PENGARUH SELF ESTEEM, NORMA SUBJEKTIF, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM) TERHADAP MINAT BELI SMARTPHONE SAMSUNG GALAXY Z FOLD PADA GENERASI Z DI BALI

Authors

  • I Putu Rendi Bayu Krisnawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Self Esteem, Norma Subjektif, Electronic Word Of Mouth (E-WOM) dan Minat Beli.

Abstract

Minat beli merupakan pernyataan mental konsumen yang merefleksikan rencana pembelian suatu produk dengan merek tertentu pengetahuan tentang niat beli konsumen terhadap produk perlu diketahui oleh para pemasar untuk mendeskripsikan perilaku konsumen pada masa yang akan datang. Maka dari itu, pemasar harus cermat dalam membaca minat beli konsumen untuk meningkatkan sstrategi dalam pemasaran. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh dari self esteem, norma subjektif dan electronic word of mouth (e-WOM) terhadap minat beli Smartphone Samsung Galaxy Z Fold pada generasi Z di Bali. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah generasi Z yang ada di Bali. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel yag diambil adalah sebanyak 117 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda,  uji asumsi klasik, analisis koefisien determinasi, uji f dan uji t, dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS 25.0 for Windows.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Self esteem berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli smartphone Samsung Galaxy Z Fold pada generasi Z di Bali. Norma subjektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli smartphone Samsung Galaxy Z Fold pada generasi Z di Bali. Electronic word of mouth (e-WOM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli smartphone Samsung Galaxy Z Fold pada generasi Z di Bali. Saran dalam penelitian ini adalah Samsung diharapkan dapat membangun citra dan kualitas produk dengan sebaik – baiknya agar produk dipandang tinggi di kalangan Generasi Z. Agar Samsung berorientasi pada pelanggan pada media electronic word of mouth (eWOM) untuk membuat citra baik dan menarik minat pembelian dari konsumen. Kepada penelitian selanjutnya agar menambahkan variabel – variabel yang berpengaruh signifikan tehadap minat beli yang belum digunakan pada penelitian ini seperti variasi produk dan shopping lifestyle.

References

A’yun, N. A. N., Rahmah, I., Utami, A. T., Zikrinawati, K., & Fahmy, Z. 2023. Pengaruh Self esteem dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli iPhone Bekas di Aplikasi OLX pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(2), 151-157.

Agatha, C., Tumbel, A., & Soepeno, D. 2019. Pengaruh brand image dan electronic word of mouth terhadap minat beli konsumen Oriflame dI Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1).

Ajzen, I. 1991. The theory of planned behavior. Organizational behavior and human decision processes, 50(2), 179-211.

Ajzen, I., & Fishbein, M. 1980. Understanding attitudes and predicting social behaviour.

Aminullah, M., & Ali, M. 2020. Konsep Pengembangan Diri Dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi Komunikasi Era 4.0. KOMUNIKE: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 12(1), 1-23.

Andrew G. Binalay. 2016. Pengaruh Sikap, Norma subjektif dan Motivasi Terhadap Minat Beli Online Pada Mahasiswa. Manado: Universitas Sam Ratulangi.

Baltezarevic, I., & Baltezarevic, R. 2020. Viral Marketing -e-WOM Communication .Saarbrücken: Germany: Lap Lambert Academic Publishing member of Omniscriptum Publishing Group.

Benowati, S. G., & Purba, T. 2020. Pengaruh citra merek dan electronic word of mouth terhadap minat beli kosmetik Wardah di kota Batam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Triangle, 1(2), 356-370.

Eirlangga,Y. S. 2022. “Penggunaan Teknologi Digital dan Alat Komunikasi Secara Efektif dalam Berkomunikasi. Padang: UNIVERSITAS ADZKIA PADANG.

Ellen, E., & Tunjungsari, H. K. K. 2019. Pengaruh Electronic word of mouth (e-WOM) Dan Country Of Origin (Coo) Terhadap Purchase Intnsion; Melalui Mediasi Brand Image Terhadap Produk Nature Republic Di Universitas Tarumanagara. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 1(3), 411-419.

Ferdinand, A. 2014. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang.

Ferdinand, A. T. 2006. Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, Joseph E, Jr et al. 2014. A Primer on Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). SAGE Publications, inc. California. USA.10

Halim, N. R., & Iskandar, D. A. 2019. Pengaruh kualitas produk, harga dan persaingan terhadap minat beli. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(3), 415-424.

Halim, N. R., & Iskandar, D. A. 2019. Pengaruh kualitas produk, harga dan persaingan terhadap minat beli. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(3), 415-424.

Ham M., Jeger M., and Anita Frajman Ivković. 2015. The role of subjective norms in forming the intention to purchase green food. Economic Research- Ekonomska. (28)1, 738–748

Imbayani, I, G, A., & Gama, A. W. S. 2018. The Influence of Electronic word of mouth (e-WOM), Brand Image, Product Knowledge on Purchase Intention Jurnal Ekonomi dan Bisnis Jagaditha, 5(2), 145-153. http:// dx.doi.org/10.22225/jj.5.2.813.145-153

Jannah, K. Z., & Andriani, F. 2013. Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, dan PBC Mahasiswa terhadap Intensi Plagiat dalam Tugas Akademik. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, 2(03), 114.

Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi

Khairunnisa, H. 2017. Self esteem, self awareness dan perilaku asertif pada remaja (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Kietzmann, J. dan Canhoto, A. 2013. Bittersweet! Understanding and Managing

Electronic Word of Mouth. Journal of Public Affairs, Vol. 13, No. 2, 146-159.

Kotler, P.,& Keller, K.L. 2016. Manajemen pemasaran edisi12 jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeksi.

Kusuma, Y. 2021. Pentingnya Strategi Komunikasi Dalam Berkomunikasi. Jurnal Sudut Pandang, 2(5), 1-5.

Mandasari, R. N. P. N., & Nurcaya, I. N. 2013. Pengaruh Sikap Konsumen Dan Norma Subyektif Terhadap Niat Beli Mobil Toyota Agya Di Kota Denpasar (Doctoral dissertation, Udayana University).

Matzler, K., Bauer, F. A., & Mooradian, T. A. 2015. Self esteem and tranformational leadership, Journal of Managerial Psychology, 7(30), 815-831.

Naufal, M. F., & WIDIYANTO, I. 2014. Analisis Pengaruh Brand Awareness, Norma Subyektif, Keyakinan Label Halal Terhadap Brand Attitude Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang Kosmetik Merek Wardah (Studi Kasus Pada Pelanggan Kosmetik Merek Wardah Di Kota Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Nurofik, N. 2013. Pengaruh sikap, norma subyektif, dan kontrol perilaku pada pengungkapan tanggung jawab sosial. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, 17(1), 43-56.

Purnomo, A., Asitah, N., Rosyidah, E., Septianto, A., Daryanti, M. D., & Firdaus, M. 2019. Generasi Z sebagai Generasi Wirausaha.

Sihombing, L. 2017. Self-Esteem dalam Komunikasi Interpersonal dan Minat Beli Konsumen (Studi Korelasional Self-Esteem Terhadap Minat Membeli Pakaian Import Second pada Konsumen di Pajak Melati Medan) (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).

Sugiyono, S. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Themba, G., &Mulala, M. 2013. Brand-Related e-WOM and Its Effectson Purchase Decisions: An Empirical Study of University of Botswana Students. Internation Journal of Business and Management.

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

I Putu Rendi Bayu Krisnawan, I Gusti Ayu Imbayani, & I Made Surya Prayoga. (2024). PENGARUH SELF ESTEEM, NORMA SUBJEKTIF, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM) TERHADAP MINAT BELI SMARTPHONE SAMSUNG GALAXY Z FOLD PADA GENERASI Z DI BALI. EMAS, 5(2), 45–56. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/9961

Issue

Section

Articles