PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PRESEPSI HARGA DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA PETANU SANTIH MART DENPASAR SELATAN

Authors

  • Lidia Kristiani Biba Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

kualitas pelayanan, persepsi harga, kelengkapan produk, minat beli ulang

Abstract

Bisnis ritel merupakan salah satu kegiatan usaha yang menjual barang atau jasa untuk di konsumsi secara langsung atau tidak langsung. Perdagangan bisnis ritel adalah bagian terakhir dari proses distribusi suatu barang atau jasa dan bertatapan secara langsung dengan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, dan kelengkapan produk  terhadap minat beli ulang konsumen pada Petanu Santih Mart. Populasi dari penelitian ini adalah pelanggan petanu santih mart yang jumlahnya tidak di ketahui secara pasti. Penentuan jumlah sampel untuk jenis non probality sampling (jumlah indikator) x (5 sampai 10 kali) berdasarkan pedoman tersebut maka jumlah sampel maksimal untuk penelitian ini adalah: sampel jumlah indikator x 5 =5 x 22= 110 responden. Tetapi kesamaan sampel penelitian ini 85 kuesioner yang terisi dengan benar sehingga jumlah responden yang di gunakan adalah 85 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil menunjukkan kualitas pelayanan, persepsi harga, dan kelengkapan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap minat beli ulang pada Petanu Santih Mart Denpasar Selatan. Hal ini berarti semakin baik kualitas pelayanan maka akan meningkatkan minat beli ulang pada Petanu Santih Mart Denpasar Selatan.

References

Adithya 2018. Analisis Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem Dan Kualitas Pelayanan. Jurnal Of Management Vol. 7 No. 2

Afriati, nur elsa 2019. Pengaruh Presepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi terhapda Minat Beli Ulang Produk Keju Prochiz.

Aldi, jefri. 2019, Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen. Hirarki, jurnal manajemen dan bisnis, 1(1), 17-29

Anggraini, Ni Putu Nita, Mitariani, N.W.E., & Purnawati, N.L.A. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Presepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Di Bandung Collection Kecamatan Kuta Utara, Badung, Values, 1(3).

Anwar, R.N., & Wardani, F.A. 2021. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ualng Produk Scarlett Die-Commerce Shopee. NUSANTARA: Jurnal Pengetahuan Sosial, 8(6), 1370-1379

Atmaja, jaka. 2018. kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas pada bank bjb. jurnal ecodemica, vol. 2 no. 1, 49-63.

Cahyono, tomi dwi Dan Al- Bari, 2018. Analisi Pengaruh Presepsi Kualitas Dan Presepsi Nilai Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang. Jurnal Tambura.

Chandra, Stefani, Lianardi, dan Wiliam, 2019. Analysis Of Service Quality, Product Completeness, And Price On Purchasing Decisions At Juni Minimarket Pekanbaru. Jurnal Akuntansi.

Diah Nurdiana Dan Astutiningsih,sri eka 2022. Pengaruh Lokasi Usaha, Popularitas Merek, Variasi Produk, Kepercayaan, Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen. Alyiah Scraf Tulung Agung. Jurnal ilmiah universitas muhamadiyah buton, 8(2) 363-384

Doni & Priansa, Joni 2017. Manajemen Sekretaris Perkantoran, Bandung, Pustaka Setia.

Ester, amnerica. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Fariasi Produk Rest Terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan (Studi Kasus Di A To Z Bar Wine & Beasserie Semarang).

Farida, H. 2019. Pengaruh Harga dan Kelengkapan Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Giant Ekspres Banjarmasin.

Ferdinand, 2008. Dalam Aditya &Suryono 2018. Analisis Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem Dan Kualitas Pelayanan. Jurnal Of Management Vol. 7 No. 2

Finandhita, Mirnawati, 2018. Pengaruh Kesadaran Merek, Presepsi Kualitas Dan Loyalitas ,Erek Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Wardah.

Fitriyah, zumrotul & Adiwaty, Mei Retno. 2020. Keterkaitan Beberapa Variabel Terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Administrasi Dan Manajmen.

Ginting, Dr Ginta. 2018. “Perspektif Baru Pemasaran Pada Sektor Jasa.” 40.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang:

Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali Iman, 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss.

Hasan Iqbal, 2009. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Jakarta: Bumi Aksara.

Hariyanti, N. D. 2020 Pengaruh Atmosfir Kafe, Kualitas Produk, Dan Aplikasi Dompet Digital Terhadap Minat Beli Ulang Pada Pesenkopi Jember (Doctoral Dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis)

Halim, H. A. 2018. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Sikapkonsumen Dan Implikasinya Terhadap Minat Beli Ulang. Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah).

Hair At.All 2010. Multivariate Data Analysis Sevent Edition Pearson Prentice Hall.

Indrasari & Meithiana, 2019. Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Uniutomo Press

Intan Mawarsari, 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Olahan Buah Carica Di Daerah Wonosobo.

Ismayana, 2021. Analisis Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Pembelian Ulang Pada Market Flamboyant Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu. Doctoral dissertation, universitas islam riau.

Iqbal,hasan. 2012. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Jakarta: Bumi Aksara.

Jutisa, Diccit Darohma, Dan Sri Wahyuni. 2018. “Pengaruhbauran Pemasaran Terhadap Pengambilankeputusan Menggunakan Jasa Bimbingan Belajarprimagama.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial.

Korowa, Enos, Sontje Sumayku, Dan Sandra Asaloei. 2018. “Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Pembelian Ulang Konsumen (Studi Kasus Freshmart Bahu Manado).” Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sam Ratulangi Manado, Indonesia.

Karlina, E., Rosanto, O., Saputra, NE, Sitasi, C., & Karlina, E. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kedisiplinan Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Lurah Klender Jakarta Timur. Widya Cipta , 3 (1), 7-16.

Kurniawan, R., & Krismonita, YA. 2020. Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Giant Express Sukabumi. Koopetisi, jurnal ilmiah manajemen, 11(2), 145-154

Kurniawan, H. W. & Djawonto, D. 2018. Pengaruh Kualitas Produk,Brand Ambassador, Kreativitas Iklan Dan World Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen.

Lathifah, Aisyah Rizki Al, dan Widyastuti, Dominica A. 2018. Journal Of Entrepreneurship, Management And Industry (Jemi).

Laksono, bayu rama, Mega Sintia Dewi, dan I Made Bagus. 2020. Journal Of Sustainability Business Research, Issn: 2746-8607

Maryanti, 2017. Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Konsumen Melakukan Pembelian Ulang Pada Toko Swalayan Kaisar Di Pontianak. Jurnal bisnis manajemen, 1(9)

Mawarsari, Intan. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Olahan Buah Carica Di Daerah Wonosobo.

Maryati, Feni, Dan Nur Elfi Husda. 2020. “Pengaruh Fasilitas Dankualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelangganpada Holiday Hotel Di Kota Batam.”Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis 8(1):19–26. Doi: 10.35829/Magisma.V1i1.65.

Maskan, Mohamad., dan Setiawan., Deni, 2017. “Pengaruh Kualita spelayanan Dan Kelengkapan Produk Terhadap keputusan Pembelian Di Toko Semoga Jaya Kediri. Jurnal aplikasi bisnis 3(1), 62-67

Maulana, faiq yoga. 2021. Pengaruh Kualitas Produk Dan Presepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Kopi Nako Depok.

Mulyana, Adi. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan Shao Kao Kertajaya Melalui Kepuasan Pelanggan. Agora, 7(2)..

Nainggolan, Hotden. 2020. Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Layanan Dan Presepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Pada Pelanggan Matahari Department Store Tbk Batam City Square.

Nastiti, Aridara Dan astuti Sri rahayu 2019 Pengaruh Presepsi Harga, Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Taksi New Atlas Di Kota Semarang.

Nisa, A.C. 2018. Pengaruh Presepsi Harga, Kelengkapan Produk, Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Toko Sumber Agung Jekulo Kudus (Doctoral Dissertation, IAIN KUDUS)

Nugeraha, prasetya., M. Bahruzen, Dian Komarsyah 2020. Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang onsumen Pada Toko Ritel. Jurnal prespektif bisnis, 3 (1), 33-43.

Nugraha, Bagas Putra 2019. Pengaruh Brand Image Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Promosi Online Sebagai Moderating Variabel Di Toko Basmalah Jember. Doctoral dissertation, fakultas ekonomi dan bisnis.

Pane, Dewi Nurmasari. 2018 Analisis Pengaruh Presepsi Harga, Jual Produk Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen Vol. 10 No. 2

Putri, L. H. 2016. Faktor-Faktor yang mempengaruhi minat pembelian ulang konsumen terhadap produk naget delicy. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(2), 162-170.

Prabowo, S. A. 2018. Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Mirota Kampus Godean. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(7), 115-126.

Ramadhan, A. G., & Santosa, S. B. 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang pada sepatu Nike Running di Semarang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 6(1), 1-12.

Raswendo, R. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Rumah Makan Puti Minang Raja Basa Bandar Lampung. Doctoral dissertation UIN raden intan lampung.

Rahayu, Ely 2018. Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Imam Market Kisaran. Jurnal Ilmu Dan Penelitian Sosisal.

Rafael, matheus Revo, 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Presepsi Harga Dan Kelengkapan Produk Terhadap Daya Beli Konsumen Di Reny Swalayan-Ku Bratang Gede Kota Surabaya. Disertasi doctor , universitas 17 agustus 1945 surabaya.

Rubika, S. 2020. Pengaruh Presepsi Harga, Kelengkapan Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Hypermart Duta Mall Banjarmasin (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Rosita , R. 2017. Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, Pelayanan, Harga Dan Kenyamanana Berbelanja Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Konsumen Pada Lotte Mart Bekasi Junction. E-Journal Widya Ekonomika, 1(1). 55055.

Saputra, m.c., & Sukardi, s. 2018. Analisis Pengaruh Variabel Store Athmosphere (Suasana Toko) Terhadap Minat Beli Ulang Pada Kopi Merapi. Jurnal focus manajemen bisnis, 8(1), 22-122.

Sugiyono 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D Bandung: Alfa & Beta.

Saputra, M.C., Dan Sukardi, S. 2019. Analisis Pengaruh Variabel Store Atmosphere (Suasana Toko) terhadap Minat Beli Ulang pada Kopi Merapi. Jurnal fokus manajemen bisnis, 8 (1), 99-122 .

Santikayasa,I.M.A., & Santika, I, W. 2019. Peran Citra Toko Dalam Mediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Beli Ulang Konsumen. E- Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(2), 8104-8134

Sugiyono 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D Bandung: Alfa & Beta.

Siregar, syahliani. 2019. Pengaruh Brand Awareness dan Label Halal Terhadap Minat Beli Ulang Kosmetik Merek Wardah Pada Mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah UMSU (Doctoral dissertation).

Sinambela, Rendhy Yosua Putra. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Pada Portobello Café Semarang). E-Journal Universitas Diponegoro.

Suarna, I. F., & Herawanty, I. D. P. 2019. E-Service Quality, Kelengkapan Produk, Promosi Dan Minat Beli Ulang Konsumen Matahari. Com. Ekubis, 3(2), 143-154.

Utami, C, W. 2017. Manajemen Ritel (Strategi Dan Implementasi Ritel Modern). Jakarta: Salemba Empat.

Yurika ,lilis 2021. Pengaruh Presepsi Nilai, Kualitas Produk, Presepsi Harga Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Niat Beli Ulang

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles