PENGARUH SERVICESCAPE, CUSTOMER EXPERIENCE, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA BLOO LAGOON RESTAURANT AND CAFE
DOI:
https://doi.org/10.30388/emas.v6i2.11321Keywords:
servicescape, customer experience, persepsi harga, minat beli ulangAbstract
Banyaknya pesaing bisnis dengan usaha yang sejenis tentu menjadi tantangan bagi pebisnis untuk mempertahankan bisnisnya. Setiap pelaku usaha harus bisa menyusun dan mendesain strategi yang nantinya mampu meningkatkan kepuasan dan minat untuk membeli secara berulang kali dalam bisnisnya.Terjadi fenomena menurunnya Realisasi Penjualan Bloo Lagoon Restaurant and Cafe Tahun 2020-2023. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Servicescape, customer experience, dan persepsi harga terhadap minat beli ulang pada Bloo Lagoon Restaurant and Cafe. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah pelanggan yang pernah berbelanja di Bloo Lagoon Restaurant and Cafe yang jumlahnya tidak menentu pada setiap tahunnya dengan teknik pengambilan sampel yaitu non-probability sampling. Metode pengambilan data yang digunakan diantaranya observasi, wawancara, studi dokumentasi dan kuisioner. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa Servicescape, customer experience dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Pihak Bloo Lagoon Restaurant and Cafe disarankan untuk dapat memperbaiki dan merenovasi beberapa fasilitas yang sudah rusak sehingga kepuasan pelanggan bisa terjaga dan meningkat minat beli ulang seorang pelanggan. Dalam rangka meningkatkan customer experience, maka Bloo Lagoon Restaurant and Cafe sebaiknya memberikan pelayanan yang terbaik dan menyajikan makanan dan minuman yang memiliki kualitas yang baik. Manajemen juga disarankan agar menawarkan harga yang sesuai dengan kualitas produk yang didapatkan oleh pelanggan untuk dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.
References
Abrian, Y., & Adrian, A. (2021). The effect of customer experience on repurchase intention with variety seeking as variable moderation at 4-star hotels. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 4(3), 75–79.
Ailudin, M., & Sari, D. (2019). Pengaruh customer experience terhadap minat beli ulang (Studi pada pelanggan One Eighty Coffee Bandung). Eproceedings of Management, 6(1).
Amoako, G. K., Doe, J. K., & Neequaye, E. K. (2023). Online innovation and repurchase intentions in hotels: The mediating effect of customer experience. International Hospitality Review, 37(1), 28–47.
Anshu, K., Gaur, L., & Singh, G. (2022). Impact of customer experience on attitude and repurchase intention in online grocery retailing: A moderation mechanism of value co-creation. Journal of Retailing and Consumer Services, 64, 102798.
Asfina, W., & Jadmiko, P. (2023). Pengaruh experiential marketing, customer experience, dan ekuitas merek terhadap minat beli ulang produk Ms Glow di Kota Padang (Studi kasus masyarakat Kota Padang). Jurnal Ekonomika dan Bisnis, 3(3), 391–395.
Asghar Ali, M., Ting, D. H., Salim, L., & Ahmad-Ur-Rehman, M. (2021). Influence of servicescape on behavioural intentions through mediation and moderation effects: A study on Malaysia’s full-service restaurants. Cogent Business & Management, 8(1), 1924923.
Cha, S. S., & Lee, S. H. (2021). The effects of user experience factors on satisfaction and repurchase intention at online food market. The Journal of Industrial Distribution & Business, 12(4), 7–13.
Darma, Y. (2020). Pengaruh persepsi harga, kualitas produk, dan kepuasan pelanggan terhadap minat pembelian ulang. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 4(4), 133–138.
Febriani, N. M. A., & Ardani, I. G. A. K. S. (2021). The influence of customer experience, ease of use, and trust on repurchase intention (Case study of Tokopedia consumers in Denpasar). American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(2), 378–383.
Haqiqi, Y. S., Nugraha, K. S. W., Indraningrat, K., & Krishnabudi, N. G. (2022). Can e-WOM, servicescape, and brand familiarity influence consumer repurchase interest? Asia Pacific Journal of Business Economics and Technology, 2(4), 98–110.
Imbayani, I. G. A., & Prayoga, I. M. S. (2023). Tren transformasi bisnis: Dampak inovasi produk dan digital marketing pada repurchase intention melalui brand image. Juima: Jurnal Ilmu Manajemen, 13(2), 181–193.
Imbayani, I., Wardana, I., & Giantari, I. (2023). Emerging trends in data analysis in enhancing brand resonance in private universities: The role of university-specific servitization experiences and asset specificity. International Journal of Data and Network Science, 7(4), 1963–1974.
Jongjadklang, P., Aopimai, P., Inthasang, C., & Pitjatturat, P. (2022). Influence of servicescape on the recurrence of café customers in Mueang District, Nakhon Ratchasima Province. Journal of Liberal Arts and Management Science Kasetsart University, 9(2), 43–54.
Kharolina, I., & Transistari, R. (2022). Pengaruh experiential marketing terhadap minat pembelian ulang melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 185.
Laela, E. (2021). Kualitas makanan, kualitas pelayanan, dan persepsi harga terhadap minat pembelian ulang pada Rumah Makan Ciganea Purwakarta. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(1), 180–186.
Mustika, M. A. C. (2023). Pengaruh customer experience dan variasi produk terhadap minat beli ulang produk Mixue Ice Cream and Tea di Kota Bandar Lampung. Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART), 2(2), 35–46.
Pommi, C. (2020). The influence of servicescape and service quality on repurchase intentions of Chulalongkorn University Book Center service users. WMS Journal of Management, 9(4), 88–97.
Prasetyo, M. M., & Wibowo, S. (2023). Analisis pengaruh citra merek, kualitas produk, dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan dan minat pembelian ulang. Jurnal Manajemen Dinamis, 1(2), 62–79.
Purnamawati, N. L. A., Mitariani, N. W. E., & Anggraini, N. P. N. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan persepsi harga terhadap minat beli ulang di Bandung Collection Kecamatan Kuta Utara, Badung. Values, 1(3).
Ramdani, A. L. (2020). Pengaruh dimensi servicescape terhadap kepuasan pelanggan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Lumajang.
Rantung, D. I., Mandagi, D. W., Wuryaningrat, N. F., & Lelengboto, A. L. P. (2023). Small medium enterprises brand gestalt: A key driver of customer satisfaction and repurchase intention. International Journal of Professional Business Review, 8(6), e01463.
Sitepu, S. A., Sembiring, B. K. F., & Situmorang, S. H. (2023). The effect of servicescape and lifestyle on repurchase intention with mediation of persuasion on Soeta Dining Hall Cafe Binjai. International Conference of Business and Social Sciences, 3(1), 1–17.
Slack, N., Singh, G., & Sharma, S. (2020). The effect of supermarket service quality dimensions and customer satisfaction on customer loyalty and disloyalty dimensions. International Journal of Quality and Service Sciences, 12(3), 297–318.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Utari, N. P. W. N. (2022). Pengaruh servicescape dan variasi produk terhadap minat beli pada Gong Restoran Jatiluwih (Doctoral dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar).
Wicaksana, M. R. A., & Santosa, S. B. (2022). Pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, dan persepsi harga terhadap minat beli ulang dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (Studi pada pelanggan JNE di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 11(3).
Wijiastuti, R. D., & Cantika, N. (2021). Pengaruh persepsi harga, citra merek, dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang jasa GoFood di Kota Sorong. Kalianda Halok Gagas, 4(1), 1–8.
Yuwanti, W., Sumedi, A., Perdana, T. Sfenrianto, & Kaburuan, E. (2019). Analysis of the factors affecting repurchase intention in social commerce in Indonesia. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 97(2), 3245–3254.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 I Putu Candra Mahatama, I Gusti Ayu Imbayani, I Made Surya Prayoga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.