PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, WORD OF MOUTH (WOM) DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI DI TIARA COLLECTION KARANGASEMPENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, WORD OF MOUTH (WOM) DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI DI TIARA COLLECTION KARANGASEM

Authors

  • Ida Ayu Pujiartini Putri Keniten Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I G NG A Gede Eka Teja Kusuma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

social media marketing, word of mouth, brand image

Abstract

Fashion merupakan salah satu hal penting yang tidak dapat dilepaskan dari penampilan dan gaya keseharian. Fashion telah membawa pengaruh besar terhadap globalisasi dan gaya hidup. Bukan hanya tentang pakaian dan aksesoris, lebih dari itu fashion menjadi alat komunikasi untuk menyampaikan indentitas pribadi.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh social media marketing, word of mouth, dan brand image terhadap minat beli di Tiara Collection Karangasem. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kabupaten Karangasem yang pernah membeli produk di Tiara Collection Karangasem. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang ditentukan berdasarkan metode Nonprobability sampling. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwaSocial media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli di Tiara Collection Karangasem, word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli di Tiara Collection Karangasem, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli di Tiara Collection Karangasem.

References

Aeker, D and Keller.,2000. Brand Utility, Telaah Manajemen, Vol 1, Edisi 2, 2004, Semarang.

AG.Suyono, Sri Sukmawati, Pramono. 2012.Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Intidayu Press. Jakarta.

D. Tungka, M. M. Lionardo, S. Thio, dan V. Iskandar, “Pengaruh Social Media Marketing Pada Instagram Terhadap Minat Beli Chatime Indonesia,” J. Hosp. dan Manaj. Jasa, vol. 8, no. 2, hal. 77–84, 2020.

Dahmiri. (2020). Pengaruh sosial media marketing dan brand equity terhadap minat beli. Journal of Economics and Business, 17(2), 194–201.

Fitriah, M. (2018). Komunikasi Pemasaran melalui Desain Visual. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Prayogi Ariesandy, Dinda Amanda Zuliestiana (2019). "Pengaruh Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Ladyfamesho". E Proceeding of Management Volume 6 No.2 Agustus, Bandung.

Putri, C., S. 2016. Pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen Cherie melalui minat beli. Jurnal Manajemen dan Start up Bisnis. Vol 1 No 5. pp 595-603.

Setiadi, Nugroho J. 2013. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Siswandi, Rizky Annisa, and Djawoto. 2019. “Pengaruh Celebrity Endorser, Korean Wave, Brand Image, Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen 8(9):1–18.

Sugiyanto, Salimun. (2019). Pengaruh Brend Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat beli Konsumen Pada Rumah Makan Begal (Bebek Galak). Jurnal Prosiding Seminar Nasional Humanis. Universitas Pamulang. Hal 21

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumardy, Marlin Silviana, Melina Melone. (2011). The Power of Word of Mouth Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Widiantari, N. L., Agung, A. A. P., & Atmaja, N. P. C. D. (2022). Pengaruh Social Media, Persepsi Harga, dan Brand Image terhadap keputusan pembelian Tissue Paseo (Syudi Penelitian Di Tiara Dewata Denpasar). Emas,3(3), 176-187.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles