan produk UPS ICA.

References

Adixio, R. F. & Saleh, L., 2013. Pengaruh Kualitas Layanan dan Nilai Yang Dirasakan Terhadap Niat Pembelian Ulang Melalui Mediasi Kepuasan Pelanggan Restoran Solaria Di Surabaya. Journal of Business and Banking, Volume 3, p. 162.

Anjani, P. D., 2019. Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Kafe Excelso Wilayah Jakarta Terhadap Repurcahse Intention. Skripsi, Issue Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Multimedia Nusantara.

Assauri, S., 2015. Manajemen Pemasarn. Jakarta: Rajawali Pers.

Azmi, K., 2017. Pengaruh Brand Terhadap Loyalitas Debitur Bank Mega Syariah Batusangkar. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi, Volume 6, p. 263.

Bahar, A. & Sjaharuddin, H., 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang : Studi Kasus Konsumen McDonald’s Alauddin Makassar. Jurnal Organisasi dan Manajemen, Volume 3, p. 14.

Bayu, R., Noor, Y. L. & Diah, K., 2019. Analysis of The Effect of Brand Image, Product Quality and After Sales Service on Repurchase Decision of Samsung Smartphones. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 8(3), p. 19.

Cruz, L. d., Suprapti, N. W. S. & Yasa, N. N. K., 2014. Aplikasi Theory Of Planned Behavior Dalam Membangkitkan Niat Berwirausaha Bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNPAZ, Dili Timor Leste. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Volume 4, p. 900.

Dama, D., 2016. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Dalam Memilih Laptop Acer Di Toko Lestari Komputer Manado. Jurnal Berkala Ilmiah, Volume 16, p. 504.

Darmawan, C. T., 2021. Pengaruh Sales Promotion, Perceived Quality, dan After Sales Service Terhadap Repurchase Intention : Studi Kasus Toko Morojoyo Toys. Jurnal Strategi Pemasaran, 8(1).

Dewi, M., 2016. Jurnal Manajemen dan Keuangan. pengaruh Produk, Harga, dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusasn Pembelian Smartphone di Toko Langsa Ponsel, Volume 5, p. 450.

Dewi, N. A. N. L. & Kusuma, A. G. A. A., 2019. Peran Kepuasan Dalam Memediasi Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Membeli Kembali. E-Jurnal Manajemen, Volume 8, p. 5596.

Fandiyanto, R. & Kurniawan, R. E., 2019. Pengaruh Kepercayaan Merek dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang “Kopi Toraja” Di Coffe Josh Situbondo. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 7(1), p. 21.

Ghozali, I., 2017. Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 24 Update Bayesian SEM. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. 9th ed. s.l.:Badan Penerbit Univeristas Diponegoro.

Harfania, F., 2018. Pengaruh Promosi Penjualan Experiental Marketing, Kualitas produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Restoran Ayam geprek Sa'i Yogyakarta). Jurnal Fakultas Ekonomi Tahun 2018, p. 5884.

Haryono, N. & Octavia, R., 2014. Analisis Pengaruh Citra Merek dan Mutu Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. INDEPT, Volume 4, p. 21.

Hasan, A., 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Hidayat, A. T., Elita, F. M. & Setiaman, A., 2012. Hubungan Antara Atribut Produk Dengan Minat Beli Ulang. e Jurnal Mahasiswa Univeritas Padjadjaran, Volume 1, pp. 1-14.

Hutapea, L. B. N., 2019. Hubungan Antara Kepercayaan Konsumen dan Repurchase Intention di Online Shopping. s.l.:Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Kasmir, 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (teori dan praktik). Depok: PT RAJAGRAFINDO PERKASA.

Kharismawati, N. D., 2019. Analisis Pengaruh Kepuasan Konsumen dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Ulang Sepatu Sneakers Merek Nike : Studi Pada Mahasiswa/I Program S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Yogyakarta. Skripsi, Volume Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, p. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Kotler, P. & Armstrong, G., 2016. Principles of Marketing Sixteenth Edition. England: Pearson Education.

Kotler, P. & Keller, K. L., 2016. Marketing Management. 15th ed. England: Pearson Education, Inc..

Malakar, S. & Suwandee, S., 2021. The Effect of After Sales Service Quality on Customer Satisfaction and Repurchase Intention : A Case Study of Automobile Service Agent in India. DPU International Confrence on Business Innovation and Social Science 2021, p. 31.

Masitoh, M. R., Wibowo, H. A. & Sunaryo, D., 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan, dan Kepercayaan Merek Terhadap Niat Pembelian Ulang di Toko Online Tokopedia. Jurnal Manajemen, 8(1), p. 60.

Mustapa, A., Paramita, P. D. & Hasiholan, L. B., 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk, dan Keragaman Produk Sparepart Toyota Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening : Studi Pelanggan New Ratna Motor Semarang. Journal of Management 4, Volume 4, pp. 1-14.

Purnamawati, N. L. A., Mitariani, N. W. E. & Anggraini, N. P. N., 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang di Bandung Collection Kecamatan Kuta Utara Badung. Jurnal Emas, Volume 1, p. 179.

Putri, R. Q. N., 2021. Pengaruh Meal Experience Terhadap Minat Beli Ulang Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi, p. 4.

Ramadhan, A. G. & Santosa, S. B., 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang pada Sepatu Nike Running di Semarang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal Of Management, 6(1), p. 1.

Rochayati, S. & Ramaditya, M., 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Layanan Purna Jual Terhadap Loyalitas Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Pada PT. Quantum Inti Akurasi. Indonesian College of Economics, p. 1.

Rosita, R., 2019. Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, Kualitas Produk, Pelayanan, Harga, dan Kenyamanan Berbelanja Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Lotte Mart Bekasi Junction. Jurnal Ilmiah WIDYA Ekonomika, Volume 1, p. 98.

Roslina, N. Y. & Manik, E., 2015. Analisis Komparatif Pelayanan Akademik Pada Fakultas Ekonomi dan Fakultas ISIP Univeristas Jendral Achmad Yani. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, Volume 9, p. 119.

Safitri, K., 2017. Analisis Pengaruh Customer Experience dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Di Storia Caffe MMXVI. Jurnal Terapan Manajemen dan Binis, Volume 3, pp. 66-75.

Sari, R. K. & Hariyana, N., 2019. Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Minat Pembelian Ulang dan Kepuasan Pelanggan Online Shopping Pada Remaja Situbondo. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 6(2), pp. 107-116.

Sartika, D., 2017. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Produk You C 1000 Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis, Volume 2, p. 14.

Semuel, H. & Claranita, L., 2020. Analisa Pengaruh Product Quality Terhadap Brand Loyality Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi Pada Madam Chang Surabaya. Jurnas Strategi Pemasaran, Volume 7, p. 3.

Semuel, H. & Lianto, A. S., 2014. Analisis EWOM, Brand Image, Brand Trust, dan Minat Beli Produk Smartphone di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), p. 53.

Sentoso, F., 2019. Pengaruh Kualitas Makanan dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Melalui Kepuasan Pelanggan Crunchchaus Salads di Pakuwon Mall Surabaya. AGORA, Volume 7, p. 6.

Simon, F., 2016. Consumer adoption of No Junk Mail stickers: An extended planned behavior model assessing the respective role of store flyer attachment and perceived intrusiveness. Journal of Retailing and Consumer Services, Volume 29, pp. 12-21.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sujarweni, W., 2015. Metode Penelitian Bisnis Ekonomi. Yogyakarta: Yogyakarta Pustaka Baru 2015.

Syukur, A. C., 2018. Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Ulang Produk Kemasan (Studi Pada Aqua pada Masyarakat Kelurahan Terjun Medan Marelan. Skripsi, Issue Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.

Tjiptono, F., 2012. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.

Wijaya, Y., 2019. Pengaruh After Sales Service Terhadap Repurchase Intention Melalui Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening di PT. Damai Sejahtera Abadi (UFO Elektronika) Surabaya. AGORA, 7(1), p. 1.

Downloads

Published

2023-04-19

Issue

Section

Articles