PENGARUH CITRA MEREK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HONDA DI CV.ASIA MOTOR PADA MASA PANDEMI COVID19

Authors

  • Ni Kadek Vidia Krisna Devi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Eka Mitariani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Citra Merek, Promosi, Keputusan Pembelian Ulang

Abstract

Tingkat keuntungan dapat dipertahankan apabila perusahaan dapat mempertahankan dan meningkatkan penjualannya, salah satunya melalui usaha mencari dan membina para pelanggan. Selama pandemi Covid-19 sebagian besar masyarakat memfokuskan pendapatannya untuk memenuhi kebutuhan primer. Hal ini tentunya berujung pada pengetatan penggunaan pendapatan termasuk keputusan untuk pembelian sepeda motor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh citra merek dan promosi terhadap keputusan pembelian honda di CV. Asia Motor pada masa pandemi Covid19.

Populasi penelitian adalah seluruh pelanggan CV. Asia Motor tahun 2020 yang berjumlah 635 orang pelanggan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sebagai pengembangan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pengaruh citra merek dan promosi terhadap keputusan  pembelian.

References

Aditi, Bunga, dan Hermansyur, H. M. 2018. Pengaruh Atribut Produk, Kualitas Produk dan Promosi, Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Honda Di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. Vol. 19, No.1, PP. 64-72.

Agus, Hermawan. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Albarq, A. N. (2013). Measuring the Impacts of Online Word-of-Mouth on Tourists‟ Attitude and Intentions to Visit Jordan: An Empirical Study. International Business Research, 7(1), 14–22.

Alma, Buchari. 2011, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Kesembelian, Alfabeth, Bandung.

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Aqlina, Atmima, dan Zuraida, Lukia. 2020. Pengaruh Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Gojek Di Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha. Yogyakarta.

Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.

Eagly, A, H., & Chaiken, S. 1993. The psychology of attitudes. Harcourt Brace Jovanovich College Publishers.

Fitria, S. E. 2016. Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Indihome. e-proceeding of Management. Vol. 5, No.3, pp. 3245-3252

Fillah, A., & Fitria, S. E. 2018. Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Indihome. e-proceeding of Management. 5 (3), 3245-3252.

Fishbein, M, & Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research, Reading, MA: Addison-Wesley.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Imbayani, I Gusti Ayu, dan Gama, Agus Wahyudi Salasa. 2018. The Influence of Electronic Word of Mouth (E-Wom), Brand Image, Product Knowledge on Purchase Intention. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Jagaditha. Vol. 5, No. 2, pp. 145-153.

Irawan, Roni,. Nawangsih, S, Bahtiar Riza. 2020. Pengaruh Promosi, Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Onderdil Astra Honda Motor (AHM) pada UD. Rasa Motor di Lumajang. Jurnal Riset Manajemen. Vol. 2, No.1, PP. 121-129

Iwan, Upbatam, dan Saputra, Asron. 2020. Pengaruh Citra Merek dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indocafe Pada PT. Prima Bintang Distribusindo. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis. Vol. 8, No.2, pp. 17-24.

Kartajaya, Hermawan. 2010. Perjalanan Pemikiran Konsep Pemasaran Hermawan Kertajaya. Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama.

Kothler,Philip, Amstrong. 2017. Pemasaran, Edisi pertama. Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, K.(2009). Manajemen Pemasaran 1.Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga

Kotler, P. & Keller, K.L. (2012), Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Alih Bahasa: A.B. Susanto. Jilid 1dan 2. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, Firman,. Arifin, Zainul,. Dahlan, Fanani. 2018. Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Kepada Para Siswa SMAN 15 Surabaya Kelas XII Yang Menggunakan Laptop Ber Merek ASUS. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 56, No.1, pp.75-81.

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV. Al Fath Zumar.

Lubis, Desy Irana Dewi, dan Hidayat, Rahmat. 2017. Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 5, No.1, pp. 15-24.

Malau Herman, 2017. Manajemen Pemasaran. Alfabeta, Bandung.

Musholikhah,. Mitariani, Ni Wayan Eka,. Imbayani, I Gusti Ayu. 2020. Pengaruh Citra Perusahaan, Persepsi Harga Dan Promosi terhadap Keputusan Konsumen Membeli Tableware pada Cv. Indo Piranti Mulia. Vol. 1, No. 4. PP. 180-189.

Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Permana, Dony Indra. 2017. Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lantai Kayu Dan Pintu Pt.Piji Di Jawa Timur. Jurnal Performa. Vol. 2. No.1, PP. 116-123

Purhantara, Wahyu. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Bisnis, Yogyakarta: Graha Ilmu

Saleh, S Jordanus. 2018. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek VANS. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Senly, Alvian. 2017. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Mitsubishi Colt Diesel Pada PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Bone. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Makassar

Solihin, Dede, dan Wibawanto, Estiko. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif. Vol. 3, No. 3, pp. 30-36.

Subagyo, 2011, Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Susilawati, 2012. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Menggunakan Kartu Seluler Im3 Melalui Motivasi Konsumen Pada Pengguna Im3 Di Malang, Jurnal Aplikasi Manajemen Vol. 10 No. 1.

Yunus dan Budianto. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Narita Hotel Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol 3 No 12.

Yunus dan Budianto. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Narita Hotel Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol 3 No 12.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles