PENGARUH STRES DAN KONFLIK KERJA TERHADAP SEMANGAT KERJA PEGAWAI KANTOR DESA TEGAL HARUM DENPASAR BARAT

Authors

  • I Made Erwinanda Pasek Guntur Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Dwi Widyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Ayu Sintya Saraswati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Stres, Konflik Kerja, Semangat Kerja Pegawai

Abstract

Suatu perusahaan membutuhkan sumber daya yang dapat mengelola perusahaan sehingga memperoleh sumber daya yang bersinergi demi mencapai tujuan organisasi. Sumber daya manusia sangat penting dalam mengelola, mengatur dan menggerakan semua faktor-faktor produksi yang tersedia atau dimiliki menjadi lebih produktif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh stres dan konflik kerja terhadap semangat kerja pegawai kantor desa tegal harum denpasar barat.

            Populasi penelitian adalah sebanyak 31 orang, terdiri dari perbekel sampai dengan staf. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 31 responden. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) stres berpengaruh negatif dan signifikan terhadap semangat kerja pegawai, dan (2) konflik kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap semangat kerja pegawai (3) stres  dan konflik kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja pegawai kantor desa tegal harum denpasar barat. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan gambaran dan pemahaman yang lebih mendalam mengenai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap stres dan konflik kerja terhadap semangat kerja pegawai serta sebagai refrensi bagi penelitian-penelitian yang serupa dimasa yang akan datang, serta mampu memberikan sumbangan praktis mengetahui stres dan konflik kerja terhadap semangat kerja pegawai,sehingga nantinya diharapkan dapat menyumbangkan pemikiran dalam menentukan kebijakannya khususnya dalam pengelolaan sumber daya manusia.

References

Wiratama, Widyani, A. A. D, & Saraswati, N. P. A. S. (2021) "Pengaruh Budaya Organisasi, Stres Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada Koperasi Lumbung Sari Sedana Buduk Kabupaten Badung." WIRANG 1.1 (2021): 7-12.

Sugianingrat, I. A. P. W., Sarmawa, I. W. G., & Widyani, A. A. D. (2017). Pengaruh work family conflict dan stres terhadap kinerja karyawan Lembaga Perkreditan Desa di Kabupaten Tabanan. Prosiding, 1-16.

Herman Sofyandi dalam R. Supomo dan Eti Nurhayati (2018:6) Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.

Fauji, Husni, 2013, ”Pengaruh Stres Kerja dan Konflik Kerja Terhadap Semangat Kerja Karyawan di PT. Karya Mandiri Environment”

Andri Syahputra Akbar (2018) “Pengaruh stres kerja dan konflik kerja terhadap semangat kerja karyawan pada pt. Perkebunan nusantara iv (persero) unit usaha adolina Perbaungan serdang bedagai”.

Mangkunegara, Anwar Prabu, 2013. Perilaku dan Budaya Organisasi, Cetakan Pertama, Bandung: PT. Refika Aditama.

Siagian (dalam Fatikhin, dkk, 2017) Stres Kerja, UIN SUSKA RIAU.

Handoko (2012:201)“Variabel STRES Kerja dan Indikator Pengukurannya”Program Sarjana Universitas Medan Area.

Dito Aditia (2019) “Jurnal Program Studi Akuntansi”Universitas Pembangunan Panca Budi.

Mita Utari (2017) “Jurnal Pengaruh Stres Kerja Dan Konflik Kerja Terhadap Semangat Kerja Pegawai Universitas Muhammadiyah Palopo.Universitas Muhammadiyah Palopo.

Mukhtar, Riska. 2018. “Pengaruh Lingkungan Kerja dan Stress Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Nusantara XIV (Persero) Kabupaten Luwu Timur. Skripsi. STIE Muhammadiyah Palopo”.

Maslatifa Hanim (2016). Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Karyawan Hull Construction Di Pt. Dok Dan Perkapalan Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 4 Nomor 3 - Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles