PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN TAMU UNTUK MENGINAP PADA HOTEL IJO ECHO LODGE
Keywords:
Keputusan Menginap, Social Media Marketing, Online Customer Review dan Persepsi HargaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing, online customer review dan persepsi harga terhadap keputusan tamu untuk menginap pada Hotel Ijo Echo Lodge. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tamu yang pernah menginap pada Hotel Ijo Echo Lodge yang jumlahnya tidak diketahui. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial (1) social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap, (2) online customer review berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan menginap, dan (3) persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap. Temuan ini memberikan pengetahuan kepada Hotel Ijo Echo Lodge untuk memperkuat strategi pemasaran dan manajemen untuk meningkatkan keputusan menginap pada Hotel Ijo Echo Lodge.
References
Adam Farhanul M, A. B. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui E-Commerce Di UIN Banten. Jurnal Multidisiplin Ilmu.
Afifah, Khansa. (2016). Pengaruh Social Media Marketing Instagram terhadap Tingkat Brand Awareness Roaster and Bear Coffee Lounge & Kitchen. Jurnal Komunikasi, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
Ajzen, I., & Fishbein, M. 1975. Belief, attitude, intention, and behavior: An introduction to theory and research. Reading, MA: Addison-Wesley
Alimbudiono, L. S. (2020). Konsep Pengetahuan Akuntansi Manajemen Lingkungan. CV. Jakad Media Publishing, 18.
Amryyanti, (2015). Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap keputusan pembelian alat tenun bukan mesin (ATBM) di Pekalongan. Diponegoro Journal Og Management Vol.2 No.2 2015
Anugerah, H. A. (2019). Pengaruh promosi melalui media sosial terhadap keputusan tamu untuk menginap di Capoalaga Adventure Camp Subang. Skripsi. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.
Arif, M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, Electronic Word Of Mouth (EWOM) Dan lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Online. Seminar Nasional Teknologi Edukasi dan Humaniora, 111.
Asadifard, R. A. (2015). A Review on Tourist Mall Patronage Dterminant in Malaysia. International Journal of Innovation Management and Technology, 6:3.
Ayundasari Dyana, I. N. (Juni 2022). Evaluasi Work From Home (WFH) Dengan Pendekatan Theory of Planned Behavior (Studi Kasus Pada Mahasiswa-Karyawan di Area Tangerang Raya. Jurnal Ilmiah SWARA Manajemen, 197.
Ayuningtyas, U. (2020). Pengaruh Promosi, Potongan Harga, Citra Merek, dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Layanan Grabfood (Studi pada Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Bali, Pemerintahan Provinsi (27 Mei 2023) Perkembangan Pariwisata Provinsi Bali 2022, Retrived from Baliprov: https://disparda.baliprov.go.id/buku-statistik-pariwisata-bali-tahun-2022/2023
Bambang Widodo, J. C. (November 2022). Pengaruh Penggunaan Endorsement dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Tamu Menginap di Hotel Harris Vertu Harmoni Jakarta . TOBA (Journal of Tourism, Hospitality and Destination), Vol.1, No.4.
Burhanudin. (Juni 2015). Aplikasi Theory Of Planned Behavior Pada Intensi Mahasiswa untuk Berwirausaha. Efektif Jurnal Bisnis dan Ekonomi, Vol. 6, No 1, 60-72.
Candra Alfian, B. M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian di Steak21 Mall Kota Kasablanka. Sinomika Journals, Vol. 1, No. 3.
Elwalda, Abdulaziz, and Kevin Lu. 2016. “The Impact of Online Customer Reviews (OCRs) on Customers’ Purchase Decisions: An Exploration of the Main Dimensions of OCRs.” Journal of Customer Behaviour. doi: 10.1362/147539216x14594362873695.
Fakri, A. (2016). Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Kepercayaan dan Minat Pembelian Pada Online Marketplace di Indonesia. institut teknology sepuluh nopember, 1-21.
Fathimah Febrianah, S. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Keamanan Transaksi dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekobistek, Vol. 11, No. 4.
Febriana, M. d. (2018). Pengaruh Online Consumer Review oleh Beauty Vlogger terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2014/2015 dan 2015/2016 yang Membeli dan Menggunakan Purbasari Matte Lipstick). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)., Vol. 58 No. 1. hal. 1-9.
Febrianah, F. (September 2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Keamanan Transaksi dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian. EKOBISTEK, Vol. 11, No.4.
Febriansyah Kurniawan, K. K. (2022). Analisis Online Consumer ReviewDan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Somethinc. Management Studies and Entrepreneurship Journal, Vol.3.
Filleri, R. M. (2018). Consumer perceptions of information helpfulness and determinants of purchase intention in online consumer reviews of services. Information and management.
Firmansyah (Fitri Handayani, R. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Menginap di Hotel Santika Kelapa Gading. Formosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR), 934.
Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). CV Penerbit Qiara Media.
Fitri Handayani, R. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Menginap di Hotel Santika Kelapa Gading. Formosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR), Vol.1,No.4.
Fransisca Desiana Pranatasari, K. (September 2021). Analisis Pengaruh Harga, Kemudahan Penggunaan, dan Ulasan Konsumen Daring Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, Vol.4, No.4.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunelius, S. (2011). 30 Minute Social Media Marketing. United States: McGraw Hill.
Guo, J.L., Wang, T.F., Liao, J.Y., and Huang, C.M. (2016). Efficacy of the Theory of Planned Behavior in predicting breastfeeding: Metaanalysis and structural equation modeling. Applied Nursing Research 29: 37²42.
Harimukti Wandebori, Latifa Putri. (2016). Factors Influencing Cosmetics Purchase Intention in Indonesia Based on Online Review.
Herispon. (Desember 2019). Pendekatan Inklusi Keuangan dan Teori Perilaku Terencana Dalam Analisis Perilaku Utang. JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), 4(2):193.
Hidayat, R. (Mei 2019). Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Menurut Kotler. Kita Punya.
Indrasari. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Jufrizen, a. K. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Lingkungan Kerja Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 3(1):66–79.
Khammash. (2008 halaman 79). Electronic Word-of-Mouth: Antecedents of Reading Customer Reviews in On-line Opinion Platforms: A Quantitative Study from the UK Market. IADIS International Conference.
Kim, A. J. (2012). Do Social Media Marketing Activities Enchance Costumer Equity? An Empirical Study of Luxury Fashion Brand. Journal of Business Research, 65. 1480-1486.
Kotler et al., (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, P. d. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13. Jilid 2. Jakarta: Erlangga, 278.
Lacker Mair, G. K. (2016). Importance of online product reviews from a consumer's perpective. Advances in economics and business, 1(1)1, 1-5.
Lee, E. J., (2014). When do consuers buy online product reviews? Effects of review quality, product type, and reviewer's photo. Computers in Human Behavior.
Liu, Y., Wan, Y., Shen, X., Ye, Z., & Wen, J. (2021). Product customer satisfaction measurement based on multiple online consumer review features. Information,12 (6),1–16) https://doi.org/10.3390/info12060234
Maulana, F. (2021). Pengaruh Ulasan Online Terhadap Niat Beli dengan Kepercayaan Sebagai Intervening. Skripsi, 18.
Malik, Fozia, Yaqoob, Sara, dan Aslam, Abid Samih. (2020). “The Impact of Price Perception, Service Qualityand Brand Image on Customer Loyalty (Study of Hospitality Industry in Pakistan)”, Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business, Vol. 4 & 5.
Mita, F. D. (September 2021). Analisis Pengaruh Harga, Kemudahan Penggunaan, dan Ulasan Konsumen Daring Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, Vol. 94, No. 04.
Mileva, Lubiana, dan Fauzi, Achmad. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis.
Muhammad Farhan, S. (September 2023). Pengaruh Lokasi, Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Menginap dan untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Gran Melia Jakarta. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Vol.2, No.10.
Muslimah, N. &. (2019). The Effect of Online Consumer Review on the Intention of Buying Products on Social Commerce. . Aptisi Transactions on Management (ATM), 3(1), 22–28.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.
Nuariani, A. M. (2019). Pengaruh Social Media Marketing Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Panties Pizza Malang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Nurhayati. (2023). Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen. PT Nasya Expanding Manajemen, 42.
Paskah Apriani, B. M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Menginap di Morrissey Hotel Jakarta. Sibatik Journal, Vol.1 No.11.
Purwaningwulan, (2019). “The Uniqueness of Influencer Marketing in The Indonesian Muslim Fashion Industry on Digital Marketing Communication Era.” 225(Icobest):114–19. doi: 10.2991/icobest-18.2018.26.
Riadi, M. (2023). Online Customer Review - Pengertian, Aspek, Syarat dan Indikator. Kajian Pustaka.
Schiffman, L. G. (2018). Perilaku Konsumen, Edisi 7. Alih Bahasa: Zoelkifli. Jakarta: Indeks.
Shahnaz Tsamrotul Puadah, K. R. (September 2022). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Toko Beras CV Wirabuana Tasikmalaya). ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Vol.1, No.10.
Shidieq, F. M. (2020). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Kepercayaan Konsumen Milenial Kota Bandar Lampung Pada Aplikasi Shopee. Skripsi, 20.
Solis, B. (2010). Engage : The Complete Guide for Brands and Businesses to Build, Cultivate, and Measure Success in the New Web. New Jersey: Wiley.
Sudaryono (Inggit Rahmawati, M. T. (2022). Pengaruh Kualitas, Produk, Promosi dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan The KOFFEE Jakarta. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 25 No. 1.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tanady, E. S. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia di Jakarta. Manajemen Pemasaran,, 9(021),113–123.
Tjiptono, F. &. (2017). Pemasaran Strategik Edisi 3. Yogyakarta: Andi offset.
Tuten, T. L. (2008). Advertising 2.0: Social Media Marketing in a Web 2.0 World. Greenwood Publishing Group.
Vienna Artina.S, E. T. (Maret 2020). Pengaruh Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap di Homestay Desa Cipasung, Kuningan. Jurnal Ilmiah Pariwisata Keputusan Menginap.
Widokarti & Priansa (2017). (2019 halaman 296). Konsumen, Pemasaran dan Komunikasi Kontemporer. Bandung: Pustaka Setia.
Yayah Fauziah, F. D. (January 2023). Pengaruh Online Consumer Review, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Komunikasi dan Ilmu Sosial (JKIS), Vol.1. No.1.
Yogi Nurfauzi, H. T. (2023). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. https://www.yrpipku.com/journal/index.php/msej/article/view/1246/938, 183-188.
Yuniar. (2021). Tren, Tantangan dan Peluang. Book Chapter Literasi Digital .
Yusuf, S. (2021). Pengaruh media sosial Instagram terhadap keputusan pembelian sepatu Kimber. Vol 5 No.2.
Zhao, X., Liang, W., Xiao, G., dan Rob,L. (2015). The influence of Online Reviews to Online Hotel Booking Intentions. International Journal of Contemporary Hospitality Management, Vol. 27, No.6.