PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA TOKO CAHAYAPRODUCTION.ID MENGWI, BADUNG

Authors

  • I Made Wahyu Adi Permana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/emas.v6i5.9959

Keywords:

kualitas produk, persepsi harga, online customer review, minat beli ulang

Abstract

Pengalaman pelanggan dalam membeli produk yang baik atau buruk akan mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian kembali atau tidak. pemain usaha harus mampu menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan selera konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan online customer review terhadap minat beli ulang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah pelanggan yang membeli produk pada toko cahayaproduction.id Mengwi, Badung dan sampel sebanyak 102 orang. Teknik analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Asumsi Klasik, Anaisis Regresi Linier Berganda, Uji Korelasi Berganda, Koefisien Determinasi, Uji F dan Uji t. Dari hasil penelitian diperoleh hasil kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang, persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang, dan online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah Toko Cahayaproduction.id hendaknya selalu mengunakan bahan baku yang berkualitas, serta nyaman ketika digunakan, membuat kebijakan harga yang lebih kompetitif dibandingkan dengan produk serupa dari produsen lain, selalu memberikan produk sesuai dengan yang dibutuhkan konsumen, agar nantinya konsumen merasa puas dan dapat mengurangin ulasan negatif yang diberukan konsumen dan selalu berusaha memberikan pengalaman yang baik kepada konsumen.

References

Abimanyu, R., & Hermana, C. (2023). Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Cashback Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 398-408.

Afendi, A., Fitri, M., & Firdiyanti, S. I. (2022). Digitalisasi Bisnis Dalam Islam: Determinasi Keputusan Pembelian Ulang Pengguna Market Place Shopee di Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2), 1124-1133.

Alfika, M. (2022). Pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli ulang melalui keputusan pembelian sabun cair merek lux (Studi Kasus Pada Warga Kelurahan Semper Timur Jakarta Utara) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia).

Alifi, F. H., Rachma, N., & Slamet, A. R. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Perpindahan Merek Produk Sepeda Motor Honda Beat. E-Jrm: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 8(13).

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian. Pilar, 14(1), 15-31.

Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga dan brand image terhadap keputusan pembelian produk hand and body lotion merek Citra. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(1), 120-136.

Anwar, R. N., & Wardani, F. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Scarlett Di E-Commerce Shopee. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(6), 1370-1379.

Aprilianty, P. N. (2023). Pengaruh Brand Equity Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Ulang Produk Sunscreen Wardah (Studi Kasus Toko Makeupuccino Di Shopee) (Doctoral Dissertation, Stie Ekuitas).

Ardianto, K., Nuriska, F. P., & Nirawati, L. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Ulasan Produk Terhadap Minat Beli Ulang Emina Pada Official Store Shopee Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(2), 62.

Ardianto, K., Nuriska, F. P., & Nirawati, L. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Ulasan Produk Terhadap Minat Beli Ulang Emina Pada Official Store Shopee Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(2), 62.

Banjarnahor, K. S., Widayati, C. C., & Perkasa, D. H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kemudahan Penggunaan Aplikasi Ferizy Dan Persepsi Harga Terhadap Penggunaan Ulang Layanan Di Pt Asdp Indonesia Ferry (Studi Kasus Penumpang Rute Merak-Bakauheni). Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital, 1(3), 192-203.

Christian, M. Y., Novitawati, R. A. D., & Susanti, R. A. D. (2022). Pengaruh Promosi, Brand Image Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Skincare Wardah (Pada Masyarakat Kota Malang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Universitas Tribhuwana Tungga Dewi Malang).

Christine, C., & Budiawan, W. (2021). Analisis Pengaruh Marketing Mix (7p) Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Pada House Of Moo, Semarang). Industrial Engineering Online Journal, 6(1).

Cuong, D. T. (2022). The relationship between product quality, brand image, purchase decision, and repurchase intention. In Proceedings of International Conference on Emerging Technologies and Intelligent Systems: ICETIS 2021 (Volume 1) (pp. 533-545). Springer International Publishing.

Fadillah, M. N., & Ludiya, E. (2024). Pengaruh Inovasi, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Pembelian Ulang Mie Kasuka Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Edunomika, 8(3).

Fajri, F. (2024). Anteseden Ekuitas Influencer Hijrah Fest dan Pengaruhnya pada Niat Beli Pengikutnya (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Fitriah, N. L., & Budiyanto, B. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Friday Kopi Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 9(3).

Fuadi, M. I., & Budiantono, B. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. In The 2nd Widyagama National Conference On Economics And Business, Wnceb (Pp. 140-151).

Gosal, S., & Setiobudi, A. (2020). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Juice&Smoothieszone. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 5(4), 303-310.

Hanila, S., & Hidayat, R. (2019). Hubungan Harga Dan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Pelanggan Pada Toko Perlengkapan Baju Sekolah Elis Kota Bengkulu. Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 50-57.

Haribowo, R., Bilgies, A. F., Verawaty, V., Tannady, H., & Ratnawati, R. (2022). Analisis Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endoser Terhadap Purchase Decision Produk Bakery Bittersweet By Najla. Management Studies And Entrepreneurship Journal (Msej), 3(5), 3220-3230.

Hariyanto, H., Arief, M. Y., & Praja, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Toko F3 Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (Jme), 1(9), 1784-1795.

Intan, E. D. U. U. R., & Raden, L. I. F. P. U. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus Pada Mahasiswa Di Bandar Lampung.

Irawan, R. D., & Nurlinda, R. A. (2023). Pengaruh E-Service Quality, Online Customer Review Dan Sales Promotion Terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Ekonomi, 1(4), 01-25.

Ismayanti, W. (2023). Analisis Pengendalian Kualitas Dengan Menggunakan Metode Statistical Quality Control (Sqc) Untuk Mengurangi Kerusakan Produk Panel Cladding Pada Pt. Delima Karya Putra Grc (Doctoral Dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan).

Khaira, N., Saputra, F., & Syarief, F. (2022). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Kafe Sudut Halaman. Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis, 2(3), 24-30.

Khuswatun, A., & Yuliati, Y. (2022). Pengaruh Variasi Produk, Harga, Dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian Ulang (Studi Kasus Pada Konsumen Minuman Kekinian Zoomboba Tlogomulyo). In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 5).

Khuswatun, A., & Yuliati, Y. (2022). Pengaruh Variasi Produk, Harga, Dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian Ulang (Studi Kasus Pada Konsumen Minuman Kekinian Zoomboba Tlogomulyo). In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 5).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Marketing management (15th ed.). Pearson.

Kuenzel, C., Zhang, F., Ferrandiz-Mas, V., Cheeseman, C. R., & Gartner, E. M. (2018). The mechanism of hydration of MgO-hydromagnesite blends. Cement and Concrete Research, 103, 123-129.

Kusumawati, D., & Saifudin, S. (2020). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Secara Online Saat Pandemi Covid-19 Pada Masyarakat Millenia Di Jawa Tengah. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 6(01).

Latief, F., & Ayustira, N. (2020). Pengaruh Online Costumer Review Dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Sociolla. Jurnal Mirai Management, 5(3), 139-154.

Lestari, D. P., & Dwiarta, I. M. B. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Ulang Rokok GudangGaram Surya 12 di Gresik. Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), 2(1), 242-250.

Listyawati, I. H. (2020). Pengaruh Fasilitas Wisata, Citra Destinasi, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Wisatawan. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 6(2), 35-44.

Machmed, G. T., & Ritonga, W. (2021). Pengaruh harga dan customer review terhadap minat beli produk. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, 4(2), 373-380.

Mahardika, I., & Putra, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Di Bali Wine Store Seminyak (Doctoral Dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar).

Mahendrayanti, M., & Wardana, I. M. (2021). The effect of price perception, product quality, and service quality on repurchase intention. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 5(1), 182-188.

Makbul, M. (2021). Metode Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian.

Maulidar, C. S. (2022). Pengaruh Online Customer Reviews, Online Customer Rating Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Dikaji Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Ar-Raniry Banda Aceh). Terhadap Keputusan Membeli Pada Konsumen Marketplace Shopee Di Surabaya, 6.

Maya Niza, N. (2022). Dampak Kualitas Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Pada Usaha Toko Mebel Gading (Studi Di Desa Montong Are, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat) (Doctoral Dissertation, Uin Mataram).

Maya Niza, N. (2022). Dampak kualitas produk dalam meningkatkan kepuasan konsumen pada usaha toko mebel gading (studi di Desa Montong Are, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat) (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Miftah, D., & Al Sukri, S. (2021). Model Penelitian dan Pengukuran Variabel dalam Bidang Manajemen dan Akuntansi.

Muharam, W., & Soliha, E. (2022). Kualitas produk, citra merek, persepsi harga dan keputusan pembelian konsumen honda mobilio

Muhtarom, A., Syairozi, M. I., & Yonita, H. L. (2022). Analisis Persepsi Harga, Lokasi, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Umkm Skck (Stasiun Kuliner Canditunggal Kalitengah) Metode Structural Equation Modelling (SEM)-Partial Least. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(S1), 391-402.

Mustika, M. A. C. (2023). Pengaruh Customer Experience dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Ulang Produk Mixue Ice Cream And Tea di Kota Bandar Lampung. Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART), 2(2), 35-46.

Novia, M. A., Semmaila, B., & Imaduddin, I. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Tata Kelola, 11(2), 111-122.

Nursal, M. F., Hadita, H., Marundha, A., & Komariah, N. S. (2022). Determination of Marketing Performance: Display Media, Affiliate Marketing and Social Media (Literature Review). International Journal of Advanced Multidisciplinary, 1(2), 83-93.

Pakpahan, A. F., Prasetio, A., Negara, E. S., Gurning, K., Situmorang, R. F. R., Tasnim, T., ... & Rantung, G. A. J. (2021). Metodologi Penelitian Ilmiah.

Perkasa, N. P. Y., & Wardhani, N. I. K. (2023). Pengaruh Kualitas Website Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan Blibli Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurkami), 8(1), 287-297.

Permaisuri, N. A. (2024). Pengaruh Korean Wave, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Ulang Skincare Scarlett Dengan Customer Attitude Sebagai Variabel Moderasi Di Kota Sungai Penuh (Doctoral Dissertation, Sekolah Tiinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Keriinci).

Prabowo, R. E., Indriyaningrum, K., & Setyani, A. D. (2020). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olah Raga Merek Adidas (Studi Di Kota Semarang). Solusi, 18(4).

Prakarsa, S. (2021). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Di Optic Sun’s. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(1), 1-4.

Pratama, G. H., & Prabowo, R. E. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu. Jurnal Mirai Management, 8(2), 160-170.

Pratama, M. R. (2023). Analisis Struktur Pesan Persuasif Konsumen Kopi Literan “Tukucur” Pada Kolom Ulasan E-Commerce Tokopedia (Doctoral Dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta).

Putra, A. A. P., & Sumartik, S. (2024). Peran Pengalaman Pelanggan, Citra Merek Dan Trust Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Indomaret Cabang Porong. Management Studies And Entrepreneurship Journal (Msej), 5(2), 4082-4107.

Putra, A. A. P., & Sumartik, S. (2024). Peran Pengalaman Pelanggan, Citra Merek dan Trust terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Indomaret Cabang Porong. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(2), 4082-4107.

Putra, D. P., Suprihartini, L., & Kurniawan, R. (2021). Celebrity endorser, online customer review, online customer rating terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan sebagai variabel intervening pada marketplace Tokopedia. Bahtera Inovasi, 5(1), 57-65.

Putri, D. F., Wulandari, S., Susilowati, R. A., Nugroho, D. A., & Wijayanti, F. C. (2024, May). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Umkm Seblak Desa Prasmanan Di Desa Bangilan, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro. In Seminar Nasional Lppm Ummat (Vol. 3, Pp. 112-118).

Rahmadini, A., & Muslihat, A. (2022). Pengaruh Online Customer Review Dan E-Service Quality Terhadap Minat Beli Pada Marketplace Lazada Di Media Sosial Facebook. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(6), 1739-1761.

Resa Nurlaela, A., & Fiska Ananda, W. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Scarlett Di E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(2).

Risalatul, Q. N. P. (2021). Pengaruh Meal Experience Terhadap Minat Beli Ulang Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Konsumen Warung Nongkrong Bandar Lampung) (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).

Riyanjaya, N. A., & Andarini, S. (2022). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Produk Wardah Di Situs Belanja Online Shopee. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(5), 927-944.

Safitri, A. N. (2020). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Lazada. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-Bisma), 1-9.

Salim, M. A., Soliha, E., & Siswanto, A. B. (2020). Effect location, price perception of satisfaction customers and impact on repurchase intention. International Journal of Civil Engineering and Technology (Ijciet), 11(5), 157-169.

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147.

Setiawan, P. A., & Rastini, N. M. (2021). The Effect of Product Quality, Service Quality, and Atmosphere Stores on Customer Satisfaction and Its Impact on Repurchase Intention. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 5, 395-402.

Silviah, R., Ali, H., & Hadita, H. (2024). Pengaruh Celebrity Endorsement, Online Customer Review, dan Minat Pembelian Ulang Terhadap Kepercayaan Konsumen Pada Skincare Scarlett Whitening di Online Shop Tiktok. Jurnal Ilmu Multidisplin, 3(1), 75-86.

Sudrartono, T. (2020). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Perkembangan Ukm Di Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Bandung. Eco-Iqtishodi: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(1), 59-74.

Tamon, N. P., Manoppo, W. S., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Cv. Defmel Leilem. Productivity, 2(4), 309-314.

Wahyu Choirul‘Ulyati, W. C. U. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Marketplace Shopee (Doctoral Dissertation, Upt. Perpustakaan Undaris).

Wicaksono, W. U., & Fitriani, D. (2020). Pengaruh online customer review, online customer rating, dan promosi terhadap minat beli ulang konsumen pada Sugoi Ramen Express di aplikasi ShopeeFood (Studi pada mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan.

Wijiastuti, R. D., & Cantika, N. (2021). Pengaruh persepsi harga, citra merek dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang jasa gofood di kota sorong. Kalianda Halok Gagas, 4(1), 1-8.

Downloads

Published

2025-05-26

How to Cite

Permana, I. M. W. A., Anggraini, N. P. N., & Jodi, I. W. G. A. S. (2025). PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA TOKO CAHAYAPRODUCTION.ID MENGWI, BADUNG. EMAS, 6(5), 1126–1141. https://doi.org/10.36733/emas.v6i5.9959

Issue

Section

Articles