PENGARUH CELEBRITY ENDORSMENT MEDIA SOSIAL INSTAGRAM, PERSEPSI HARGA DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI PADA TIUK BALI
Keywords:
Celebrity Endorsement, Persepsi Harga, Brand Image, Minat BeliAbstract
Minat beli merupakan sebuah perilaku konsumen dimana konsumen memiliki keinginan dalam memilih, menggunakan, dan mengkonsumsi atau bahkan
menginginkan suatu produk yang ditawarkan. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli antara lain celebrity endorsment, persepsi harga dan brand image. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh celebrity endorsement, harga, dan brand image terhadap minat beli produk Tiuk Bali. Lokasi penelitian di Toko Tiuk Bali yang terletak di Jalan Pulau Riau, Kecamatam Denpasar Barat, Kabupaten Denpasar, Provinsi Bali.Objek penelitian konsumen yang membeli produk Tiuk Bali yang terkait dengan celebrity endorsment, persepsi harga, dan brand image terhadap minat beli. Populasi dalam penelitian ini adalah yang penah bertransaksi dan melakukan pembelian produk Tiuk Bali lebih dari satu kali. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik non-probability sampling. dan sampel penelitian yaitu 80 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan celebrity endorsement, persepsi harga, dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada Tiuk Bali.
References
Atmaja dan Puspitawati. 2019. Strength of Reference Groups to Moderate Online Repurchase Intention on Generation X. International Journal of Applied Business & International Management. 4 (2), Hal: 26-32.
Bayu Prawira (2020), Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Samsung Di Kota Denpasar. Skripsi
Borges, Adilson & Reto Felix, 2014. Celebrity Endorser Attractiveness, Visual Attention, and Implications For Ad Attitudes and Brand Evaluations: a Replication and Extension. LA – Latin America Advances in Consumer Research Volume 3, eds.
Ghozali, Imam, Prof. Dr. M. Com, Akt. 2008. Desain Penelitian Eksperimental, Teori, Konsep, dan Analisis Data dengan SPSS 16. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Khan, Afsheen & Samreen Lodhi, 2016. Influence of Celebrity Endorsment on Consumer Purchase Decision: A Case of Karachi. Imperial Journal of Interdisciplinary Research (IJIR). Vol. 2, Issue-1.
Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT. Indeks.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Volume 1 Edisi 13. Jakarta: Erlangga
Kotler, Phillip and Kevin Keller. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12, Jilid
Pertama dan Kedua. Jakarta: PT Indeks
Kotler, Phillip & Amstrong, Gery. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Kotler, Phillip & Amstrong, Gery. 2006. Prinsip-prinsip Pemasaran Terjemahan oleh Bob Sabran. Edisi ke 13. Jilid 2. Jakarta: Erlangga
Liberty Delgado, E., Munuera, J.L. dan Yague, M.J. 2003. Pengembangan dan
Validasi Skala Kepercayaan Merek. Jurnal Internasional Riset Pasar,
(1):35-54.
Muhfyani, Emma Zahra. (2021). Pengaruh Iklan Televisi, Celebrity Endorser Dan Promosi Diskon Terhadap Minat Beli Konsumen Di E-Commerce Shopee (Studi Pada Remaja di Kel. Kayumanis Jakarta Timur). Skripsi thesis. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
Nadya Valentina Sampurno1, Christy Pratiwi Ciakrawinata, Regina Jokom (2019) Pengaruh Karakteristik Selebriti Endorser Terhadap Minat Beli Melalui Kesadaran Merek Hotel Di Instagram. Jurnal Manajemen Perhotelan, Vol.
, No. 1, Maret 2019, 36–44
Nilla Wijayasari, Mahfudz (2018) Pengaruh Brand Image, Kualitas, Persepsi Harga Dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Sarung Gajah Duduk Di Kabupaten Pekalongan. Volume7, Nomor2,Tahun2018,Halaman1-9
ISSN (Online): 2337-3792