PENGARUH DIGITAL MARKETING, PERSEPSI HARGA DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN VILLA PADA PT. LUXE PROPERTI INTERNASIONAL

Authors

  • Ni Komang Liana Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/emas.v6i1.11268

Keywords:

digital marketing, persepsi harga, brand image, keputusan pembelian

Abstract

Dalam konteks properti terutama villa, keputusan ini dipengaruhi oleh lebih dari sekadar karakteristik fisik, tetapi juga faktor eksternal seperti strategi pemasaran yang baik. Keputusan pembelian dapat dipengaruhi banyak faktor seperti digital marketing, persepsi harga dan brand image. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing, persepsi harga dan brand image terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah konsumen yang telah membeli villa pada PT. Luxe Properti Internasional dan sampeil seibanyak 50 orang. Teiknik analisis data meinggunakan Uji Validitas, Uji Reiabilitas, Uji Asumsi Klasik, Anaisis Reigreisi Linieir Beirganda, Uji Koreilasi Beirganda, Koeifisiein Deiteirminasi, Uji F dan Uji t. Dari hasil peineilitian dipeiroleih hasil digital markeiting beirpeingaruh positif dan signifikan teirhadap keiputusan peimbeilian, peirseipsi harga beirpeingaruh positif dan signifikan teirhadap keiputusan peimbeilian, dan brand imagei beirpeingaruh positif dan signifikan teirhadap keiputusan peimbeilian. Saran yang dapat dibeirikan peineiliti adalah PT. Luxei Propeirti Inteirnasional diharapkan seilalu meinyeidiakan informasi yang leingkap meingeinai villa yang ditawarkan, seicara rutin meimposting foto produk yang ditawarkan dan meimbeirikan informasi yang leingkap pada postingan, meimbuat keibijkan harga yang seisuai deingan kualitas dari villa yang ditawarkan dan seilalu meimbeirikan villa deingan kualitas yang baik keipada konsumein.

References

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Al-Azzam, A. F., & Al-Mizeid, K. (2021). The effect of digital marketing on purchasing decisions: A case study in Jordan. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(5), 455–463. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no5.0455

Angraini, D., & Harwani, Y. (2020). The effect of product quality, price perception, and promotion on purchasing decisions in Sari Roti in West Jakarta. Proceedings of the 4th International Conference on Management, Economics, and Business (ICMEB 2019).

Armstrong, K. (2019). Marketing: An introduction (12th ed.). Pearson Education.

Baronah, Y., Anggit, & Nurhayani. (2023). Pengaruh digital marketing, influencer marketing, dan product quality terhadap keputusan pembelian mobil Wuling di Indonesia. Jurnal Akuntansi Manajemen (JAKMEN), 2(2), 87–98.

Budiono, A., & Siregar, O. M. (2023). Pengaruh store atmosphere, kualitas pelayanan, dan digital marketing terhadap keputusan pembelian pada konsumen kafe minum kopi Medan Johor. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 2(4), 376–386.

Bukit Vista. (2023). Panduan untuk pasar properti Bali saat ini. Diakses dari https://www.bukitvista.com/blog/panduan-untuk-pasar-properti-bali-saat-ini-2023

Devi, D. (2023). Pengaruh digital marketing terhadap keputusan followers Instagram @wardahbeauty dalam pembelian produk Wardah (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Diniyah, K. (2021). Pengaruh country of origin dan brand image terhadap keputusan pembelian kosmetik Korea Selatan pada remaja di Sidoarjo: Studi pada pembelian merek Nature Republic. Aplikasi Administrasi: Media Analisis Masalah Administrasi, 143–151.

Fairhat, L., & Marnis, M. (2022). Analisis pengaruh daya tarik promosi, persepsi harga, dan brand image terhadap keputusan pembelian properti (Studi kasus pada perumahan Citra Raya City Jambi). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 364–371.

J., Arfan, N., H., & Ali Hussain, H. (2022). Penerapan digital marketing dalam upaya peningkatan pendapatan usaha mikro kecil dan menengah. ILTIZAM Journal of Sharia Economics Research, 6(2), 212–224. https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i2.1452

Jayanti, E., Daryani, D., & Sudiyono, S. (2024). Pengaruh digital marketing, brand image, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Ms Glow. Jurnal Ekonomi, 14(1), 9–21.

Keller, K. L., & Swaminathan, V. (2020). Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity (5th ed.). Pearson Education.

Muhammad, Z. (2023). Pengaruh digital marketing terhadap keputusan pembelian dengan harga sebagai variabel mediasi dalam perspektif ekonomi Islam (Studi kasus di Refill Parfume BDL) (Disertasi doktoral). UIN Raden Intan Lampung.

Nisa, S. (2021). Analisis pengaruh persepsi harga, kualitas pelayanan, dan lokasi terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada konsumen di You Nine Cafe Medan). Universitas Medan Area. http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/16524

Paludi, S., & Juwita, R. (2021). Pengaruh persepsi harga, lokasi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18(1), 41–53.

Philip Kotler, & Kevin Lane Keller. (2019). Manajemen pemasaran, jilid 2. Erlangga.

Pratama, T. W., & Rubiyanti, R. N. (2023). Pengaruh promosi media sosial Instagram dan brand image terhadap proses keputusan pembelian properti Era Bandung. eProceedings of Management, 10(1).

Pratiwi, F. (2024). The influence of brand image, price perception, and location on purchasing decisions. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(2), 515–522.

Putri, D. L., Murningsih, R., & Santosa, M. (2022). Pengaruh digital marketing, label halal, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian (Studi empiris UMKM oleh-oleh Getuk Eco Magelang). Borobudur Management Review, 2(2), 87–111.

Rifai, B., Mitariani, N. W. E., & Imbayani, I. G. A. (2020). Pengaruh persepsi harga, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian kartu perdana internet di Gallery Smartfren Denpasar. Emas Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 31–42.

Sari, N. (2024). Analisis pengaruh harga, lokasi, dan fasilitas terhadap keputusan pembelian di perumahan Syariah Ahmad Dahlan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam dan General, 3(01), 311–321.

Sugiyono. (2019). Metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Surachman. (2020). The influence of brand image and brand love on customer loyalty mediated by customer engagement: Study on consumers of Wardah cosmetics. MEC-J (Management and Economics Journal).

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa: Prinsip, penerapan, dan penelitian. Andi Offset.

Yudistira, Y. (2022). Pengaruh brand image, harga, dan word of mouth terhadap keputusan pembelian smartphone merek Oppo di Lumajang. Jombang: Journal of Organization and Business Management, 5(2), 125–131.

Yuliana, S. (2023). Pengaruh digital marketing dan harga terhadap keputusan pembelian di Kota Palembang. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4).

Yusuf, A. (2021). The influence of product innovation and brand image on customer purchase decision on Oppo smartphone products in South Tangerang City. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 2(1), 472–481.

Zailani, A., Sumarwan, M., & Najib, N. (2020). The influence of marketing mix on brand image, motivation, and students' decision to choose graduate studies of IPB University. Journal of Consumer Sciences, 5(1), 1–15.

Downloads

Published

2025-01-27

How to Cite

Dewi, N. K. L., Anggraini, N. P. N., & Jodi, I. W. G. A. S. (2025). PENGARUH DIGITAL MARKETING, PERSEPSI HARGA DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN VILLA PADA PT. LUXE PROPERTI INTERNASIONAL. EMAS, 6(1), 80–92. https://doi.org/10.36733/emas.v6i1.11268

Issue

Section

Articles