PENGARUH EFIKASI DIRI, IKLIM ORGANISASI DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. INDAH PERMAI DEPO NEGARA

Authors

  • I Kadek Iman Yudi Prasetya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Dwi Widyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Tiksnayana Vipraprastha Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Efikasi Diri, Iklim Organisasi, Beban Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Masalah kinerja karyawan harus diatasi dengan baik karena baik buruk kinerja karyawan erat kaitannya dengan prestasi perusahaan itu sendiri. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dengan Kepala Depo PT. Indah Permai Negara, diketahui bahwa kinerja karyawan PT. Indah Permai Depo Negara masih rendah. Adapun variabel-variabel yang mempengaruhi kinerja karyawan antara lain efikasi diri, iklim organisai dan beban kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri, iklim organisasi dan beban kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Indah Permai Negara. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu menggunakan seluruh karyawan PT. Indah Permai Depo Negara yang berjumlah 56 orang. Metode analisis menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS IBM Statistic 24.0 Portable. Dari hasil analisis diperoleh hasil pengaruh efikasi diri, iklim organisasi dan beban kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Indah Permai Depo Negara adalah positif dan signifikan. Dari Hasil analisis Regresi Linier berganda diperoleh pengaruh variabel efikasi diri (X1) dan iklim organisasi (X2) terhadap variabel terikat kinerja pegawai (Y) adalah positif artinya apabila variabel efikasi diri dan iklim organisasi meningkat maka kinerja karyawan akan meningkat atau sebaliknya. Sedangkan pengaruh variabel beban kerja (X3) terhadap kinerja karyawan (Y) adalah negatif artinya apabila variabel beban kerja meningkat maka kinerja karyawan akan menurun dan sebaliknya. Dari hasil uji t di dapat bahwa efikasi diri dan iklim organisasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Ini berarti semakin tinggu efikasi diri atau iklim organisasi maka semakin tinggi kinerja yang dihasilkan. Sedangkan, beban kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Ini berarti semakin tinggi beban kerja maka semakin rendah kinerja yang dihasilkan.

 

References

A Afriani. 2020. Pengaruh Beban Kerja, Penempatan Kerja dan Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Pramuniaga PT Matahari PSX Palembang. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Tridinanti Palembang.

Anggraeni, Cicilia dan Zuhdi Iwhan. 2020. Pengaruh iklim Organisasi, Lingkungan Kerja dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Badan Keuangan Daerah Kabupaten Pasuruan. Journal Management and Business Applied Vol. 1 No. 2 STIE Yayasan Palapa Nusantara Surabaya.

Agustin, Dewani, Widyani, A.A. Dwi dan Utami, Ni Made Satya. 2020. The Efffect of Self Effcacy on Employee Performance throught Organizational Commitments as Intervening Variables in CV. Era Dua Ribu Bangli. Journal Proceeding 1st International Conference of Innovation on Science and Technology for Sustainable development (ICISTSD) 2020.

Dasrin, Furqon, Sujianto dan Heiyanto, Meyzi. 2020. Pengaruh Kepemimpinan dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Perawat dengan motivasi Sebagai variable Intervening di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik Universitas Riau.

Husnawati, Reni. 2016. Hubungan Efikasi Diri dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Staf Tenaga Kependidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tesis. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nasta, Mohammad Bastian. 2020. berjudul Pengaruh Beban Kerja dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Kuala Kapuas (Studi kasus divisi marketing). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang.

Nazila dan Yuliana. 2019. Pengaruh Beban Kerja dan Stress Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Badan Keuangan dan pembangunan Perwakilan Provinsi Aceh. Jurnal Universitas Abulyatama ISSN: 273-282.

Putri, N. K, Widyani, A.A. Dwi dan Saraswati, N. P. A. S. 2021. Pengaruhn Budaya Organsasi, Iklim Organisasi dan Burnout Terhadap Kinerja Karyawan Pada LPD Desa Adat Kerobokan. EMAS, 2(4), 133-144

Romauli, Kristina. 2020. Pengaruh Iklim Organisasi, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Sumatera Utara I. Jurnal Ekonomi Keuangan dan Kebijakan Publik Vol. 2 No. 1. Universitas Islam Sumatera Utara.

Sahabuddin, Romansyah. 2013. Analisis Efikasi Diri dan Komitmen Berwirausaha Serta Dampaknya Pada Kinerja Usaha Rumput Laut Skala Kecil di Kabupaten Janeponto. Jurnal Economix Vol. 1 No. 1, Universitas Negeri Makassar.

Saraswathi, Dini AA. Ayu Ngr., Manuati dan Piartini. 2017. Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kinerja Dengan Dukungan Operasional Sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis ISSN: 2337-3067, Universitas Udayana.

Sukaini, Mattalatta dan Akmal. 2018. Pengaruh Karakteristik Individu, Beban Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Sirkulasi Kompas Gramedia Makassar Journal of Management Vol 1, No 1.

Sutrisno. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Media Group, Jakarta

Syamsuddinnor. 2014. Pengaruh Pemberian Pemberian Insentif Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Ben Line Agencies (BLA) Banjar Masin. Jurnal Socioscientia, 6 (1), 1-44.

Utami, Avida Zulfiana Dwi. 2019. Pengaruh Kompensasi, Motivasi, Iklim Organisasi dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Bank Muamalat Yogyakarta. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis islam, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Widyani, AA. Dwi, Krisnawati dan Saraswati. Peran Motivasi Kerja Sebagai Variaabel Intervening Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Nusantara Surya Sakti Bangli. Seminar Nasional INOBALI.

Yasdianto, Irsan, Luis Marnisah dan Fakhry Zamzam. 2020. Pengaruh Etos Kerja, Motivasi dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Departemen Asset & Office Management PT Semen Baturaja (Persero) TBK. E-Journal Ekonomi dan Bisnis Universitas Global Mandiri.

Yuniati, Triana, Husadha dan Futriwati.2020. Pengaruh Efikasi Diri, Komitmen Profesional, Pengalaman Kerja, dan Situasi Konflik Peran Terhadap Kinerja Auditor. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Downloads

Published

2022-12-01

Issue

Section

Articles