PENGARUH BEBAN KERJA, STRES KERJA, DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA D’TUKAD ADVENTURE CLUB BALI

Authors

  • I Kadek Ary Sedana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Ketut Setia Sapta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Rihayana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Beban Kerja, Stres Kerja, Komunikasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Untuk mendapatkan karyawan yang berperilaku baik terhadap perusahaan manajemen perusahaan harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan, diantaranya adalah beban kerja, stres kerja dan komunikasi. Demikian juga meningkatkan kinerjanya telah memperhatikan ketiga variabel tersebut.

 Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali pengaruh beban kerja, stres kerja dan komunikasi terhadap kinerja karyawan D’ Tukad Adventure Club Bali. Sampel dalam penelitian ini pada D’ Tukad Adventure Club Bali yaitu sebanyak 35 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS.

Hasil analisis data menunjukan beban kerja dan stres kerja berpengaruh negative dan signifikan terhadap kinerja karyawan D’ Tukad Adventure Club Bali sehingga apabila semakin tinggi beban kerja dan stres kerja karyawan maka kinerja karyawan akan semakin rendah begitu pula sebaliknya jika semakin rendah beban kerja dan stres kerja maka semakin tinggi kinerja karyawan. Komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan D’ Tukad Adventure Club Bali sehingga komunikasi meningkat maka kinerja karyawan akan ikut meningkat.

References

Ahmad, Yuliya, Tewal, Bernhard dan N. Taroreh Rita.2019. Pengaruh Stres Kerja, Beban Kerja, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Fif Group Manado. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi. Jurnal EMBA Vol.7 No.3 Juli 2019, Hal. 2811 – 282

Arfani1 Moh Rizal, dan Luturlean Bachruddin Saleh.2018. Pengaruh Stres Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Pt Sucofindo Cabang Bandung. Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom. e-Proceeding of Management: Vol.5, No.2 Agustus 2018

Ernayanti, Ni Made. 2020. Pengaruh Stres Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada The Laguna Resort & SPA Nusa Duan Bali. Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar.skripsi.

Fitriawati Lisa.2020. Analisis Pengaruh Komunikasi, Kepribadian Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Lembaga Penyiaran Publik Tvri Sumut Medan. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.Skripsi

Komalasari, Mike, Mulia, Faizal dan Danial, Deni Muhammad.2020. Analisis Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Cv. Kujang Marinas Utama Sukabumi. Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Journal of Economic, Business and Accounting

Katidjan Purwanto S, Pawirosumarto, Suharno, dan Albertus Isnaryadi.2017. Pengaruh Kompensasi, Pengembangan Karir Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan. Universitas Mercu Buana Jakarta.Jurnal Ilmiah Manajemen, Volume VII, No. 3, Okt 2017.

Lukito, Leonardo Hendy dan Alriani, Ida Martini.2018. Pengaruh Beban Kerja, Lingkungan Kerja, Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Sinarmas Distribusi Nusantara Semarang. STIE Dharmaputra Semaran. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi

Milan, Sang Ayu Made. 2020. Pengaruh Komunikasi, Stres Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Pt. Clandys Sejahtera Abadi Pada De Pertokoan Udayana Denpasar. Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar.skripsi.

Novianti, Kadek dan Mitariani, Ni Wayan Eka.2017. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Bakker Bakery Denpasar. Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.Skripsi.

Nisa, Indah Choirun, Rooswidjajani dan Fristin, Yuntawati.2018. Pengaruh Komunikasi Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan. Universitas Merdeka Malang. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 5 No.2, Juni 2018, p 198-203

Putro Bagus Setiawan Sutowo.2016. Pengaruh Beban Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt Budi Sehat Di Surakarta. Program Studi Strata Jurusan Ekonomi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Skripsi.

Rama, I Gede Aditya Rama.2019. Pengaruh Stres dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. INDOFOOF INDULGENCE Cabang Bali. Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar.Skripsi.

Shinta, Dessy dan Siagian Mauli.2020. Pengaruh Komunikasi, Disiplin Kerja, Dan Insentif Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Citra Mandiri Distribusindo. Prᴏgram Studi Manajemen, Universitas Putera Batam.e-Jurnal Apresiasi Ekonomi Volume 8, Nomor 2, Juli 2020: 338-346.

Ulantini, Ni Putu. 2017. Pengaruh Stres Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Mahogany Mumbul Bali. Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar.Skripsi.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles