PENGARUH PENEMPATAN KERJA, KOMUNIKASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BANK RAKYAT INDONESIA CABANG KUTA

Authors

  • I Gede Aditya Bahari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Ketut Setia Sapta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Rihayana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Penempatan Kerja, Komunikasi, Kompetensi, Kinerja Karyawan

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu unsur penting dalam penggerak kemajuan sebuah organisasi. Karyawan yang mempunyai kemampuan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dapat membantu organisasi untuk terus tumbuh dan berkembang.  Kinerja karyawan menjadi peranan penting dalam suatu organisasi. Hal tersebut juga terjadi pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Kuta, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penempatan Kerja, Komunikasi dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Kuta.

Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Kuta sebanyak 70 orang, dengan menggunakan sampling jenuh yang seluruh anggota populasi digunakan sebagai responden. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa penempatan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Ini artinya semakin tepat penempatan kerja maka kinerja karyawan akan semakin baik, dan sebaliknya jika penempatan kerja kurang tepat maka akan berdampak pada penurunan kinerja karyawan. Sama halnya dengan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, ini artinya apabila komunikasi terjalin dengan baik maka kinerja karyawan akan meningkat demikian sebaliknya bilamana komunikasi kurang baik maka kinerja karyawan akan menurun dan sama halnya dengan kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, ini artinya apabila karyawan yang dimiliki oleh perusahaan berkompeten maka kinerja karyawan akan semakin baik, dan sebaliknya semakin rendah kompetensi yang dimilki oleh para karyawan maka akan berdampak pada menurunnya kinerja karyawan itu sendiri.

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2009. Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan

Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Management Analysis Journal, 1(1), 1–10.

Agung Satrio. 2019. Pengaruh Kompetensi, Kompensasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Siantar Top, TBK Sidoarjo. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Surabaya.

Ahmad Kholis. 2020. Pengaruh Penempatan Kerja, Sikap Kerja, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan BRI Syariah Kantor Cabang Semarang Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Moderating. Skripsi. Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Aldy M, Lisbeth M, & Greis M. 2018. Pengaruh Kompetensi dan Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Lembaga Penyiaran Publik TVRI Stasiun Sulawesi Utara. Jurnal EMBA Volume 6,No 4 September 2018.

Alwi M & Edi S. 2019. Pengaruh Rekrutmen,Penempatan Kerja dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT INDOTURBINE Jakarta Pusat. Jurnal Manajemen Oikonomia,Volume 15,Nomor 2 Juli 2019.

Amelia C, Victor P, & Greis M. 2016. Pengaruh Pelatihan, Keterlibatan Kerja dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. BANK SULUT GO Manado. Jurnal EMBA Volume 4,No 5 September 2016.

Ari P,Bagia W, & Suwendra W. 2016. Pengaruh Kompetensi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Pita Maha A Tjampuhan Resort and Spa. Jurnal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Volume 4,Nomor 1 Tahun 2016.

Beverly M, Victor P, & Woran J. 2017. Pengaruh Pengalaman Kerja dan Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Air Manado. Jurnal EMBA Volume 5,No 2 September 2017.

Ceswidarni, Hensy Sjafitri dan Yuni Candra. 2017. Pengaruh Kompetensi dan Kualitas Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Kecamatan Kuranji. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol.8 No.1.

Daniel O,Luis M, & Fakhry Z. 2020. Pengaruh Pendidikan,Pelatihan, dan Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Semen Baturaja (PERSERO) Tbk. Jurnal Media Wahana Ekonomika,Volume 17, Nomor 3 Oktober 2020.

Devid W,Rosalina A, & Hendra T. 2018. Pengaruh Kepribadian, Lingkungan Kerja, dan Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. BPR Prisma Dana Manado . Jurnal EMBA,Volume 6,Nomor 4 September 2018

Devi Febriyanti. 2020. Pengaruh Komunikasi Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Security Di Aeropolis. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Bisnis Universitas Buddhi Dharma Tangerang.

Dimas O. 2016. Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja Pada PT. Kawan Makmur Sejahtera Tulungagung. Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 3 ,Nomor 1 Januari 2016.

Dinie A. 2018. Pengaruh Lingkungan Kerja, Kompetensi dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Journal Of Management Volume 2,No 2, 2018.

Elizabeth S,Patricia D, & Leonardo B. 2016. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional,Kompensasi dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variable Mediasi Pada Laundry Elephant King. Jurnal Of Management Volume 2, Nomor 2 Maret 2016.

Hakim F & Hazmanan Khair. 2020. Pengaruh Komunikasi , Motivasi, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Kualanamu. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Volume 3,Nomor 1 Maret 2020.

Indra D, Gani A, & Lamo M. 2019. Pengaruh Kompetensi,Budaya Organisasi dan Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Makassar. Economic Centre Student Journal Volume 2,Nomor 3 Juli 2019.

Jonathan. 2020. Pengaruh Komunikasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Indotama Domestik Lestari. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Bisnis Universitas Buddhi Dharma Tangerang.

Joni M. 2020. Pengaruh Kompetensi ,Motivasi,Lingkungan Kerja dan Pengawasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Medan. Jurnal Magister Manajemen Volume 2,Nomor 1 Februari 2020.

Karina O,Adolfina, & Lucky O. 2017. Pengaruh Penempatan Kerja dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. BANK SULUTGO Kantor Utama Cabang Manado. Jurnal EMBA,Volume 5,Nomor 2 Juni 2017.

Mariani & Sariyathi. 2017. Pengaruh Motivasi, Komunikasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Warung Mina Peguyangan Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud Volume 6,No 7, 2017.

Novelisa P,Ivonne S, & Greis M. 2016. Pengaruh Kompetensi, Motivasi ,dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Hasjrat Abadi Tendean Manado. Jurnal EMBA Volume 4,No 4 September 2016.

Rialmi Z. 2020. Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Utama Metal Abadi. Jurnal JENIUS Volume 3,Nomor 2 Januari 2020.

Rudi S. 2018.Pengaruh Kepemimpinan , Motivasi , dan Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Balai Besar Wilayah Sungai Sumatra Palembang. Jurnal Ilmu Manajemen,Volume 7,Nomor 2 Juni 2018.

Sutarno. 2019. Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan CV Bintang Jaya Abadi. Jurnal Ilmiah Maksitek Volume 4,Nomor 2 Juni 2019.

Tantri Masytah. 2018. Pengaruh Penempatan Kerja dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Langkat Nusantara Kepong. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Yusuf A & Lisa H . 2018. Pengaruh Kompetensi dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen

Volume 2 ,Nomor 1 Tahun 2018.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles