PENGARUH CONTENT MARKETING, BRAND IMAGE DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI PADA TOKO KARUNG JANTAN DI KOTA DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.36733/emas.v6i7.10007Keywords:
content marketing, brand image, online customer review, minat beliAbstract
Sebagai pusat pariwisata dan trend mode di Indonesia, Bali telah menjadi magnet bagi berbagai merek pakaian lokal maupun internasional. Kota Denpasar, sebagai pusat pemerintahan dan bisnis di Bali, menjadi lokasi strategis bagi pertumbuhan industri fashion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi dan menganalisis pengaruh content marketing, brand image dan online customer review terhadap minat beli pada Toko Karung Jantan di Kota Denpasar. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 120 responden yang merupakan pelanggan toko Karung Jantan, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data diambil dengan kuesioner skala likert dan diolah menggunakan Statistical Program for Social Science (SPSS). Hasil penelitian membuktikan bahwa content marketing berpengaruh positif terhadap minat beli, brand image tidak berpengaruh terhadap minat beli dan online customer review berpengaruh positif terhadap minat beli.
References
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50, 179-211.
Amalia, P., & Aryanto, V. D. W. (2023). Pengaruh celebrity endorsement, online review customer dan promo gratis ongkir terhadap minat beli produk pada Keranjang Kuning Tiktokshop (Studi kasus pada mahasiswa UDINUS Semarang). Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 11190-11200.
Candra, K. Y. A., & Yasa, N. N. K. (2022). Brand image mediates the effect of event marketing and e-WOM on purchase intention. SSRG International Journal of Economics and Management Studies, 9(12), 37-46.
Dewi, W. A., & Fikriah, N. L. (2024). Pengaruh content marketing, live streaming, and online customer review terhadap purchase intention. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(6), 3036-3047.
Dyanthi, A. P., & Seminari, N. K. (2021). The effect of word of mouth on purchase intention mediated by brand image for Tropicana Slim sweetener in Denpasar City. International Journal of Education and Social Science Research, 4(2), 313-324.
Ekowati, D., Sukmarani, W., Susilawati, R., & Irfanudin, T. (2024). Pengaruh brand image, desain produk, dan customer experience terhadap keputusan pembelian. Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis, 3, 62-74.
Harjanti, S. (2021). The impact of social media marketing, word of mouth and brand image on Shopee consumer's purchase intention in Yogyakarta. Journal of International Conference Proceedings, 4(3), 418-425.
Hasan, G., & Chang, J. (2024). Pengaruh social media, content marketing, digital marketing, brand awareness, customers satisfaction terhadap purchase intention di dalam bisnis minuman kekinian yang di mediasi oleh trust di Kota Batam. Performance: Jurnal Bisnis & Akuntansi, 14(1), 174-187.
Kajtazi, K., & Zeqiri, J. (2020). The effect of e-WOM and content marketing on customers' purchase intention. International Journal of Islamic Marketing and Branding, 5(2), 114-131.
Kurniawan, G. (2020). Pengaruh celebgram dan brand image terhadap minat beli konsumen secara online pada media sosial Instagram produk Erha Clinic di Surabaya. Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis), 5(1), 39-47. https://doi.org/10.33005/mebis.v5i1.101
Lolonto, C. D. C., Isa, R. A., & Abdussamad, Z. K. (2024). Pengaruh perilaku konsumen terhadap minat beli merchandise Kpop (Studi pada penggemar Kpop di Kota Gorontalo). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(1), 216-223.
Macheka, T., Quaye, E. S., & Ligaraba, N. (2024). The effect of online customer reviews and celebrity endorsement on young female consumers' purchase intentions. Young Consumers, 25(4), 462-482.
Miranti, A. R. (2021). Pengaruh online consumer review e-service quality, content marketing dan Islamic business ethics terhadap perilaku pembelian konsumen pada seller marketplace Shopee [Doctoral dissertation, IAIN Kudus].
Muslikh, R. M., & Budiarti, E. (2024). Pengaruh persepsi harga dan electronic word of mouth terhadap minat beli sepatu Vans (Studi kasus pada mahasiswa Universitas 17 Agustus Surabaya). Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 3(5), 91-100.
Nguyen, T. H. L., & Le-Hoang, P. V. (2020). The effects of perceived usefulness, positive online customer review, brand image, price on purchase intention: The case of online hotel booking. International Journal of Management, 11(6), 1012-1018. http://www.iaeme.com/IJM/issues.asp?JType=IJM&VType=11&IType=6
Nusantara, M. D., & Pardede, R. (2023). Influence social media marketing, content marketing and event marketing towards purchase intention mediated by customer engagement. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 4(11), 1154-1167.
Pasaribu, A. F., Rahma, T. I. F., & Dharma, B. (2023). Pengaruh content marketing, viral marketing dan influencer terhadap minat beli produk skincare pada mahasiswa. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen), 10(2), 81-93. https://doi.org/10.36987/ecobi.v10i2.4432
Peronika, N., Junaidi, J., & Maryadi, Y. (2020). Pengaruh brand image terhadap minat beli produk kosmetika Wardah di Kota Pagar Alam (Studi pada masyarakat pengguna kosmetika Wardah di Kecamatan Pagar Alam Utara Kota Pagar Alam). Ekonomia, 10(1), 83-93.
Prasetya, M., & Susilo, D. (2022). The effect of content marketing on purchase intention through customer engagement as variable mediation. Jurnal Komunikasi Profesional, 6(5), 423-434.
Rahmawati, L. (2024). Pengaruh content marketing dan online customer reviews terhadap repurchase intention dengan brand image sebagai variabel intervening pada produk kecantikan [Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang].
Riyadini, N. G., & Krisnawati, W. (2022). Content marketing, brand awareness, and online customer review on housewives' purchase intention on Shopee. Interdisciplinary Social Studies, 1(6), 733-741.
Saputri, L. E., & Utomo, A. (2021). Pengaruh brand image, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian sepatu Converse di Surakarta. Excellent, 8, 92-103. https://doi.org/10.36587/exc.v8i1.911
Sapitri, N. (2021). Pengaruh pengalaman pelanggan, kualitas produk dan word of mouth terhadap keputusan pembelian produk Tupperware pada ibu rumah tangga di Nagari Durian Tinggi Kecamatan Kapur IX [Unpublished thesis].
Satria, T. B., & Listyani, I. (2024). Pengaruh pemasaran online dan pemasaran offline terhadap minat beli konsumen pada coffeeshop Beli Kopi Kota Kediri. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 5(3), 80-90.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.
Wahyudiyono. (2019). Implikasi penggunaan internet terhadap partisipasi sosial di Jawa Timur. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 8(2), 1-6. https://doi.org/10.31504/komunika.v8i2.2487
Widhianingrum, G., & Octavia, A. N. (2024). Pengaruh celebrity endorsment, online review customer dan promo gratis ongkir terhadap minat beli produk Shopee. Jurnal Ilmiah Fokus Ekonomi, Manajemen, Bisnis & Akuntansi (EMBA), 3(1), 135-144.
Yulistiyani, N., Afwa, A., & Puspita, A. (2024). Pengaruh promo gratis ongkos kirim dan online customer review terhadap keputusan pembelian pada event tanggal kembar Shopee di Pekanbaru. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 18(1), 20-37.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 EMAS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.