PENGARUH STORE ATMOSPHERE, VARIASI PRODUK DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KOPI PANGERAN UBUD

Authors

  • Ni Luh Yunika Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nengah Suardhika Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/emas.v6i5.6623

Keywords:

store atmosphere, variasi produk, social media marketing, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh store atmosphere, variasi produk, dan social media marketing terhadap keputusan pembelian pada Kopi Pangeran Ubud. Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya kesenjangan hasil penelitian terdahulu (research gap) serta perbedaan fokus pembahasan pada variabel yang diuji. Permasalahan lain yang dihadapi adalah penurunan omset penjualan atau keuntungan pada tahun 2022-2023. Kopi Pangeran Ubud, yang didirikan pada tahun 2020, dipilih sebagai objek penelitian ini karena menunjukkan dinamika yang relevan untuk dianalisis lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data kuesioner yang diberikan kepada 96 responden, yang terdiri dari konsumen Kopi Pangeran Ubud dan dipilih menggunakan metode purposive sampling. Data dianalisis menggunakan teknik regresi linear berganda untuk menguji hubungan antara variabel, serta uji hipotesis (uji F dan uji t) dan uji beta untuk mengevaluasi pengaruh masing-masing variabel. Seluruh data yang diperoleh dari distribusi kuesioner layak digunakan untuk dinalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) store atmosphere secara  berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Kopi Pangeran Ubud, sehingga semakin baik suasana toko maka semakin meningkat keputusan pembelian dari konsumen,  (2) variasi produk memiliki  pengaruh positif dan sinifikan terhadap keputusan pembelian , sehingga semakin baik variasi produk yang ditawarkan maka semakin meningkat keputusan pembelian, (3) social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini berarti bahwa semakin baik  social media marketing maka akan meningkatkan keputusan pembelian pada Kopi Pangeran Ubud.

References

Brogan, C. (2010). Social media 101: Tactics and tips to develop your business online (1st ed.). Wiley.

Firdiansyah, D., & Prawoto, E. (2021). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, lokasi, dan variasi produk terhadap pengambilan keputusan pembelian. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(2), 314-320.

Gunelius, S. (2011). *30-minute social media marketing*. McGraw-Hill.

Haribowo, R., Tannady, H., Yusuf, M., Wardhana, G. W., & Syamsurizal, S. (2022). Analisis peran social media marketing, kualitas produk dan brand awareness terhadap keputusan pembelian pelanggan rumah makan di Jawa Barat. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(6), 4024-4032.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan kepuasan pelanggan. Unitomo Press.

Kalsum, U., & Usuli, S. (2022). Pengaruh variasi produk dan iklan terhadap keputusan pembelian pada minuman boba brown sugar Gar_Fresh. Ekomen, 21(1), 58-68.

Kambali, I., & Masitoh, S. (2021). Pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian jasa pengiriman barang di Kantor Pos Pati 59100. Pro Mark, 11(1), 10-10.

Kojongian, A. S., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. (2022). Pengaruh variasi produk dan promosi terhadap keputusan pembelian Careofyou.id pada media sosial Instagram. Productivity, 3(2), 157-161.

Kridaningsih, A. (2020). Pengaruh harga dan variasi produk terhadap keputusan pembelian amino dari ultimate nutrition di Kota Mojokerto. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 7(2), 1-10.

Lestari, B., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh variasi produk dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang konsumen pada Coffeeville-Oishi Pan Magelang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(3), 150-159.

Narayana, K. G. S., & Rahanatha, G. B. (2020). Peran brand image memediasi social media marketing terhadap keputusan pembelian [Doctoral dissertation, Udayana University].

Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., & Asir, M. (2023). Literature review: Analisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, kualitas produk dan harga kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(1), 183-188.

Nursiti, N., & Giovenna, A. (2022). Pengaruh social media marketing, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Uniqlo. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 5(1).

Pasaribu, V. L. (2022). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor TVS. Business Management Journal, 18(1), 37-49.

Regindratama, A. (2023). Pengaruh variasi produk dan display layout terhadap keputusan pembelian melalui word of mouth sebagai variabel mediasi di Toko SRC JUMASRI. OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 7(2).

Rimbasari, A., Widjayanti, R. E., & Thahira, A. (2023). Pengaruh viral marketing dan social media marketing terhadap keputusan pembelian di platform TikTok. CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 6(2), 457-466.

Sari, E. N. (2021). Pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian kopi pada Kong Djie Café Pekanbaru. Innovative: Journal of Social Science Research, 1(2), 73-80.

Satria, A. P., & Anggrainie, N. (2023). Pengaruh store atmosphere, citra merek, kualitas produk, persepsi harga, gaya hidup dan promosi terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 1(1), 240-253.

Tanjung, A. (2020). Pengaruh store atmosphere, lokasi dan promosi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Pelita Bangsa, 5(3), 1-18.

Tantowi, A. I., & Pratomo, A. W. (2020). Pengaruh store atmosphere dan experiential marketing terhadap keputusan pembelian di Kopi Daong Pancawati. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 65-78.

Utami, G. R., & Saputri, M. E. (2020). Pengaruh social media marketing terhadap customer engagement dan loyalitas merek pada akun Instagram Tokopedia. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(2), 185-198.

Winarsih, R., Mandey, S. L., & Wenas, R. S. (2022). Pengaruh persepsi harga, kualitas makanan, dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen pada Dabu-Dabu Lemong Resto dan Coffee Kawasan Megamas di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(3), 388-399.

Downloads

Published

2025-05-26

How to Cite

Yunika, N. L., Suardhika, I. N., & Atmaja, N. P. C. D. (2025). PENGARUH STORE ATMOSPHERE, VARIASI PRODUK DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KOPI PANGERAN UBUD. EMAS, 6(5), 1008–1019. https://doi.org/10.36733/emas.v6i5.6623

Issue

Section

Articles