PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BUMDA DESA ADAT KUTUH

Authors

  • Ni Made Mustyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nengah Sudja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Dwi Puspitawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Lingkungan Kerja, Stres Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Kinerja karyawan adalah hasil yang diperoleh oleh suatu organisasi baik organisasi tersebut bersifat profit oriented dan nonprofit oriented yang dihasilkan selama satu periode waktu. Kinerja karyawan dapat menurun jika kondisi disekitar tidak baik, maka ada beberapa faktor yang harus diperhatikan yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan. Faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan adalah lingkungan kerja dan stres kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan stres kerja terhadap kinerja karyawan pada BUMDA Desa Adat Kutuh. Lokasi penelitian ini dilakukan pada BUMDA Desa Adat Kutuh, yang beralamat di Jalan Pantai Pandawa No. 01, Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Objek penelitian ini adalah, lingkungan kerja, stres kerja dan kinerja karyawan pada BUMDA Desa Adat Kutuh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada BUMDA Desa Adat Kutuh, yang berjumlah 112 karyawan, dengan sampel dalam penelitian ini digunakan rumus slovin berjumlah 87,5 atau dibulatkan menjadi 88 karyawan. Hasil penelitian ini adalah Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada BUMDA Desa Adat Kutuh. Stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada BUMDA Desa Adat Kutuh.

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Alex, Nitisemito. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia, Pustaka setia, Bandung.

Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Amstrong, M dan Baron F. 2016. Manajemen Kinerja Cetakan Ketujuh, Jakarta: Erlangga.

Dewi, Cokorda Istri Ari Sintya dan I Made Artha Wibawa. 2016. Pengaruh Stres Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank BPD Bali Cabang Ubud. Journal of Economic Management. Vol. 5 No. 12.

Edy Sutrisno. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-8. Jakarta: Prenada Media Group.

Fahmi, Irham. 2016. Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep dan Kinerja. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ferawati, Apfia. 2017. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Cahaya Indo Persada, Surabaya. Agora, Journal of Business Management Students. Vol 5, No. 1.

Feri Agus Sugeng Wibowo. 2019. Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Unimos Gresik. Skripsi. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Majapahit Mojokerto.

Fernando Reinhard Tjibrata, Bode Lumanaw, Lucky O. H. Dotulong. 2017, Pengaruh Beban Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Sabar Ganda Manado, Jurnal Emba. Vol. 5, No.2, 1570–1580.

Fikri, Angga Pratama. 2020. Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada CV. Sinar Grafika). Skripsi. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Heider, Fritz. 1958. The Psychology Of Interpersonal Relations. New York: Wiley

Malayu S. P Hasibuan. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta.

Heruwanto Joni, Retno Wahyuningsih, Rasipan Rasipan, dan Ergo Nurpatria. 2020. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Nusamulti Centralestari Tangerang. Journal of Entrepreneurship Management. Vol 17, No 1.

Isvandiari, A. 2015. Pengaruh Stress Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Kususma Satria Dinasasri Wisatajaya Batu-Malang (Kusuma Agrowisata). Jurnal JIBEKA. Vol. 9 No.1 hl. 11.

Mandagie, Angel Susanti dan Yantje Uhing. 2016. Pengaruh Lingkungan Kerja, Komunikasi dan Stres Kerja terhadap Kinerja Pegawai Pada Politeknik Kesehatan Manado. Emba Journal: Economic Research Journal, Management, Business and Accounting. Je Vol.4 No.1 (2016) Hal. 131-375.

Mohyi, A. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Unit Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Nova Syafrina, Sudarmin Manik. 2018. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Syariah Mandiri. Journal Of Financial Institutions And Banking. Vol 3, No 2.

Novianto, Dwi dan Tri Yuniati. 2015. Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan kerja Terhadap Kepuasan Kerja PT Galang Kreasi Sempurna. Journal of Management Science and Research. Vol. 4 No. 6.

Rachel N. Massie, William A. Areros, Wehelmina Rumawas. 2018. Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Pengelola IT Center Manado. Business Administration Journal (Jab). Vol 6, No 002.

Riandy. 2016. Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Borneo Laboratorium Inspeksi dan Surveyor Service di Samarinda. Journal Administrasi dan Business. 4(4), 1056-1072.

Ricardianto, Prasadja. 2018. Human Capital Management. Jakarta: Media.

Robbins, P. Stephen. 2015. Perilaku Organisasi, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Ronal Donra Sihaloho dan Hotlin Siregar. 2019. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Super Setia Sagita Medan. Socio Secretum Scientific Journal. Vol 9 No 2.

Satrio, Pramanos. 2015. Pengaruh Shift Kerja dan Stres Kerja terhadap Kinerja Pramuniaga di PT Circelaka Indonesia Utama Cabang Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Manajemen-Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Saydam, Gouzali. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. (Human Resource) Suatu Pendekatan Mikro. Jakarta: Djanbatan

Sedarmayanti. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama

Bandung: Refika Aditama.

Simamora, Henry. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Stiey.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Tampi, Agustina Nola, Riane Jhonly Pio, dan Dolina Laura Tampi. 2017. Pengaruh Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Dana Raya Manado. Journal of Business Administration. Vol 5, No. 002.

Wursanto. 2016. Manajemen Kepegawaian. Cetakan 4. Yogyakarta: Kanisius.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles