PENGARUH WORD OF MOUTH, BRAND IMAGE, DAN SOSIAL MEDIA MARKETING TERHADAP MINAT BELI SEPEDA MOTOR YAMAHA (Studi kasus pada masyarakat Kota Denpasar)

Authors

  • Ni Komang Tri Puspaningrum Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Word Of Mouth, Brand Image, Sosial Media Marketing, Minat Beli

Abstract

Industri otomotif saat ini berkembang sangat pesat, hal ini dilihat dengan banyaknya jumlah variasi kendaraan yang ada dimasyarakat sekarang ini. Tingginya permintaan akan kemudahan mobilitas manusia dalam melakukan aktivitas mempengaruhi perkembangan industri otomotif. Industri otomotif agar tetap eksis dipasarnya, maka harus konsisten dengan memahami kebutuhan, keinginan dan selera konsumen. Penelitian ini dilakukan berdasarkan kesenjangan hasil penelitian terdahulu (research gap) serta fenomena bisnis yang terjadi saat ini. Penelitian ini bertujuan  untuk menguji pengaruh Word Of Mouth, Brand Image, dan Sosial Media Marketing terhadap minat beli sepeda motor Yamaha (Studi kasus pada masyarakat kota Denpasar).  Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah Masyarakat yang berkeinginan untuk membeli sepeda motor Yamaha  yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah teknik non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Hair et al yang diperoleh jumlah sampel sebanyak 104 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan software SPSS ver.25. Hasilnya menunjukkan bahwa (1) Word Of Mouth mempunyai pengaruh positif terhadap minat beli, (2) Brand Image berpengaruh positif terhadap minat beli dan (3) Sosial Media Marketing berpengaruh positif terhadap minat beli.

References

Saputra, R., & Karneli, O. (2018). Pengaruh iklan dan citra merek terhadap minat beli konsumen produk merek Honda (survei konsumen pada dealer CV. Cempaka Motor di Kabupaten Sijunjung) (Doctoral dissertation, Riau University).Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 5 (1), 1-15, 2018

Afif, M., Suminto, A., & Mubin, A. F. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Word of Mouth (Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Di Toko Buku La Tansa Gontor). Journal of Islamic Economics (JoIE), 1(2), 111-133

Sian, D. S. C. (2022). Pengaruh Word of Mouth (WOM) dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Restoran Ropang Plus Plus, Pluit Sakti.Skripsi. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

Mishael, M. (2021). Pengaruh Brand Image, Product Quality, Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian pada perlengkapan komputer merek Rexus. Skripsi. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

Shafira, D. T., Nasution, H. P., & Haro, J. (2021). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (Studi Kasus Mahasiswa Politeknik Negeri Medan). Prosiding Konferensi Nasional Social & Engineering Polmed (KONSEP), 2(1), 525-532.

Narottama, N., & Moniaga, N. E. P. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Destinasi Wisata Kuliner di Kota Denpasar. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 8(2), 741-773.

Gunelius, S. (2011). 30 Minute Social Media Marketing. New York: McGraw Hill.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariaate denagan IBM Program SPSS 25.Semarang: BPFE Universitas Diponegoro

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Ni Komang Tri Puspaningrum, Ni Putu Nita Anggraini, & I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi. (2024). PENGARUH WORD OF MOUTH, BRAND IMAGE, DAN SOSIAL MEDIA MARKETING TERHADAP MINAT BELI SEPEDA MOTOR YAMAHA (Studi kasus pada masyarakat Kota Denpasar). EMAS, 5(9), 67–79. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10042

Issue

Section

Articles