PENGARUH CITRA TOKO, PERSEPSI HARGA DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. BANGUNAN EKSPRES INDONESIA DI TABANAN

Authors

  • Ni Komang Juliantari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Citra Toko, Persepsi Harga, Keragaman Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

ABSTRAK

Perkembangan usaha dagang belakangan ini mengalami kemajuan yang cukup pesat. Begitu pula halnya dengan PT. Bangunan Ekspress Indonesia di Tabanan mengharapkan dengan adanya strategi pemasaran konsumen mau mencoba memakai produk tersebut dan mendorong konsumen yang sudah ada agar membeli produk lebih sering lagi sehingga akan terjadi pembelian ulang dan volume penjualan produk suatu perusahaan akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra toko, persepsi harga dan keragaman produk terhadap keputusan pembelian pada PT. Bangunan Ekspres Indonesia di Tabanan.

Sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 93 orang konsumen yang ditentukan dengan metode pusposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda untuk menjawab rumusan masalah dengan bantuan program SPSS 27.0 for windows.

Hasil pengujian terhadap hipotesis, menunjukkan bahwa variabel : 1) Citra toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT. Bangunan Ekspress Indonesia di Tabanan, 2)Persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT. Bangunan Ekspress Indonesia di Tabanan, 3) Keragaman produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT. Bangunan Ekspress Indonesia di Tabanan.

References

Adinata, Kenny Jaya dan Yasa, Ni Nyoman Kerti. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, Dan Sikap Terhadap Niat Beli Kembali Di Situs Lazada. Jurnal Manajemen Universitas Udayana, Vol.7 No. 8.

Aptaguna, A. dan Pitaloka, E. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. Journal of Pembangunan Jaya University, Vol.3.

Armstrong, Gary. (2017). Prinsip-Prinsip Manajemen. Edisi 14, Jakarta: Erlangga.

Dewi, Liliana dan Wihan Sindarko (2018), Pengaruh Keragaman Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen La Cherie. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT), Volume 9 Nomor 2, November 2018

Febriana, Eka Kiki, Yulianeu, Cicik Harini, dan Moh. Mukeri Warso. (2015), Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Produk Dan Lokasi Penjualan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Warung Makan Bu Sur). JurnalManajemen Universitas Pandanaran Semarang

Hidayatulloh(2017). Pengaruh Citra Toko Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Private Label Brand “Pasti” Minimarket Alfamart (Survei Pada Konsumen Alfamart Dago di Kota Bandung).Jurnal Ilmu Manajemen Vol.4 No. 2.

Kotler, (2018). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2, Edisi 13, Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & G. Amstrong. (2017). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1. (Terjemahan Bob Sabran). Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga. (Edisi asli diterbitkan tahun 2018 oleh Pearson Education Inc. Pearson Prentice Hall).

Kotler, Philip dan K. L. Keller. (2017). Marketing Management, Thirteenth Edition. Jakarta: Erlangga.

Lupiyaodi, Rambat. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jakarta: Salemba Empat.

Machfoedz, Mahmud. (2018). Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta: Andi

Mitariani, N.W.E., & Imbayani, I.G.A, (2020), Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Internet di Gallery Smartfren Denpasar, E-Journal Unmas Denpasar

Nurlistiyo, Muhammad Miftah. (2016) Pengaruh Citra Toko Suasana Toko Dan Pertunjukan Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mirota Batik Yogyakarta.Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Nusarika, L.A. dan Purnami, N.M. (2015) dengan judul Pengaruh Persepsi Harga, Kepercayaan, Dan Orientasi Belanja Terhadap Niat Beli Secara Online (Studi pada Produk Fashion Online di Kota Denpasar). Jurnal Manajemen Universitas Udayana, Vol.4 No. 8

Putra, I Kadek Dicki dan Ardana, I Gusti Agung Ketut (2018), Peran Citra Toko Dalam Memediasi Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Manajemen Universitas Udayana, Vol.7 No. 5.

Putri, Yunida Tria, (2015), Pengaruh Keragaman Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada McDonald’s Kedaton di Bandar Lampung, Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lampung

Sari, Novita dan Selfi Setiyowati (2017), Pengaruh Keragaman Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di PB Swalayan Metro, Jurnal Manajemen Magister, Vol 03. No.02, Juli 2017

Stanton, William J. (2018). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Suarjana, I Kadek dan Suprapti, Ni Wayan Sri. (2018) Pengaruh Persepsi Harga, Pengetahuan Produk, dan Citra Perusahaan Terhadap Niat Beli Layanan Multi Servis Merek Indihome. Jurnal Manajemen Universitas Udayana, Vol.7 No. 4.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy, (2018). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offiset

Tobing, Fitri Morina dan Dionisius Sihombing (2016), Pengaruh Lokasi, Keragaman Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Carrefour Citra Garden Medan), Jurnal PLANS Penelitian Ilmu Manajemen & Bisnis ISSN: 1978-7057 E-ISSN: 2527-306X

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles