PENGARUH PELATIHAN KERJA, LINGKUNGAN KERJA DAN PERMBERDAYAAN SDM TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. MASTERDATA BALI DENPASAR

Authors

  • Ni Kadek Ayu Asri Wulandari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nengah Sudja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Suryani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Pelatihan Kerja, Lingkungan Kerja, Pemberdayaan SDM, Kinerja Karyawan

Abstract

Pada sebuah organisasi, baik itu instansi pemerintah juga perusahaan harus bisa memanfaatkan semua sumber daya yang ada pada organisasi di tempat tersebut, salah satunya yaitu sumber daya manusia (SDM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan kerja, lingkungan kerja dan pemberdayaan SDM terhadap kinerja kerja karyawan PT Masterdata Bali Denpasar. Penelitian dilakukan di PT Masterdata Bali Denpasar. Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah pelatihan kerja, lingkungan kerja, pemberdayaan SDM dan kinerja kerja karyawan dengan total sampel berjumlah 32 orang karyawan. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah metode sampling jenuh dengan metode pengumpulan data yakni metode kuesioner, observasi dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda melalui program SPSS versi 26. Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa Pelatihan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan yang berarti semakin meningkat pelatihan kerja yang ada pada PT. Masterdata Bali Denpasar maka kinerja karyawan akan semakin meningkat. Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan yang berarti bahwa semakin meningkat lingkungan kerja yang ada di PT. Masterdata Bali Denpasar maka kinerja karyawan akan semakin meningkat. Pemberdayaan SDM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Masterdata Bali Denpasar yang berarti bahwa semakin meningkat pemberdayaan SDM yang ada di PT. Masterdata Bali Denpasar maka kinerja karyawan akan semakin meningkat.

References

Aditya, M. R., & Rahardja, E. 2015. Pengaruh Pelatihan dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Studi Pada PT. Primatexco Indonesia, Batang).

Diponegoro Journal of Management, Vol. 4, No. 2, Hal.

-664.

Elizar, E., & Tanjung, H. 2018. Pengaruh Pelatihan, Kompetensi, Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 46-58.

Fitriah, F., & Sudibya, I. G. A. 2015. Pengaruh Pemberdayaan Karyawan dan Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Organisasional Sekretariat Perusahaan Daerah Pasar Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No. 11,

-3507.

Hasibuan S. P. Malayu. 2011. Sumber Daya Manusia. Jakarta PT. Bumi Aksara.

Mangkunegara, A. A. P. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Randy. 2016. Pengaruh Pelatihan Kerja dan Pengembangan SDM terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Arita Prima Indonesia, Tbk di Batam. Skripsi. Akademi Akuntansi Permata Harapan Batam.

Sedarmayanti. 2013. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.

Sudaryono. 2014. Budaya & Perilaku Organisasi, Edisi Pertama. Jakarta:Lentera Ilmu Cendekia.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles