PENGARUH DISIPLIN, KONFLIK KERJA, DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BALI ART SUPPLIES DENPASAR

Authors

  • Ni Putu Erik Widiastuti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Ari Novarini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Ayu Sintya Saraswati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Disiplin, Konflik Kerja, Beban Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Karyawan adalah sumber daya manusia (SDM) merupakan aset penting yang mengendalikan berhasil atau tidaknya suatu perusahaan. Setiap organisasi menginginkan dan berusaha untuk mendapatkan sumber daya manusia yang bermutu untuk bisa mencapai dan mewujudkan tujuan dari organisasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin, konflik kerja, dan beban kerja terhadap kinerja karyawan Pada PT. Bali Art Supplies Denpasar dengan total sampel berjumlah 45 karyawan. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah metode sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda melalui program SPSS versi 25. Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Bali Art Supplies Denpasar. Semakin baik disiplin kerja yang ada pada PT. Bali Art Supplies Denpasar maka semakin baik pula kinerja karyawan. Konflik kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Bali Art Supplies Denpasar. Peningkatan konflik kerja pada perusahaan akan membangkitkan semangat kerja karyawan untuk lebih baik dari karyawan lainnya dan mampu meningkatkan kinerja karyawan. Beban kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Bali Art Supplies Denpasar. Adanya intensitas pembebanan yang seimbang antara pekerjaan yang ada dengan tenaga kerja maka akan mampu meningkatkan kinerja karyawan.

References

Afandi, P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Riau: Zanafa Publishing.

Febrianti. 2017. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Guan Chong Berhad Cocoa Indonesia. Tangerang Selatan: Universitas Pamulang.

Hadi, K., & Hidayah, B. N. 2019. Pengaruh Beban Kerja, Lingkungan Kerja dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Kalimias Bintang Pratama. Jurnal Ilmiah Valid, Vol. 16 No. 2.

Hasibuan. 2013. Manajemen Sumbr Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Munandar. 2010. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: UI Pres.

Novarini, N. N. A., Anggreni, P. A. I., & Sujana, I. W. 2022. Pengaruh Beban Kerja dan Burnout Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas

Pemberdayaan Masyarakat, Desa , Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Bali. EMAS, Vol. 3 (200-2013).

Piana, D. H. 2017. Pengaruh Konflik Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang 16 IIir Palembang. Palembang: Falkutas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang.

Prasetyo, E. T., & Marlina, P. 2019. Pengaruh Disiplin Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 3(1).

Priyono, A., A. 2019. Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan CV. Kampoeng Sejahtera. Jurnal Riset Manajemen, 8 (06).

Ruliana. 2017. Pengaruh Konflik Kerja, Beban Kerja, dan Human Relations Terhadap Turnover Intention Serta Dampaknya Pada Produktifitas Kerja Karyawan Bagian Produksi PT. Cakrawan Furnindo Utama Semarang. Tesis USM.

Saraswati, N. P. A. S., Purwati, N. L. P., & Widnyani, A. A. D. 2019. Pengaruh Karakteristik Individu, Karakteristik Organisasi, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar. Jurnal Seminar Nasional Inovasi dalam Penelitian Sains,

Teknologi dan Humaniora- InoBali.

Saraswati, N. P. A. S., Widyani, A.

A. D., & Rani, A. S. 2021. Pengaruh Disiplin Kerja dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan di Mediasi oleh Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Angkasa Pura Support Bali di Kabupaten Badung. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia, Vol. 4 No. 3 (217-230).

Setiyo, H. 2021. Pengaruh Konflik, Komunikasi dan Disiplin Kerja Terhadap kinerja Karyawan PT. Global Jet Express J&T Palembang. Universitas Tridinanti.

Sheila, S. 2019. Pengaruh Beban Kerja dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. POS Indonesia. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Simamora. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: YKPN.

Sinungan. 2009. Produktivitas Apa dan Bagaimana. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudarwati. 2019. Pengaruh Disiplin Kerja dan Stres Kerja Terhdap Kinerja Karyawan Melalui Mediasi Kepuasan Kerja Pada Karyawan Indomobil Nissan- Datsun Solobaru. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(01).

Sulastri, & Onsardi. 2020. Pengaruh Stres Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan.

Journal Of Management and Bussines (JOMB), 2(1), 83-98.

Sunarso. 2010. Pengaruh Kepemimpinan, Kedisiplinan, Beban Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen SD Falkutas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta.

Syafira, N. 2017. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Suka Fajar Pekan Baru. Jurnal System Eko dan Bisnis, Vol. 8 No. 4.

Syuhada, I., & Amelia, W. R. 2021. Pengaruh Konflik dan

Semangat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Divisi Avsec Angkasa Pura. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (Jimbi), 2(2).

Wibowo. 2017. Manajemen Kinerja Edisi 5. Depok: Rajagrafindo Persada.

Yani, A., Hartony, D., & Saputra, R.

W. 2021. Pengaruh Konflik Kerja Terhadap

KinerjaPersonel Polres Barito Kuala. Jurnal Ilmu Administrasi dan Manajemen, Vol. 5 No. 3.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles