PENGARUH KEPEMIMPINAN, STRES KERJA DAN KONFLIK KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN CV. MURTA DI DESA SINGAPADU, GIANYAR

Authors

  • I Kadek Oki Adi Saputra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Mendra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Gede Putu Purnawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kepemimpinan, Stres Kerja, Konflik Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Permasalahan kinerja karyawan diketahui pada indikator kuantitas kerja, di mana terjadi penurunan kinerja karyawan berdasarkan data target dan realisasi pendapatan perusahaan pada tahun 2020. Permasalahan yang terkait dengan kepemimpinan yakni, pemimpin yang dinilai terlaku kaku dalam berkomunikasi sehingga sulit dipahami karyawan. Permasalahan terkait stres kerja diketahui adanya hubungan yang kurang baik antara sesama karyawan yang menimbulkan tekanan dalam bekerja terhadap karyawan. Permasalahan terkait konflik kerja diketahui terjadinya kesalahan komunikasi yang memicu ketegangan antara karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, stres kerja dan konflik kerja terhadap kinerja karyawan pada perusahaan CV. Murta di desa Singapadu, Gianyar. Penelitian ini dilakukan di CV. Murta di desa Singapadu, Gianyar dengan menggunakan sampel dan populasi sebanyak 37 orang karyawan CV. Murta. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode sampling jenuh atau metode sensus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan program SPSS version 23.0 for Window. Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan kepemimpinan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada perusahaan CV. Murta. Stres kerja secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada perusahaan CV. Murta. Konflik kerja secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada perusahaan CV. Murta.

References

Afandi. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Amalia. 2017. Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, Vol 3, No.2, pp. 74-83.

Astianto. 2014. Pengaruh Stres Kerja dan Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan PDAM Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol 3, No.7, pp. 1-17.

Busro. 2018. Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia Group.

Desseler. 2015. Manajemen sumber Daya Manusia. Edisi 14. Salemba Empat: Jakarta.

Dharmanegara. 2010. Penganggaran Perusahaan: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Eka. 2020. Pengaruh Konflik Kerja dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Apotik Keluarga Pekanbaru." Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review Vol 11, No.3, pp. 268-277.

Elvino. 2017. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fahmi. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta

Ferdian. 2017. Pengaruh Konflik Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Soekarno Hatta Malang). Jurnal Administrasi Bisnis Vol 47, No.1, pp. 172-180.

Ghozali. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali. 2017. Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos 24. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Halim. 2019. Pengaruh konflik kerja dan stres kerja terhadap kinerja pegawai pada kantor Kecamatan Siantar Simalungun. Maker: Jurnal Manajemen, Vol 5, No.1, pp. 117-129.

Hamali. 2018. Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Buku Seru

Hasibuan. 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta:Bumi Aksara.

Idris. 2018. Pengaruh Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Central Capital Futures Cabang Malang. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, Vol 12, No.1, pp. 17-22.

Julvia. 2016. Pengaruh Stres Kerja Dan Konflik Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, VOL 16, NO.1, Januari – Juni.

Kaltum. 2019. Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan. Universitas Padjajaran. Jurnal Perwira, 2.

Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Locke. 1968. Toward A Theory of Task Motivation and Incentives. Organizational Behavior and Human Performance. pp: 68-106.

Lunenburg. 2011. Self-Efficacy in the Workplace: Implications for Motivation and Performance. Sam Houstan State University. International Journal of Management, Business, and Administration. Vol. 14. Number 1, 2011.

Luthans. 2015. Psychological capital and beyond. Oxford University Press.

Luthfi. 2020. Pengaruh Konflik Kerja dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Kawasan Industri Meubel Bukir Kota Pasuruan. Disertasi, STIE Malangkucecwara.

Marjaya. 2019. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai Maneggio. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Vol 2, No.1, pp. 129-147.

Marpaung. 2014. Pengaruh kepemimpinan dan Team work Terhadap kinerja karyawan Di koperasi sekjen kemdikbud senayan jakarta. Jurnal Ilmiah Widya Vol 2, No.1, pp. 33-40.

Masram. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo. Zifatama Publiser.

Morton. 2006. The Handbook of Conflict Resolution: Theory and Practice, 2nd edition. USA: Jossey-Bass, A Wiley Imprint.

Pratami. 2014. Pengaruh Konflik Kerja Dan Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai (Studikasus Pada Pd. Pasar Jaya). BS thesis. Fak. Ekonomi dan Bisnis Uin Jakarta.

Prayudi. 2014. Analisis Pengaruh Kepemimpinan dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Jawa Tengah. Doctoral dissertation. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Ratnasari 2019. Pengaruh Konflik Kerja, Stres Kerja, Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Mutiara Hutama Sukses. Jurnal bening Program Studi Magister Manajemen Volume 5 No. 2

Ratnasari. 2020. Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Dimensi, Vol 9, No.3, pp. 505-515.

Robbins. 2016. Perilaku Organisasi (alih bahasa Drs. Benjamin Molan), Edisi Bahasa Indonesia, Klaten: PT. Intan Sejati.

Siagian. 2017. Analisis Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening Di Kantor Pemerintahan Kecamatan Lubuk Baja Batam. Jurnal Akbar Juara, Vol. 2, No. 3.

Simamora. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Gramedia: Jakarta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susila. 2018. Pengaruh stres kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada bagian tenaga penjualan UD Surya Raditya Negara. BISMA: jurnal manajemen, Vol 4, No.2, pp. 154-161.

Sutrisno. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia: Prenadamedia Group.

Suwatno. 2019. Pemimpin dan kepemimpinan dalam organisasi publik dan bisnis. Jakarta: Bumi Aksara

Talahatu. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Kimia Farma Trading dan Distribution Cabang Ambon. Citra Ekonomika. Jurnal Ekonomi, Vol 9, No.1, pp. 11-22.

Taroreh. 2019. Pengaruh Stres Kerja, Beban Kerja, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. FIF Group Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol 7, No 3.

Telagawathi. 2020. Pengaruh Stres Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. BPR Sedana Murni. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 2, No 1, pp. 50-60.

Wahyu. 2012. Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Daya Anugerah Semesta Semarang. Diss. Universitas Negeri Semarang.

Wahyudi. 2017. Manajemen Konflik dan Stres dalam Organisasi Pedoman Praktis bagi Pemimpin Visioner (H. Akdon Ed.). Bandung: Alfabeta

Wala. 2017. Pengaruh Stres Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Manado." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. Vol5, No.3.

Walangitan. 2017. Pengaruh Konflik Kerja dan Tanggungjawab Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank Papua Pusat Jayapura Kota Provinsi Papua. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 5, No.3.

Wibawa. 2016. Pengaruh Stres Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank BPD Bali Cabang UBUD. Diss. Udayana University.

Yudra, F. O., Fikri, F., dan Hidayat, A. 2018. Hubungan Antara Religiusitas Dengan Stres Kerja pada Anggota Brimob Polda

Riau. An-Nafs, Vol 12, No1, pp. 12-21.

Yapentra, A., dan Weni, R. 2016. Pengaruh Konflik Kerja dan Stress Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pertambangan dan Energi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti Riau. Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, Vol 7, No.2, pp. 138-150.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles