PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, BRAND IMAGE, DAN BRAND TRUST TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MARKETPLACE LAZADA DI KOTA DENPASAR

Authors

  • Ni Ketut Tiara Sukmawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nengah Suardhika Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Wahyu Dwinata JS Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/emas.v6i4.4271

Keywords:

online customer review, brand image, brand trust, minat beli

Abstract

Perkembangan pasar online di Indonesia telah mendorong persaingan yang semakin ketat di antara berbagai marketplace, termasuk Lazada. Sebagai salah satu platform terkemuka, Lazada menghadapi tantangan serius akibat penurunan signifikan jumlah pengunjung situs pada tahun 2023, yang mengindikasikan minat beli pada Marketplace Lazada juga menurun. Dalam upaya memahami penyebabnya, faktor seperti online customer review, brand image, dan brand trust menjadi fokus utama karena ketiganya diyakini berperan penting dalam membangun minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh online customer review, brand image, dan brand trust terhadap minat beli konsumen di Marketplace Lazada di Kota Denpasar. Populasi penelitian adalah konsumen Marketplace Lazada yang berdomisili di Denpasar. Sampel pada penelitian ini sebanyak 96 responden yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan bantuan bantuan program SPSS 25 (Statistical Package of Social Science) for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa online customer review dan brand image masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen marketplace Lazada. Namun, brand trust tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen pada marketplace Lazada.

References

Aditria, D., Digdowiseiso, K., & Nurwulandari, A. (2023). Pengaruh brand image, e-WOM, dan brand trust terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel mediasi di Hits Burger Antasari Jakarta Selatan. Technomedia Journal (TMJ), 8(1), 30-45.

Agatha, C., Tumbel, A., & Soepeno, D. (2019). Pengaruh brand image dan electronic word of mouth terhadap minat beli konsumen Oriflame di Manado. Jurnal EMBA, 7(1), 131-140.

Avianti, P., & Aminah, S. (2023). Pengaruh electronic word of mouth (e-WoM) dan brand image terhadap purchase intention di e-commerce Lazada. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 7(1), 1571-1579.

BPS Provinsi Bali. (2024). Persentase penduduk usia 5 tahun ke atas yang mengakses teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam 3 bulan terakhir menurut kabupaten/kota di Provinsi Bali, 2019-2023. https://bali.bps.go.id/id/statistics-table/1/OTUjMQ==/persentase-penduduk-

Damayanti, R. S. (2020). Pengaruh online customer review dan rating, e-service quality dan price terhadap minat beli pada online marketplace Shopee. Prosiding 2nd Business and Economics Conference in Utilizing of Modern Technology.

Databoks. (2024, January 10). Tren e-commerce 2023, kunjungan ke Shopee dan Blibli meningkat. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/10/tren-e-commerce-2023-kunjungan-ke-shopee-dan-blibli-meningkat

Depari, G. S., & Ginting, N. (2022). The influence of online customer review and perceived quality toward customer purchase decision at Lazada online retail company. JURAKUMAN: Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 15(1), 1-19.

Durahman, S. P. (2020). Pengaruh promosi dan brand trust terhadap minat beli konsumen pada Galeri Elzatta di Balikpapan. eJournal Administrasi Bisnis, 8(3), 233-241.

Farisi, S. A., Saroh, S., & Hardati, R. N. (2020). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi minat beli konsumen pada e-commerce Lazada. JIAGABI, 9(2), 377-385.

Fauzi, S., & Lina, L. F. (2021). Peran foto produk, online customer review, online customer rating pada minat beli konsumen di e-commerce. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 151-156.

Fayadl, M. F., Widarko, A., & Mustapita, A. F. (2024). Pengaruh gratis ongkir, online customer review dan flash sale terhadap keputusan pembelian marketplace Tiktok Shop. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 13(1), 2083-2090.

Firdaus, M., Aisyah, S., & Farida, E. (2023). Pengaruh customer review, customer rating, dan celebrity endorser terhadap minat beli melalui kepercayaan di online shop Shopee. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 4(1), 67-83.

Fransiscus, B., & Husda, N. E. (2022). Pengaruh brand image, promosi penjualan dan duta merek terhadap minat beli konsumen e-commerce Blibli pada masyarakat Kota Batam. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (SNISTEK), 4, 536-541.

Gultom, R., & Khoiri, M. (2023). Pengaruh customer review, customer rating dan konten marketing terhadap minat beli produk fashion di Tiktokshop Kota Batam. JEMI, 23(2), 72-83.

Hansopaheluwakan, S., Oey, E., & Setiawan, Y. (2020). The impact of brand equity and brand trust towards purchase intention through brand preference. Palarch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 18(1), 505-517.

Harijanto, R. F. (2023). Pengaruh brand image terhadap minat beli konsumen pada produk Evolene Whey Protein dengan customer value proposition sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran, 10(1), 1-11.

Heider, F. (1958). The psychology of interpersonal relations. John Wiley & Sons.

Keller, K. L., & Swaminathan, V. (2019). Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity (5th ed.). Pearson Education.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2023). Principles of marketing (19th ed.). Pearson Education.

Kusumaningsih, S., Sutopo, J., & Nurlaeli, F. (2021). Buku panduan marketplace. CV. Global Aksara Pres.

Luthans, F., Luthans, B. C., & Luthans, K. L. (2015). Organizational behavior: An evidence-based approach (13th ed.). Information Age Publishing.

Mawa, S. F., & Cahyadi, I. F. (2021). Pengaruh harga, online customer review, dan rating terhadap minat beli di Lazada. BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 9(2), 253-278.

Nathani, D., & Budiono, H. (2021). Pengaruh kepercayaan, popularitas, dan citra merek terhadap minat beli produk kamera Sony. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(4), 953-961.

Populix. (2023). Survei populix: E-commerce masih jadi pilihan untuk belanja produk elektronik, rumah tangga, dan kesehatan. https://info.populix.co/articles/platform-e-commerce/

Pramuditha, R., Hudayah, S., & Indriastuti, H. (2021). Pengaruh service quality, e-trust terhadap e-satisfaction dan e-loyalty konsumen. Jurnal Sketsa Bisnis, 8(2), 123-134.

Purwati, A., & Cahyanti, M. M. (2022). Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap minat beli yang berdampak pada keputusan pembelian. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), 32-46.

Putri, I., Rosada, I., & Husain, T. K. (2022). Pengaruh iklan dan brand trust terhadap minat beli konsumen florist. WIRATANI: Jurnal Ilmiah Agribisnis, 5(1), 44-55.

Sari, N. P., & Sudarwanto, T. (2022). Pengaruh celebrity endorser dan brand image terhadap minat beli konsumen skincare MS GLOW. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, dan Bisnis, 1(2), 25-40.

Sari, S. P. (2020). Hubungan minat beli dengan keputusan pembelian pada konsumen. Psikoborneo, 8(1), 147-155.

Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. L. (2021). Consumer behavior (12th ed.). Pearson.

Septiani, M., & Wulandari, A. (2024). Pengaruh online customer review, citra merek dan persepsi harga terhadap minat beli Y.O.U Cosmetic pada marketplace Shopee. Prosiding SEMANIS: Seminar Nasional Manajemen Bisnis, 2(1), 207-213.

Suparwo, A., & Rahmadewi, P. (2021). Pengaruh kualitas produk, kualitas informasi dan kepercayaan pelanggan terhadap minat beli online di Lazada. Jurnal PERKUSI: Pemasaran, Keuangan, dan Sumber Daya Manusia, 1(4), 446-456.

Syarifah, E., & Karyaningsih. (2021). Pengaruh online customer review dan kepercayaan terhadap minat beli pada marketplace Lazada. YUME: Journal of Management, 4(1), 235-244.

Togas, P. T., Kindangen, P., & Tumbuan, W. J. F. A. (2019). The influence of online review on online hotel booking intention in Manado. Jurnal EMBA, 7(5), 3189-3198.

Wardhana, A. (2024). Perilaku konsumen di era digital. Eureka Media Aksara.

Wardhana, A. (2024). Brand management in the digital era (Edisi Indonesia). Eureka Media Aksara.

Widiati, A., & Pratiwi, D. (2022). Pengaruh ulasan dan penilaian pelanggan, kualitas layanan, dan harga terhadap minat beli konsumen pada pasar online Shopee. E-QIEN (Jurnal Ekonomi dan Bisnis), 9(1), 219-226.

Wilyan, W. A., Said, S., & Najmudin. (2022). Pengaruh harga dan brand image terhadap minat beli produk Safi Skincare pada mahasiswa FEB Untirta. MDP Student Conference, 1(1), 239-244.

Downloads

Published

2025-04-26

How to Cite

Sukmawati, N. K. T., Suardhika, I. N., & Dwinata JS, I. P. W. (2025). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, BRAND IMAGE, DAN BRAND TRUST TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MARKETPLACE LAZADA DI KOTA DENPASAR . EMAS, 6(4), 816–828. https://doi.org/10.36733/emas.v6i4.4271

Issue

Section

Articles