PENGARUH PENGALAMAN KERJA, KONFLIK KERJA, DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN BEINGSATTVAA VILA UBUD

Authors

  • Ni Kadek Wirastini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Dwi Puspitawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Gede Putu Purnawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Pengalaman Kerja, Konflik Kerja, Stres Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh pengalaman kerja, konflik kerja, dan stres kerja terhadap kinerja karyawan. Persaingan dalam dunia kerja yang semakin meningkat memicu perusahaan untuk terus meningkatkan kinerja karyawannya. Kinerja yang tinggi merupakan salah satu keunggulan kompetitif perusahaan. salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan adalah pengalaman kerja. Pengalaman kerja yang dimiliki oleh karyawan akan menentukan pekerjaan dan jabatan yang akan diterima. Semakin banyak pengalaman yang diperoleh akan semakin cakap dia dalam melaksanakan pekerjaannya. Faktor lainnya yang mempengarubhi kinerja adalah konflik kerja. Konflik yang terjadi dalam suatu organisasi secara umum akan memberikan pengaruh terhadap suasana kerja khususnya kinerja karyawan. Faktor lainnya yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan adalah stress kerja. Karyawan yang tidak dapat mengelola stres kerja dengan baik akan sulit menerapkan prinsip efektif dan efisien dalam bekerja. Pada tahap yang semakin parah, stres dapat melemahkan fisik maupun psikis karyawan Penelitian ini dilakukan pada Beingsattvaa Vila Ubud yang berlokasi di Jalan Raya Kepitu, Br. Kepitu, Kenderan, Tegallalang, Gianyar.

Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan pada Beingsattvaa Vila Ubud yang berjumlah sebanyak 32 orang. Metode yang digunakan dalam penentuan sampel adalah metode sensus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengalaman kerja berpnegaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Konflik kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Serta stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.

References

Anwari, M. R., Sunuharyo, B. S., & Ruhana, I. 2018. Pengaruh Konflik Kerja dan Stres Kerja Terhadap Karyawan PT Telkomsel Branch Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.41, No.1, hal.1–10.

Bahari, I. G. A., Sapta, I. K. S., & Rihayana, I. G. 2022. Pengaruh Penempatan Kerja, Komunikasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Kuta. EMAS, Vol.3, No.1, hal.55-71.

Chandra, R., dan Adriansyah D. 2017. Pengaruh Beban Kerja dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Mega Auto Central Finance Cabang di Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol.6, No.1, pp. 670- 678,

Efendi, S., & Winenriandhika, O. 2021. Pengaruh Rekrutmen, Pelatihan dan Pengalaman Kerja Terhadap Kepuasan Kerja dan Dampaknya Pada kinerja Karyawan di PT. Marketamaindah.AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, Vol.3, No.1, hal.99- 110.

Hasibuan, M. S. P. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara Indriati, I. H., & Nazhifi, H. A. 2022. Pengaruh Pengalaman Kerja, Disiplin Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Swakelola Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak Yogyakarta. Jurnal Cafetaria, Vol.3, No.1, hal.14- 23.

Inswandaniar, F., Utami, W., dan Nusbantoro, A. D. 2018. Pengaruh Etika, Stres Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Antraxz Clothing Garment. Artikel Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi,Universitas Jember UNEJ),

Kotur, B. R. dan Anbazhagan, S. 2018. Education and Work-Experience

-Influence on the Performance. IOSR Journal of Business and Management (IOSRJBM). Vol.16, No.5.

Lestari, W. M., Liana, L., & Aquinia, A. 2020. Pengaruh Stres Kerja, Konflik Kerja dan Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, Vol.27, No.2, hal.100-110.

Mangkuprawira, S., dan Hubeis, A.V. 2017. Manajemen Mutu Sumber Daya

Manusia. Ghalia Indonesia, Bogor. Olusegun, A. J., Oluwasayo, A. J. dan

Olawoyim, O. 2017. An Overview of The Effects of Job Stress on Employees Performance in Nigeria Tertiary Hospitals. Journal of Економика. Vol. 60, No. 4.

Pitriyani, P., & Halim, A. 2020. Pengaruh Pengalaman Kerja, Latar Belakang Pendidikan dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Pegadaian Persero Cabang Rantauprapat. Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA), Vol.1, No.1, hal.60-68.

Pua, B. M., Lengkong, V. P. K., dan Woran, D. 2017. Pengaruh PengalamanKerjaDan Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Air Manado. Jurnal EMBA, Vol.5, No. 2, hal.2761-2770,

Puspitasari, A., Adjie, S., & Chamidah,

S. 2020. Pengaruh Konflik Kerja, Stres Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Maju Hardware Madiun. ASSET: Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol.1, No.1.

Puspitawati, N. M. D., & Atmaja, N. P.

C. D. 2020. Pengaruh Kompensasi terhadap Stres kerja dan Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian Dan Penerapan Ipteks, Vol.9, No.2.

Putra, A. M. A., Landra, N., & Puspitawati, N. M. D. 2022. Pengaruh Stres Kerja, Lingkungan Kerja Fisik, Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Cv. Bali Image Collection Di Batubulan, Gianyar. Values, Vol.3, No.2, hal540-551.

Putra, Eka. 2020. "Pengaruh Konflik Kerja dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada CV. Apotik Keluarga Pekanbaru."

Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review Vol.11, No.3, hal.268-277.

Putra, K. R. A., Landra, N., & Puspitawati, N. M. D. 2022. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karayawan Pada Lpd Se-Kecamatan Tabanan. EMAS, Vol.3, No.9, hal. 126-137.

Prawaninda, N. K. C., Suarjana, I. W., & Putra, B. N. K. 2022. Pengaruh Kompensasi Dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Bersama Samsat Karangasem. VALUES, Vol.3, No.1, ha.168-175.

Rahmawati, N. H. 2018. Pengaruh Kompensasi Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 5, No. 4, hal. 1-15

Ratulangi, R. S., dan Soegoto, A. S. 2018. Pengaruh Pengalaman Kerja, Kompetensi, Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Pt. Hasjrat Abadi Tendean Manado). Jurnal EMBA. Vol.4, No.4, hal.322- 334,

Roring, M. Y., Soegoto, A. S. dan Dotulong L. 2017. Stres Kerja dan Lingkungan Kerja Pengaruhnya Terhadap Prestasi Pegawai pada Biro Umum Setda Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA. Vol. 2, No. 3.

Saad, R. 2020. Pengaruh Stres Kerja dan Konflik Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PERUMDA PAM Tirta Mangkaluku Kota Palopo (Doctoral dissertation,

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALOPO). Vol. 3, No. 4, hal. 1-

Siahaan, E., N., Zirman dan Azhar A.

A. 2018. Pengaruh Pengalaman Kerja, Stres Kerja, Kompensasi Finansial, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pemeriksa Pajak (Studi Empiris Pada Pemeriksa Pajak Di Kpp Madya Pekanbaru Dan Kpp Madya Batam). Jom FEKON, Vol. 2, No. 2, hal 1-16,

Sugiyono 2017. Metode Penelitian PendidikanPendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Syukur. 2017. Metode Penelitian dan Penyajian data Pendidikan. Medya Wiyata, Semarang.

Utama, A. M. 2019. Tinjauan terhadap Kualitas Kerja Karyawan Berdasarkan Pengalaman Kerja dan Motivasi pada PT. Latexindo Toba Perkasa Kabupaten Deli Serdang. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), Vol.2, No.2, hal.279-293.

Wakhyuni, E. 2019. Analisis kemampuan, komunikasi dan konflik kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Mitha Sarana Niaga. JUMANT, Vol.11, No.1, hal.271-278.

Veithzal, R. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles