PENGARUH CITRA MEREK, PRESPSI HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU OLAHRGA MEREK SPECS DI DENPASAR

Authors

  • Fransiska Rila Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

citra merek, presepsi harga, kualitas produk, keputusan pembelian

Abstract

ABSTRAK

Kebutuhan akan perlengkapan alat-alat olahraga saat ini semakin mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan semakin tingginya kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Dalam pelaksanaannya, setiap kegiatan olahraga memerlukan fasilitas-fasilitas yang memadai untuk bisa dilakukan secara maksimal dan tentu dengan penyediaan alat-alat olahraga yang beragam.Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh citra merek, peresepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepatu olahrga merek specs di Denpasar. Populasipenelitian adalah pelanggan Toko Agung yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Penentuan jumlah sampel untuk jenis purposive sampling dalampenelitian inisebanyak 97 responden yang ditentukan berdasarkan rumus Moe. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linear berganda.Hasilpenelitianmenunjukkan bahwa citra merek, presepsi harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu olahraga merek specs di Toko Agung.

References

Ajzen,I.,&Fishbein,M.(1975).Belief,Attitude,Intention,and Behavior: An Introducation to Theory and Researcs. Reading,MA:Addision-Wesley

Al Fajri, F., Parlyna, R., & Fidhyallah, N. F. (2021). Keputusan Pembelian Produk Sepatu Lokal: Peran dari Harga dan Produk. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan-JBMK, 2(1), 17-30.

Amillia,S.(2017). Pengaruh Citra Merek,Harga,dan Kualitas Produk Terhadap Keputusa Pembelian Handpone Merek Xiomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan,6(1) ,660-669.

Astuti, R., & Abdullah, I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Usaha Mikro Kecil Menengah. Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 5(2), 14–23.

Fatmawati,N. ,& Soliha,E. (2017). Kualitas Produk,Citra Merek dan Presepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda”. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan / Jurnal of Theory and Applied Management, 10 (1) ,1-20.

Irzaldi, Yazid, Hidaya, & Wahyu. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Apotek K-24 Jl. Gadjah Mada Yogyakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 9, No. 1, 305-314.

Ismayanti, N. M. A., & Santika, I. W. (2017). Pengaruh celebrity endorser, brand image, kualitas produk terhadap niat beli sepatu olahraga nike di kota denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(10), 5720-5747.

Kotler,Philip, &Kevin Lane Keller (2016).Manajemen Pemasaran edis12 Jilid 1&2. Jakarta: PT.Indeks

Kotler, Philip & Lane Keller, Kevin. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Pearson Education

Krisdayanto, I., Haryono, A.T., & Gagah, E. 2018. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen di I Cafe Lina Putra Net Bandungan. Journal of Management Vol. 4 No. 4.

Kurniawan, F. Y., & Sari, D. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kepercayaan Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Perusahaan Konveksi Inglorious Industries Di Kota Bandung. e-Proceeding of Management : Vol.4, No.1, ISSN : 2355-9357, 735-744.

Pangestika, N., Ato’illah, M., & Jariah, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Nike Di Lumajang. Jobman: Journal of Organization and Bussines Management, 4(1), 156-164.

Prabowo, R.E. , Indriyaningrum, K. , & Setyani,A.D(2020). Pengaruh Citra Merek,Prespsi Harga,dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olah Raga Merek Adidas (Studi Di kota Semarang).Solusi18(4).

Putra, R., Suharyono, S., & Yulianto, E. (2017). Pengaruh Citra Merek Internasional (International Brand Image) Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pembeli Sepatu Nike Running di Mall Olympic Garden Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 43(1), 44-49.

Qonita, A. (2018). Analisis Pengaruh Iklan, Celebrity Endorser, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Wardah Kosmetik (Survei Pada Calon Konsumen Wardah Kosmetik Complek Pondok Pesantren Mulungan Wetan, Mlati, Sleman, DIY). Jurnal Ekobis Dewantara, 1(8).

Rachman, D. A., & Suryoko, S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Rumah Makan Wajan Mas Kudus). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(4), 136-143.

Samad, A., & Wibowo, I. (2016). Pengaruh Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Specs di Kota Bekasi. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 4(3), 1-9.

Saputra, F. C. (2021). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk Terhadap keputusan pembelian Sepatu geoff max (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Septiawan, M. S. D., Mansur, M., & Khalikussabir, K. (2022). Pengaruh Strategi Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Bekas Di Kabupaten Jember. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 11(04).

Setyarko, Y. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Layanan dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 5(2), 128–147.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitating,dan R&D, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Suwastiari,N.L.P., Anggraini, N.P.N., & Jodi, I.W.G.A.S. 2021. Pengaruh Green Marekting,KualitasProduk, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks Coffe Di Denpasar. EMAS.

Wadi, M.H. Fadhilah, M & Hutami, L.T.H (2021). Analisis Pengaruh Citra Merek,Kepercayaan merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Specs (Studi Kasus pada Konsumen Sepatu Specs Di Kota Lombok Timur). J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains) , 6 (1) ,172-181

Yazid, I., & Hidayat, W. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Apotek K-24 Jl. Gadjah Mada Yogyakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 305-314.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles