PENGARUH GREEN MARKETING, PROMOSI MEDIA SOSIAL, DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) AQUA DI DENPASAR

Authors

  • Ni Wayan Eka Diana Santhi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ngurah Agung Gede Eka Teja Kusuma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Green Marketing, Promosi Media Sosial, Brand Image, Minat Beli

Abstract

Minat beli konsumen adalah tahap dimana konsumen membentuk pilihan mereka diantara beberapa merek yang tergabung dalam perangkat pilihan, kemudian pada akhirnya melakukan suatu pembelian pada suatu alternatif yang paling disukainya yang didasari oleh bermacam pertimbangan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengatahui pengaruh green marketing, promosi media sosial, dan brand image terhadap minat beli air minum dalam kemasan Aqua di Denpasar. Penelitian ini menggunakan riset kuantitatif yaitu dengan menggunakan metode penyebaran kuesioner terhadap 100 orang konsumen Aqua di Denpasar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Ditemukan hasil bahwa variabel green marketing, promosi media sosial, dan brand image memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli air minum dalam kemasan Aqua di Denpasar.

References

AG.Suyono, Sri Sukmawati, Pramono. 2012 Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Intidayu Press. Jakarta.

Ahmad, M., Tumbel, T. M., & Kalangi, J. A. (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Oriflame di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), Vol 10, No 1, 25-31.

Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Anggarani, P. L. P., Agung, A. A. P., & Atmaja, N. P. C. D. (2022). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflame. EMAS, Vol 3, No 2, Hal 36-45.

Atmaja, N. P. C. D., & Utami, N. M. S. (2017). Analisis Green Marketing, Psikologi Dan Karakteristik Green Consumer Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Organik Di Bali Buda Shop. Jurnal Ekonomi dan Pariwisata, 12(2).

Balawera, A. (2016). Green marketing dan corporate social responsibility pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen melalui minat membeli produk organik di Freshmart kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol 1, No 4.

Hawkins & Mothersbaugh. (2012). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy, Thirteenth Edition. New York: McGraw-Hill Education.

Herdioko, J., & Karisma, C. V. (2022). Pengaruh Media Sosial, Brand Influencer Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Di Marketplace Shopee Pada Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, Vol 16, No 2, 97- 110.

Kotler, Philip dan Kevin Keller, (2014), Marketing Manajement, 12th Edition, Prentice Hall: Pearson Education International.

Kusumawati, E. (2019). Minat Beli Produk Ramah Lingkungan Sebagai Dampak Dari Implementasi Green Advertising. Jurnal Kajian Ilmiah, Vol 19, No 1, 57- 64.

Negarawan, G. I. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Membeli yang di Moderasi Oleh Tipe Kepribadian Ekstrovert. Psikovidya, Vol 22, No 1, 62- 68.

Putra, D. R., & Prasetyawati, Y. R. (2021). Pengaruh Green Product Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Melalui Green Advertising (Studi Terhadap Konsumen Starbucks). Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol 15, No 2, 69-74.

Rachmawaty, M., & Hasbi, I. (2020). Pengaruh green marketing dan brand image terhadap minat beli amdk ades (Studi pada Konsumen Produk Air Minum dalam Kemasan Ades di Indonesia). Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, Vol 4, No 1.

Rokhmawati, H. N., Kuncorowati, H., & Supardin, L. (2022). Pengaruh Harga, Iklan Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Honda Scoopy di Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Hospitality, Vol 11, No 1, 515-526.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles