PENGARUH KOMPENSASI FINANSIAL DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. ANUGRAH AGUNG ALAMI MENGWI BADUNG

Authors

  • Ni Putu Veren Vivianty Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nengah Sudja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Dwi Puspitawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

kinerja karyawan, kompensasi finansial, budaya kerja

Abstract

Sumber daya manusia merupakan faktor penting dalam suatu organisasi atau perusahaan. Keberhasilan suatu organisasi dipengaruhi oleh kinerja (job performance) karyawan. Salah satu hal yang dapat meningkatkan kinerja karyawan adalah dengan cara pimpinan memberikan suatu kompensasi, yaitu kompensasi finansial. Selain kompensasi finansial, budaya kerja juga dapat mempengaruhi kinerja karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kompensasi finansial dan budaya kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Anugrah Agung Alami Badung.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Anugrah Agung Alami Badung yang berjumlah 50 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode sensus yaitu mengambil seluruh karyawan PT. Anugrah Agung Alami Badung yang berjumlah 50 orang. Pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner yang menggunakan skala likert dengan skor nilai 1 sampai 5. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.

Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh pengaruh kompensasi finansial (X1) dan budaya kerja (X2) terhadap kinerja karyawan (Y) adalah positif, artinya bila variabel kompensasi finansial dan budaya kerja meningkat maka kinerja karyawan akan meningkat dan begitu sebaliknya. Hasil analisis korelasi berganda menyatakan bahwa kompensasi finansial dan budaya kerja memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap kinerja karyawan. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa kompensasi finansial (X1) dan budaya kerja (X2) berpengaruh positif dan signifikan (nyata) terhadap kinerja karyawan (Y). Berdasarkan uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa pengaruh kompensasi finansial dan budaya kerja terhadap kinerja karyawan sebesar 63,6%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambah variabel bebas atau menggunakan variabel lain yang secara teori mempunyai pengaruh terhadap kinerja karyawan, seperti promosi jabatan, beban kerja, iklim organisasi, dll.

References

Assagaf, Y. (2012). Pengaruh Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin Makassar. Thesis Universitas Hasanuddun.

Fahmi, I. (2015). Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab. Bandung: Alfabeta.

Gering, S. & Triguno. (2013). Budaya Kerja Organisasi Pemerintah. Jakarta: Gajah Mada University Press.

Giri, I. K. A. A. & Adnyani, I. D. (2016). Kepemimpinan Transformasional, Kompensasi Finansial dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan Amana Villas Seminyak. Jurnal Manajemen, 5(8), pp. 4951-4982.

Halim, R. (2017). Pengaruh Kompensasi dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan PT. Indocitra Anugerah Semesta. Skripsi Universitas Kristen Maranatha.

Hasibuan, M. S. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasibuan, M. S. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Iqbal, M. (2017). Pengaruh Budaya Kerja dan Pengawasan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus di PT Bank DKI Capem Syariah Margonda, Depok). Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 9(2), pp. 270-280.

Karsono, D. K. & Puspita, D. R. (2017). Pengaruh Budaya Kerja, Kepemimpinan, Disiplin Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. KAI DAOP 5 Purwokerto. Journal Of Public Administration, 3(1).

Mangkunegara, A. P. (2015). Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mathis & Jackson. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 9. Jakarta: Salemba Empat.

Narmodo, H. (2011). Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Pasuruan. Jurnal Sumber daya Manusia, 3(1).

Nawawi, H. (2017). Perencanaan SDM Untuk Organisasi Profit Yang Kompetitif. Yogyakarta: UGM Press.

Ndraha, T. (2012). Budaya Organisasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Putri, N. P. D. A. (2020). Pengaruh Budaya Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Qis Certi Indonesia. Skripsi Universitas Mahasaraswati.

Rivai, V. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan dari Teori ke Praktek. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Robbins, S. P. & Judge, T. A. (2008). Perilaku Organisasi. Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Sastrohadiwiryo (2015). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Supranto. (2016). Statistik Teori dan Aplikasi. Edisi 8. Jakarta: Erlangga.

Suwatno & Priansa, D. J. (2016). Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja. Edisi 5. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Wulandari, N. P. (2017). Pengaruh Kedisiplinan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Jombang. Thesis STIE PGRI Dewantara.

Yuniyati, Y. D. H. V. & Tri. (2015). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan CV Sahabat Mandiri. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 4(8).

Downloads

Published

2022-09-03

Issue

Section

Articles