PENGARUH KELOMPOK REFERENSI, KELENGKAPAN PRODUK, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO FTS VAPOR STORE DALUNG
DOI:
https://doi.org/10.36733/emas.v6i4.6680Keywords:
kelompok referensi, kelengkapan produk, persepsi harga, keputusan pembelianAbstract
Ketika melakukan pembelian, pelanggan mengidentifikasi masalah, meneliti merek atau produk tertentu, kemudian mengevaluasi manfaat dari setiap alternatif. Pilihan pembelian konsumen di era globalisasi dipengaruhi oleh berbagai elemen, seperti persepsi harga, kelengkapan produk, dan kelompok referensi. Salah satu retailer yang menawarkan berbagai perlengkapan produk vape adalah FTS Vapor Store Dalung. Saingan baru telah muncul, dan peritel FTS Vapor Dalung mengalami penurunan target penjualan. Pada toko FTS Vapor di Dalung, penelitian ini mencoba untuk mengevaluasi dan mengumpulkan bukti empiris dari dampak kelompok referensi, kelengkapan produk, dan persepsi harga terhadap pilihan pembelian. Partisipan dalam studi ini ialah pelanggan yang melaksanakan pembelian di toko FTS Vapor Dalung pada tahun 2024. Sebanyak 105 partisipan dipilih sebagai sampelnya studi dengan memakai pendekatan non-probability sampling. Regresi linier berganda adalah metodologi analisa data yang dipakai. Kelengkapan produk berpengaruhnya positif dan signifikan pada keputusan membeli di toko FTS Vapor Dalung, persepsi harga berpengaruhnya positif signifikan pada keputusan membeli di toko FTS Vapor Dalung, dan variabel kelompok referensi berpengaruhnya positif signifikan pada keputusan membeli.
References
Adabi, N. (2020). Pengaruh citra merek, kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian indihome di witel telkom depok. Jurnal Manajemen, 12(1), 32–39.
Agustin, N., & Amron, A. (2022). Pengaruh influencer marketing dan persepsi harga terhadap minat beli skincare pada Tiktok Shop. Kinerja, 5(01), 49–61.
Ajzen, I. (1985). From intentions to actions: A theory of planned behavior. In J. Kuhl & J. Beckman (Eds.), Action-control: From cognition to behavior (pp. 11–39). Springer.
Amsl, S., Watson, I., Teller, C., & Wood, S. (2023). Presenting products on websites–the importance of information quality criteria for online shoppers. International Journal of Retail & Distribution Management, 51(9/10), 1213–1238.
Dalziel, R. C., & De Klerk, N. (2021). Media and group influence on Generation Y consumers’ attitudes towards beauty products. Spanish Journal of Marketing-ESIC, 25(1), 115–136.
Darsana, I. M., Rahmadani, S., Salijah, E., Akbar, A. Y., Bahri, K. N., Amir, N. H., ... & Nugroho, A. (2023). Strategi pemasaran. CV. Intelektual Manifes Media.
Dewi, N. M. P., Imbayani, I. G. A., & Ribek, P. K. (2021). Pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian yang dimediasi e-word of mouth pada Givanda Store Denpasar. Emas, 2(2).
Dinata, M. S., & Khasanah, I. (2022). Pengaruh persepsi harga, persepsi kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen Eden International Daily Food, Semarang. Diponegoro Journal of Management, 11(2).
Dominique-Ferreira, S., & Antunes, C. (2020). Estimating the price range and the effect of price bundling strategies: An application to the hotel sector. European Journal of Management and Business Economics, 29(2), 166–181.
Firmansyah, F., & Jarror, A. (2021). Pengaruh citra merek dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian smartphone Vivo. Jurnal Manajerial, 8(03), 247–263.
Khaira, N., Saputra, F., & Syarief, F. (2022). Pengaruh persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Kafe Sudut Halaman. Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis, 2(3), 24–30.
Maharaja, R., Purba, M. L., & Ginting, R. M. (2022). Pengaruh harga dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian pada Toko Bangunan Johor Mas Medan. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu (TEKESNOS), 4(2), 400–410.
Marbun, M. B., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh promosi, kualitas pelayanan dan keputusan pembelian terhadap pembelian ulang (Literature review manajemen pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 716–727.
Rahadhini, M., Pramono, H., & Susanti, R. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, kelengkapan produk, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 21(3).
Rakhmawati, I. Y., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh citra merek dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian produk shake herbalife. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JTPN), 9(2), 1244–1250.
Rianto, S., Simanjorang, E. F., & Fitria, E. (2021). Analysis of the influence of brand image, reference group, location on purchases at Warkop On Mada Rantauprapat. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 279–285.
Salerno-Kochan, R., & Turek, P. (2021). Consumer perception vs sensory assessment of the quality of clothes of selected brands available on the Polish market. Journal of Fashion Marketing and Management: An International Journal, 25(4), 682–696.
Wibowo, M. A., Pramutoko, B., & Evasari, A. D. (2023). Pengaruh kelengkapan produk, kualitas pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian di Swalayan Permai Baru Brenggolo. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 1(10), 30–40.
Winasis, C. L. R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(4), 399-410
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 I Nyoman Adi Triyana Prayoga, I Gusti Ayu Imbayani, Made Surya Prayoga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.