PENGARUH KONFLIK KERJA, MOTIVASI KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. BPR NUSAMBA MANGGIS

Authors

  • Ni Putu Viranitha Dewi Pertiwi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Nengah Landra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Dwi Puspitawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

konflik kerja, motivasi kerja, stress kerja, prestasi kerja

Abstract

Sumber daya manusia dalam suatu perusahaan memegang peranan penting dalam menentukan maju tidaknya suatu perusahaan dan sumber daya manusia harus mendapat perhatian lebih dari pihak perusahaan sehingga tercapainya prestasi kerja serta tujuan perusahaan. Apabila prestasi kerja karyawan kurang baik nantinya berakibat penurunan kinerja dan tidak tercapainya tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh konflik kerja, motivasi kerja dan stress kerja terhadap prestasi kerja pada PT. BPR Nusamba Manggis.

Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang karyawan PT. BPR Nusamba Manggis. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, wawancara, observasi dan kuesioner. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus/jenuh (saturated sample). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik kerja dan stress kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap prestasi kerja karyawan, sedangkan motivasi kerja berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. BPR Nusamba Manggis. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambahkan variabel selain konflik kerja, motivasi kerja dan stress kerja, karena masih ada faktor lain yang dapat mempengaruhi terhadap prestasi kerja pada PT. BPR Nusamba Manggis.

References

Mangkunegara. A. A. A. Prabu 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Bintoro dan Daryanto. 2017. Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan.Cetakan 1. Yogyakarta : Gava Media.

Hasibuan, Malayu S.P, 2015. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah,Edisi Revisi, Bumi Aksara:Jakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.

Kusumawijaya, I. K., & Adi, I. K. Y. (2018). Dampak Konflik dan Stres Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada Koperasi Kredit di Kabupaten Badung. Sekolah Tinggi Ilmu (STIE) Ekonomi Triatma Mulya, 23(2), 131-141.

Nurrohmah, W. L., & Sunuharyo, B. S. (2018). Pengaruh Konflik Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan (Studi pada Karyawan PDAM Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 55(1), 11-17.

Pattynama, J. V., Kojo, C., & Rep, A. L. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Dan Kepemimpinan Terhadap

Prestasi Kerja Pegawai Di Badan Perpustakaan Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1), 514-523

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sulistiyani, M. (2017). Pengaruh Stres Kerja, Konflik Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada Pt. Japfa Comfeed Indonesia Tbkwonoayu Sidoarjo. E-Journal Manajemen "Branchmarck", 3(3), 335-347.

Sunarsi, D. (2018). Pengaruh Kompensasi, Komunikasi Dan Stress Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT Catur Putra Jaya Kota Depok-Jawa Barat. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 1(2), 113-127.

Trisna, I. K., Sapta, I. K. S., & Sudja, I. N. (2021). Pengaruh Stres Kerja, Pengawasan, Dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada Pt. Nusa Kahyangan Asri Ketewel Gianyar. Emas, 2(2), 89-101.

Veithzal Rivai Zainal, S. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan . Edisike-7. Depok: Pt Rajagrafindo.

Wahyudi. 2017. Manajemen Konflik dan Stres Dalam Organisasi. Bandung : Penerbit Alfabeta

Wirawan. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Wulandari, I. O. P. (2015). Pengaruh Stres Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Prestasi Kerja (Studi pada karyawan bagian pabrik asi Pg.Kebon agung Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 18(1), 1-10.

Yatipai, T., Montolalu, J., & Kaparang, S. G. (2015). Pengaruh Motivasi Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Studi Pada PT Pos Indonesia Tipe C Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 3(011), 1-7.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles