PENGARUH REWARD, DISIPLIN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. RAJAWALI ASIA BALI

Authors

  • I Putu Agus Mardika Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Dwi Widyani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Dewa Made Arik Permana Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Reward, Disiplin Kerja, Stres Kerja

Abstract

Rajawali Asia Bali menerapkan sistem yang beriorientasi pada target, sehingga karyawan dituntut aktif guna memenangkan pasar. Sistem reward yang adil dan menjamin seluruh kesejahteraan tenaga kerja merupakan cara yang harus dipertimbangkan dan dilakukan oleh perusahaan. tidak tercapainya target penjualan, kurangnya apresiasi yang diberikan perusahaan terhadap karyawan untuk mengisi jabatan yang kosong tanpa mencoba memberi kesempatan promosi naik jabatan untuk karyawan, kurang disiplin waktu dalam bekerja dan target yang berlebih membuat karyawan stres tanpa mempertimbangkan berbagai faktor Berdasarkan latar belakang tersebut maka penulis mengangkat judul penelitian Pengaruh Reward, Disiplin Kerja dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PT. Rajawali Asia Bali. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 106 orang karyawan, dengan Teknik sampling jenuh di mana semua karyawan dijadikan sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, analisis determinasi berganda, uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukkan bahwa menemukan pengaruh positif yang signifikan antara reward dan kinerja karyawan, pengaruh positif yang signifikan antara disiplin kerja dan kinerja karyawan serta pengaruh negatif yang signifikan antara stres kerja dan kinerja karyawan.

References

Kawulur, T. K., Areros, W. A., & Pio, R. J. 2018. Pengaruh Reward and Punishment Terhadap Loyalitas Karyawan di PT. Columbia Perdana Cabang Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(002).

Kusjono, dkk. 2019. Pengaruh Motivasi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Sumber Tenaga Lestari (City Light Apartement) Tangerang Selatan. JENIUS (Jurnal ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia).

Lingga, M. A. 2019. SDM Unggul Mampu Dongkrak Daya Saing Nasional. https://money.kompas.com/read/2 019/07/22/150640726/sdm-

unggul- mampu-dongkrak-daya- saing-nasional. Diakses pada tanggal 19 September 2023.

Maarif, M.S., & Kartika, L. 2021. Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia: Implementasi Menuju Organisasi Berkelanjutan. Bogor: Ipb Press.

Malik, P. 2019. The Essential Human Resources Problem To Be Solved. https://www.forbes.com/sites/forb eshumanresourcescouncil/2019/0 9/18/th e-essential-human- resources-problem-to-be- solved/?sh=41f02f801f7b.

Diakses pada tanggal 11 September 2023.

Meilasari, Titik. 2018. Analisis Faktor Resiko Kejadian Stres Akibat Kerja Pada Pekerja Sektor Formal di Kota Semarang.

Onsardi, Eko Septian. 2020. Analisi Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan PT. Sandabi Indah Lestari Bengkulu Utara.

Sanaputra, I. Dewa Made, dkk. 2021. "Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Unit Ground Support Equitment (GSE) PT Gapura Angkasa Cabang Denpasar." VALUES 2.3.

Setiawan, suparmi & vicky. 2019. Reward Dan Punishment Sebagai Pemicu Kinerja Karyawan Pada PT. Dunia Setia Sandang Asli Iv Ungaran. Jurnal Ilmiah Untag Semarang, 8 No.(1), 51–61.

Setiawati, Novita Wahyu, dkk. 2018. Stress Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. Jurnal riset manajemen dan bisnis (JRNB) falkutas ekonomi UNIAT. VOL.3, No.3 Hal 405-412.

Sri Winda, Herman Sjahruddin & Susenohadi Purnomo. 2018. Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. BPR Hasamitra Makasar.

Downloads

Published

2024-06-25

Issue

Section

Articles