PENGARUH LIFESTYLE, STORE ATMOSPHERE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA RESTAURANT THE SAND BEACH SEMINYAK

Authors

  • Ni Putu Risa Ayu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Lifestyle, Store Atmosphere, Kualitas Produk, Minat Beli Ulang

Abstract

Setiap pelaku usaha yang bergerak di bidang kuliner dituntut untuk selalu memiliki kreativitas dalam pengolaan tempat bisnisnya. Selain harus memiliki kreativitas pelaku usaha harus dapat menimbulkan minat beli ulang konsumen agar mendapatkan keuntungan. Minat beli ulang dapat ditingkatkan dengan meningkatkan lifestyle, store atmosphere dan kualitas produk untuk bersaing di industri kuliner, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan lifestyle, store atmosphere dan kualitas produk baik secara bersama-sama maupun secara parsial serta mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap minat beli ulang pada konsumen Restaurant The Sand Beach Seminyak. Penelitian ini dilakukan di Restaurant The Sand Beach Seminyak. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan sumbernya menggunakan data primer dan sekunder. Dengan jumlah sampel yang diambil yaitu sebanyak 120 responden dengan metode purposive sampling. Data ini dikumpulkan dengan cara studi kepustakaan, kuesioner dan dokumentasi. Data ini dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dibantu dengan program SPSS versi 24. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa  lifestyle, store atmosphere dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keinginan tamu untuk berbelanja pada Restaurant The Sand Beach Seminyak.

References

Arikunto, S. (2015). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan.(2009).Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi Edisi Pertama.Jakarta : Raja Grafindo.

Basrah Saidani dan Samsul Arifin. 2012. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Pada Ranch Market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). Vol. 3, No. 1.

Betty R. Jackson. "Audit Information Dissemination, Taxpayer Communication, and Compliance: An Experimental Approach." IRS Research Conference, Washington, DC. 2004.

Bouman dan Wiele (1992: 5). (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Pada Konsumen Di Mcdonald’s Alauddin Makassar. Jurnal Organisasi Danmanajemen Volume, 3(9), 14–34.

C. Mowen, John dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga.

Cleo di Surabaya. Arbitrase: Journal of Economics and Accounting, 2(3), 88–93. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v2i3.341

Daniati, R., Bangko, S. Y. P. M., Jendralsudirman, J., Pematang, K. M., & Bangko, K. (n.d.). Jurnal Ekopendia: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. 4(1), 128–135.

Dunn, A. M., Hofmann, O. S., Waters, B., & Witchel, E. (2011). Cloaking malware with the trusted platform module. In Proceedings of the 20th Usenix Security Symposium (pp. 395–410).

Dewi., A.A Putu Agung dan Made Surya Prayoga. 2021. Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Langkah Coffee Shop. Jurnal Emas. 2 (2) Hal: 102-108.

Emes, L. S., & Sari, D. (2019). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Ulang

Etta Mamang Sangadji, Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian. Yogyakarta.

Fajriani, F. N., & Trenggana, A. F. M. (2020). Pengaruh Perceived Value, E-Lifestyle, Dan Promosi Online Terhadap Repurchase Intention Pada Pengguna Kai Access Di Indonesia. ProBank, 5(1), 68–82. https://doi.org/10.36587/probank.v5i1.569

Feriyanto, W. (2022). Pengaruh Brand Image , Islamic Store Atmosphere Dan Brand Awareness Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Minat Beli Ulang Sebagai Variabel Intervening. Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu) 7, 25–54.

Garvin, David A.2016. alih bahasa Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran.Yogyakarta

Girsang, N. M., Rini, E. S., Gultom., P. (2020). The Effect Of Brand Image And Product Quality On Re-Purchase Intention With Customer Satisfaction As Intervening Variables In Consumers Of Skincare Oriflame Users – A Study On Students Of North Sumatra University, Faculty Of Economics And Business. European Journal Of Management And Marketing Studies, 5. doi 10.5281/zenodo.3627548.

Hanisa, S., & Hardini, R. (2020). Pengaruh Store Atmosphere, Iklan, Dan Word of Mouth Terhadap Minat Pembelian Ulang Pelanggan Pada Kfc Di Margonda, Depok. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 16(1), 68–82. https://doi.org/10.47313/oikonomia.v16i1.1012

Husain dan Ali. 2015 . Effect of Store Atmosphere On Consumer Purchase Intention. International Journal of Marketing Studies, Vol. 7, No.2.

James F. Engel (1994), pengertian perilaku konsumen, dalam buku Perilaku Konsumen, Edisi 6 : jilid 1. Penerbit Binarupa Aksara.

Kasali, Rhenald, Manajemen Periklanan, Cetakan Kelima, Pustaka Utama Grafiti, Jakarta, 2007.

Katubi. (2020). Analisis Gaya Hidup, Bintang Iklan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Konsumen Online Shopee (Studi Kasus Dilakukan pada Mahasiswa Universitas Islam Batik Surakarta Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen). 18(3), 203.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Kotler, P. & Keller, K.L. (2012), Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Kurniawan, F., Sumowo, S., & Wibowo, Y. G. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Gatsby Styling Pomade ( Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember ).

Levy, M., & Weitz, B. A. (2012). Retailing Management Information Center.New York: McGraw Hill Higher Education.

Masrul dan Okta Karneli. 2017. Pengaruh Store Atmosphere dan Store Location Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Produk Texas Chicken Plaza Citra Pekanbaru. JOM Fisip, Vol. 4, No. 2.

Munir, M., & Putri, A. F. W. (2022). Pengaruh Saluran Distribusi, Gaya Hidup dan Kelompok Acuan Terhadap Minat Beli Ulang Air Minum Dalam Kemasan Merek

Musarofah, I. (2020). Pengaruh Keanekaragaman Produk, Store Atmosfer, Kualitas Pelayanan, Harga, Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang. Prosiding (Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi).

Nata Wirawan, (2002), Cara Mudah Memahami Statistik 2, Edisi Kedua,Keraras Emas,Denpasar.

Nazir, Moh. 2006. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nugroho Setiadi. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media Grup

Prasetya, W., & Yulius, C. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang: Studi Pada Produk Eatlah. Jurnal Teknologi, 11(2), 92–100.

Rifai, Ni Wayan Eka Mitariani dan I Gusti Ayu Imbayani. 2020. Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Internet Di Gallery Smartfren Denpasar. Jurnal Emas. 1 (1), Hal: 34-42.

Shaharudin, et al. “The Relationship between Product Quality and Purchase Intention”. Journal of Business Management. 2012.

Sucahoyo, C. P. D., Wijaya, A. J., & Widjaja, D. C. (2022). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Emosi Tamu Dan Minat Beli Ulang Di Michael Tj Gelato Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 7(2), 55–62.

Sudodo, Y., & Hakim, L. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Oriflame. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1).

Sugiyono, 2012, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: Alfabeta)

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabet

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi, 33. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sumarwan, Ujang. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Cet.1 ed.2. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tae, B. E., & Bessie, J. L. D. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Minat Membeli Ulang (Repurchase Intention) (Survei Pada Pelanggan the Kings Res.

Uma Sekaran, 2006. Metode Penelitiaan Bisnis. Jakarta: Salemba Empat

Wijaya, Agung Sapta. 2017. Analisis Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Pelayanan dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Pembelian Ulang,Ciputat. Jurnal ekonomi.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles