PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BEDAK MARCKS DAN VENUS DI APOTEK KIMIA FARMA DENPASAR

Authors

  • Ida Ayu Mely Trisnawati M Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nengah Suardhika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gde Yudhi Hendrawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Citra merek, kualitas produk, promosi, keputusan pembelian

Abstract

Seiring dengan berkembangnya zaman, kosmetik sudah menjadi kebutuhan dasar dalam menjaga penampilan. Bedak adalah suatu jenis produk kosmetik dekoratif yang berfungsi menutupi kekurangan pada wajah seperti menutupi kulit wajah yang mengilapatau warna kulit yang tidak rata.  Tentunya ada beberapa faktor yang mungkin mempengaruhi meningkatnya penjualan Bedak Marcks dan Venus di Apotek Kimia Farma Denpasar. Maka dari itu, peneliti bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian bedak Marcks dan Venus di Apotek Kimia Farma Denpasar.

Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar yang difokuskan ini di lakukan di Apotek Kimia Farma. Metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang pernah melakukan transaksi pembelian selama satu tahun terakhir dan berdomisili di Kota Denpasar. Dalam pembagian sampel peneliti mengunakan non probability sampling berupa purposive sampling dengan jumlah 100 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis linear berganda yang diolah menggunakan aplikasi IBM SPSS 23.0 for Windows.

Hasil analisis menunjukkan bahwa,  1) citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian bedak Marcks dan Venus di Apotek Kimia Farma Denpasar. 2) Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian bedak Marcks dan Venus di Apotek Kimia Farma Denpasar. 3) Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian bedak Marcks dan Venus di Apotek Kimia Farma Denpasar. Hasil ini menjelaskan bahwa naiknya promosi akan berpengaruh dengan meningkatnya keputusan pembelian bedak Marcks dan Venus di Apotek Kimia Farma Denpasar.

References

Aaker,David. A,2010. Manajemen Ekuitas Merek. Alih Bahasa; Aris Ananda. Edisi revisi. MitraUtama, Jakarta

Agus Hermawan. (2013). Promosi dalam Prioritas Kegiatan Pemasaran. Jakarta. PT Buku Seru. Hal 38.

Ajzen, I., & Fishbein, M. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research. Reading, MA: Addison-Wesley.

Akdon, dan Riduwan,2013. Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung:Alfabeta

Aris Jatmika Diyatama. 2017. Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Saka Bistro&Bar, Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Volume 4. No 1.

Armstrong, Kotler 2015, “Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth Edition” , England : Pearson Education, Inc

Assauri, S., 2015. Manajemen Pemasaran, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

Assauri,Sofjan. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.460 Hal.

Basu, Swastha.2010.Manajemen Pemasaran : Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta. BPFE UGM

Bedak Marcks dan Venus diakses dari : https://m.fimela.com/lifestyle/read/3715117/bedak-marcks

Bob Foster., 2016.,: The Impact of Brand Image on Purchasing Decision on Mineral Water Product Amidis, Journal of humanities and social sciences Vol 2, No 11.

BPOM RI. 2011. Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor : HK. 03.1.23.07.11. 6662 Tentang Analisis Kosmetika. Jakarta.

Clow, Kenneth E., dan Donald Baack. (2018). Integrated Advertising, Promotion,And Marketing Communications. England: Pearson.

Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.

Fandy Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta

Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, ed. 4

Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.

Food and Drug Administration. Cosmetics and U.S. Law. Diambil dari: http://www.fda.gov/Cosmetics/GuidanceRegulation/LawsRegulations/ucm2005209.htm.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Herlambang, Susanto. 2014. Basic Marketing (Dasar-dasar pemasaran). Yogyakarta, Gosyen Publishing.

Kevin Lane Keller, (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, And Managing Brand Equity. Global Edition.Pearson.

Kotler dalam Melyani (2016) diakses melalui : https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/250347/File_10-BAB-II-LANDASAN-TEORI.pdf

Kotler, Amstrong. 2016. Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition.England. Pearson Education Limited.

Kotler, Keller, (2016). Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Keller, (2016). Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2012), Prinsip- Prinsip Pemasaran Edisi 12 penerbit Erlangga

Kotler, P. & Keller, K.L. (2012), Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. & Gary Armstrong. 2014. Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 13, Bahasa Indonesia Jilid 1 dan 3 Cetakan. Jakarta: Rajawali

Lee, G.C., & Leh, F.C.Y., 2011.Dimensions of Customer-Based Brand Equity: A Study on Malaysian Brands. Journal of Marketing Research and Case Studies. Vol. (2011). Pp. 1-10.

Lee, Nancy R and Philip Kotler. (2011). Social Marketing :Influencing Behaviors For Good. US. Sage Publication, Inc.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

Muliyawan, Dewi & Suriana, Neti (2013), A-Z Tentang Kosmetik, Jakarta: PT Elex Media Komputerindo

Mursid. 2017. Manajemen Pemasaran.Jakarta: Bumi Aksara.

Philip Kotler (2013) Principles of Marketing European Edition

Pradana, Dedhy, Syarifah Hudayah dan Rahmawati. 2017. Pengaruh Harga, Kualitas Prroduk dan Citra Merek Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Motor Beat Samarinda. Jurnal. Samarinda: Kinerja.

Roisah, Riris dan Dwizna Riana. 2016.”Telaah Hubungan Citra Merek, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian Konsumen”. Ecodemica, Vol. IV No.1 April 2016

Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Schiffman, L. G. & Wisenblit, J. L. (2015). Consumer Behavior Edisi 11 Global Edition . England: Pearson Education Limited

Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. (2010). Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey, Pearson Prentice Hall.

Sejarah singkat Kimia Farma diakses dari : https://kimiafarma.co.id/index.php?lang=id

Setiadi (2014) di akses melalui https://jurnal.ibik.ac.id

Sudjana (2010) di akses melalui https://raharja.ac.id/2020/11/04/apa-itu-populasi-dan-sampel-dalam-penelitian/

Sugiyono (2011). Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta..Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: pt alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. (2015). Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Taat Kuspriyono (2016) Pengaruh Ekuitas Merek, Kualitas Produk dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung (Studi Kasus Mahasiswa/i Universitas Gunadarma)

Tahir M. 2011. Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Tingkir, C.F. (2014), Pengaruh Merek Terhadap Loyalitas Merek Melalui Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Toyota. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 8, no. 2, Oktober 2014: Universitas Kristen Petra

Tjiptono, Fandy. (2011). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta

Top Brand Award. Diakses dari www.topbrand.award.com

Tranggono, RIS., Latifah F. (2013). Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik

Widagdo, Herry. 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan promosi Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Komputer pada PT. XYZ Palembang. Tidak Dipublikasikan. Jurnal Ilmiah STIE MDP. Forum Bisnisdan Kewirausahaan,vol. 1:1

Wijaya, Tony. 2011. Manajemen Kualitas Jasa (Desain Servqual, QFD, dan Kano). Jakarta Barat: PT INDEKS.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles