PENGARUH CITRA MEREK, PERSEPSI HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BERAS JINENG BALI PRODUKSI UD TUNAS JAYA KERTI DI BADUNG
Keywords:
Citra Merek, Persepsi Harga, Keputusan PembelianAbstract
Beras merupakan pangan yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Beras menjadi sangat penting di Indonesia karena 90% masyarakat Indonesia mengonsumsi beras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian beras Jineng Bali Produksi UD. Tunas Jaya Kerti. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli beras Jieng Bali Produksi UD. Tunas Jaya Kerti yang jumlahnya tidak diketahui. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan purposive sampling sebagai teknik penentuan sampelnya dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek, persepsi harga dan kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Temuan ini memberikan pengetahuan kepada perusahaan selip UD. Tunas Jaya Kerti untuk memperkuat strategi pemasaran dan manajemen untuk meningkatkan keputusan pembelian di perusahaan
References
Arda, M., & Andriany, D. 2019. Analisis Faktor Stimuli Pemasaran Dalam Keputusan Pembelian Online Produk Fashion Pada Generasi Z. Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik Dan Niaga, 19(2), 115–120
Astuti, M., MM, M., Matondang, N., Kom, S., & MM, M. T. 2020. Manajemen Pemasaran: UMKM dan Digital Sosial Media. Deepublish.
Afifah, S. N., & Prabowo, R. E. 2023. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo (Studi Pada Konsumen Smartphone Oppo Di Aan Cell Kaliwungu Kendal). Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 6(1), 147-155.
Anggraeni, A. R., & Soliha, E. 2020. Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6(3), 96.
Abimanyu, R., & Hermana, C. 2023. Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Cashback Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 398-408.
Alawiah, W., & Utama, A. P. 2023. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek pada Keputusan Pembelian Mobil. Kajian Branding Indonesia, 5(1), 17-34.
Assauri, Sofyan. 2018. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
BPS Provinsi Bali 2020. Luas Panen, Produksi dan Produktivitas Per kabupaten/Kota Provinsi Bali.
Darma. 2020. Statistika Penelitian Menggunakan SPSS. Jakarta: GUEPEDIA Education Limited.
Dzulkharnain, E. 2019. Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Inovasi Daerah, 1(2), 69–80.
Firmansyah, 2019. Pemasaran Dasar dan Konsep. Penerbit Qiara Media. Jakarta.
Fadhli, K., & Pratiwi, N. D. 2021. Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi ZIO Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 603-612.
Febyana, S. D., & Mulyono, L. E. H. 2023. Pengaruh Electronic Word of Mouth, Kualitas Produk dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik BLP Beauty (Studi Pada Mahasiswi Di Kota Mataram). Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 9(1), 68-73.
Fauziah, Y., Sumantyo, F. D. S., & Ali, H. 2023. Pengaruh Online Consumer Review, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Komunikasi dan Ilmu Sosial, 1(1), 48-64.
Fiana, E. O., & Hartati, R. 2023. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Rumah Makan “Mie Gacoan” di Daerah Istimewa Yogyakarta). Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(2), 149.
Fiazisyah, A. 2018, Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Cepat Saji KFC Basuki Rahmat Surabaya, Jurnal Tata Boga, Vol. 7 No. 2, pp. 4
Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Ghozali, I., & Latan, H. 2015. Partial Least Squares Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.
Hermawan, E. 2023. Pengaruh Niat Beli: Analisis Persepsi Harga, Pengetahuan Produk dan Citra Perusahaan. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Terapan, 1(1), 31-39.
Hasan, A. 2014. Marketing & Kasus-Kasus Pilihan.Jakarta: CAPS.
Hadita, H., Widjanarko, W., & Hafizah, H. 2020. Pengaruh Kualitas Produk Smartphone Terhadap Keputusan Pembelian di Masa Pandemic Covid19. Jurnal Kajian Ilmiah, 20(3)
Indrasari, M. 2019. Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Kapirossi, B., & Prabowo, R. E. 2023. Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (Studi di Antariksa Kopi Semarang). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1), 66-73.
Kementrian Pertanian. 2021. Ketersediaan Beras Nasinanl Cukup. Indonesia: Kementrian Pertanian RI.Nazir. Metode Penelitian Bogor: Ghalia Indonesia
Kotler, P., & Keller, K. L, 2016. Marketing Management, 15thn Edition New Jersey: Pearson Prentice Hall
Kotler, Philip dan Keller, K.L. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jilid 2. Dialih bahasakan oleh Benjamin Molan. PT. Indeks: Jakarta
Kotler, Philip dan Grey Armstrong, 2018. Principles of Managemet. Edisi 15. Global Edition. Pearson.
Komara, A. A., & Yunita, C. 2023. Pengaruh Promosi, Persepsi Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian di Blue Jasmine Restaurant. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(1), 1-11.
Larasati, I. D. 2023. Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Lestari, D. P., & Widjanarko, W. 2023. Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan E-Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Jiniso. Id Di Marketplace Shopee. Jurnal Economina, 2(3), 753-765.
Lotulung, P. V., Mandey, S. L., & Lintong, D. C. A. 2023. Pengaruh Persepsi Konsumen Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Baju Bekas Impor Pada Masyarakat Kelurahan Karombasan Utara Lingkungan 8 Kecamatan Wanea. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 11(02), 561-572.
Moy, R. J., Nyoko, A. E., & Fanggidae, R. P. 2021. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung. Glory: Jurnal Ekonomi & Ilmu Sosial, 2(2-Jun), 161-173.
Miati, L.2020. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada konumen Gea Fashion Banjar). Jurnal Abiwira, Vol.1, No.2.
Meutia, K. I., Hadita, H., & Widjarnarko, W. 2021. Dampak Brand Image dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Miniso. Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, 2(2), 75–87.
Mahayeni, N. W. N. 2023. Pengaruh Citra Merek, Word Of Mouth Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Xiaomi Di Kabupaten Klungkung (Doctoral dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar).
Nurhaliza, S., & Sari, T. N. 2023. Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Baterai Abc Pada Pt. Everbright Medan. Wawasan: Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan, 1(2), 136-147.
Nugroho, M. I., Damara, R. D., & Sanjaya, V. F. 2023. Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Iphone: Studi Kasus Mahasiswa Uin Raden Intan Bandar Lampung. Srikandi: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 35-44.
Nopriani, N., 2016. Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Kecap Manis ABC (Studi Ud. Toko Harapan Besar di Desa Suka Maju Dk 4d). None, 3(2).
Palelu, D. R. G., Tumbuan, W. J. F. T., & Jorie, R. J. 2022. Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Kamsia Boba di Kota Lawang. Emba, 10 (1).
Dwi Pamungkas, G. 2019. Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).
Romadhon, I. 2023. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Motor Kawasaki Ninja 250cc Malang) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).
Rahayu, S. 2021. Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Kualitas Produk terhadap keputusan pembelian pengguna E-commerce Tokopedia. Mbia, 20(1), 40-50.
Rahayu, S. E., & Febriaty, H. 2019. Analisis Perkembangan Produksi Beras. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 219–226.
Robi'ah, D.W. And Nopiana, M., 2022. Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Avoskin. YUME: Journal of Management, 5(1), Pp.433-441.
Rosyidi Ririn, 2020. Buku Monograf Pengendalian Kualitas.
Sangadji, E. M., & Sophia. 2018. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.
Suwastiari, N. L. P., Anggraini, N. P. N., & Jodi, I. W. G. A. S. 2021. Pengaruh Green Marekting, Kualitas Produk, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks Coffee Di Denpasar. EMAS, 2(1).
Sampe, Y. D., & Tahalele, M. 2023. Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Vivo Pada Toko Bandung Jaya AY Patty Ambon. Jurnal Administrasi Terapan, 2(1), 48-59.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Pustaka Baru Press.
Syafrida, S., & Putra, P. 2023. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario. Amsir Management Journal, 3(2), 79-90.
Sharliz, I. O., & Lusia, A. 2023. Pengaruh Harga, Persepsi Kualitas, Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mitsubishi Xpander Di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 3(2), 258-275.
Setyani, A. D., & Prabowo, R. E. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Adidas (Studi Di Toko Original Sportcenter Cabang Medoho Semarang).
Setyawati, K. E. 2021. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Vario (Studi Kasus Pada Cv Kirana Motorindo Jaya). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Manajemen, 3(4).
Sumarwan, U. 2019. Pemasaran Strategik: Perspektif Perilaku Konsumen Dan Marketing Plan. PT Penerbit IPB Press.
Sundana, S., Pranata, S., & Lukita, C. 2023. Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Batik Trusmi). Jurnal Witana, 1(1).
Suardhika, I. N., & Hendrawan, I. G. Y. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Bedak Marcks Dan Venus Di Apotek Kimia Farma Denpasar. EMAS, 3(3), 134-147.
Mandak, T. M. Tumbel, and J. V. Mangindaan, Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Dapur Sedap Om Dol di Manado, Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951-952.
Tjiptono, 2019. Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan.
Tecoalu, dkk. 2021. The Effect of Price Perception and Brand Awareness on Service Quality Mediated by Purchasing Decision (Study Case on PT. Maybank Indonesia Finance Credit Products). International Journal of Humanities, Social Science, Public Administration and Management.
Wijaya, Tony. 2018. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta. Indeks
Wardhana, M. W.2023. Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu (Studi pada PT Astra International Daihatsu Sales-Operational Di Cibubur (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Bekasi).
Wydyanto, W., & Yandi, A. 2020. Model of Brand Image and Purchasing: Price Perception and Product Quality (Literature Review of Marketing Management). Journal of Accounting and Finance Management, 1(2), 275–285