PENGARUH PRESEPSI HARGA DAN INOVASI PRODUK TERHADAP MINAT PEMBELIAN RELIEF UKIRAN BATU PADAS PADA NCASA STONE CURVING GIANYAR

Authors

  • I Komang Aditya Andreana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ngurah Agung Gede Eka Teja Kusuma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

persepsi harga, inovasi produk, minat beli

Abstract

Minat beli merupakan salah satu aspek psiokologis yang memiliki pengaruh cukup besar terhadap sikap perilaku. Minat beli seseorang dipengaruhi oleh prespsi harga dan inovasi produk yang dimiliki. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh presepsi harga dan inovasi produk terhadap minat pembelian relief ukiran batu padas pada Ncasa Stone Curving Gianyar. Objek dalam penelitian ini yaitu pengaruh presepsi harga dan inovasi prosuk terhadap minat beli pada produk ukiran relief batu padas di Ncasa Stone Curving Gianyar.  Populasi yang digunakan alam penelitian ini adalah masyarakat  yang pernah berkunjung dan pernah melihat produk ukiran Ncasa Stone Curving yang jumlah populasinya tidak diketahui pasti. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan metode non-probability sampling yaitu pengambilan sampel yang dimana tidak memberi peluang atau kesempatan yang sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Sehingga teknik penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kriteria atau pertimbangan tertentu. Hasil dari penelitian ini Persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada NCasa Stone Curving Gianyar. Hal ini berarti semakin baik persepsi harga konsumen terhadap NCasa Stone Curving Gianyar akan meningkatkan minat beli produk. Inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada NCasa Stone Curving Gianyar. Hal ini berarti semakin baik inovasi produk yang dimiliki oleh NCasa Stone Curving Gianyar akan meningkatkan minat beli produk.

References

and Kumar, Ajith. 2002. Market Orientation and Alternative Strategic Orientations : A Longitudinal Assessment of Performance Implications. Journal of Marketing, Vol. 6, No.6, pp.25-39.

Firdausi, Intan. 2016. Pengaruh Inovasi Produk, Daya Tarik Iklan dan Persepsi Harga Terhadap Minat Pembelian pada Cafe dengan Menu Unik (Studi Kasus pada Cafe Tombo Ngelak Yogyakarta). Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Mulivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indayanti, Fitria. 2015. Analisis Faktor-Faktor Produk Domestik yang Mempengaruhi Ekspor Kerajinan Kayu di Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar. E-Jurnal EP Unud, Vol.5, No.1, pp.195-215.

Kafidhin. 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi produk dan Promosi terhadap Minat Pembelian Produk di Sandy Jaya Furniture Jepara. Jurnal Studi Manajemen Bisnis, Vol.1, No.2, pp.141-146.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Edisi ke 12. Jakarta:

PT. Index.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gray. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 12. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin, Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi. Jilid 1. Edisi ke 13. Cetakan Keempat. Jakarta : PT. Indeks.

Kotler dan Keller, 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 12. Jakarta : Erlangga.

Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta : Erlangga.

Mahendra, Supri. 2020. Pengaruh Inovasi Produk dan Lokasi tehadap Minat Pembelian Konsumen pada Cafe dan Resto Medan. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Medan Area. Medan.

Mukti, Mohamad Yusuf Dana. 2015. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Mebel CV Jati Endah Lodoyo Blitar). Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), Vol. 2, No. 1, pp. 89-110.

Nufa, Ahmad Lu’Lu’ Dhiyaun. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Fitur dan Desain terhadap Minat Pembelian Mebel pada CV Munawir Furniture di Jepara. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Pranoto, Martinus Yogas. 2018. Pengaruh Inovasi, Harga, dan Citra Merek Terhadap Minat Pembelian Produk Handphone Samsung (studi Kasus pada Mahasiswa dan Mahasiswi Universitas Sanata Dharma. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Schiffman, Leon dan G, Leslie Lazar Kanuk. 2009. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta : PT. Pustaka Gramedia.

Setiadi, N.j. 2003. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Kencana.

Setyawan, Andreas Dito. 2020. Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Minat Pembelian Skuter Piaggio Vespa. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Saata Dharma. Yogyakarta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Agus. 2013. Pengaruh Promosi, Harga dan Inovasi Produk terhadap Minat Pembelian pada Batik Tulis Karangmlati Demak. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Tjiptono, Fandy. 2008. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Umar, Husein. 2003. Metodelogi Penelitian : Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wicksono, Bagas Rifki. 2016. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Internet yang Dimediasioleh Minat Beli (Studi Kasus pada Mahasiswa Pengguna Provider Tri di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta). Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles