PENGARUH MOTIVASI KERJA, KONFLIK KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA HOTEL BEST WESTERN PREMIER AGUNG RESORT UBUD GIANYAR
Keywords:
Motivasi Kerja, Konflik Kerja, Lingkungan Kerja, Kinerja KaryawanAbstract
SDM merupakan aset penting dari sebuah organisasi yang dituntut memiliki kualifikasi dan keahlian yang sesuai dengan kemampuan dan memiliki kinerja yang baik di lingkungan tempat kerja sedangkan sektor sumber daya merupakan salah satu kebutuhan dalam pola modern yang mengalami perubahan besar dalam hal pergantian bagian yang tidak terpakai di dalam perusahaan SDM telah menjadi rencana yang strategis dalam sebuah organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja, konflik kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada Hotel Best Western Premier Agung Resort Ubud Gianyar. Penelitian ini dilakukan pada Hotel Best Western Premier Agung Resrot Ubud Bali. Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah motivasi kerja, konflik kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 73 karyawan Hotel Best Western Premier Agung Resort Ubud Gianyar. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dimana semua populasi digunakan sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam adalah analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Hotel Best Western Premier Agung Resort Gianyar. Konflik kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Hotel Best Western Premier Agung Resort Gianyar. Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Hotel Best Western Premier Agung Resort Gianyar.
References
Apriliani, N. L. P., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. (2022). PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA WATER GARDEN HOTEL CANDIDASA BALI. EMAS, 3(3), 217-230.
Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers
Bahar, A., & Sjaharuddin, H. (2015). PengaruhKualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang. 3, 14–34
Bahar, A., & Sjaharuddin, H. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang. 3, 14– 34.
Buchari, Alma, 2011, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan Kesembilan. Bandung: Alfabeta.
Cahyadi, I., Hermanto, K., & Siaputra, H. (2015). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli ulang fast food ayam goreng tepung di kalangan mahasiswa universitas kristen petra surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 3(2), 561-573.
Cahyadi, Irvan, Kenly Hermanto, and Hanjaya Siaputra. "Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli ulang fast food ayam goreng tepung di kalangan mahasiswa universitas kristen petra surabaya." Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa 3.2 (2015): 561-573.
Dewi., Ekawati. (2019). Peran Kepuasan Konsumen Memediasi Pengaruh Brand Image Terhadap Repurchase Intention. E-Jurnal Manajemen. 8(5) ISSN : 2302-8912.
Dharmmesta,B.S.,&Handoko,T.H.(2014). ManajemenPemasaranAnalisaPerilakuKonsumen. Yogyakarta: BPFE.
Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17–32.
Fakaubun, U. F. K. (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Sepatu Adidas Di Malang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Toko Sport Station Dinoyo, Malang). Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU), 2(2), 58-73.
Fakaubun, UFK (2019). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Sepatu Adidas Di Malang Melalui Pelanggan Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Pada Toko Sport Station Dinoyo , Malang ). Jurnal Ilmu Manajemen, 4(September), 221–234.
Fandiyanto, R., & Kurniawan, R. E. (2019). Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang “Kopi Toraja” Di Coffee Josh Situbondo. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 7(1), 21-42.
Fandiyanto, R., & Kurniawan, R. E. (2019). Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang “Kopi Toraja” Di Coffee Josh Situbondo. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 7(1), 21-42.
Garvin, David A.2016. alih bahasa Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran.Yogyakarta
Hariyanti, A. D. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Perlengkapan Kunci Di Pt Kenari Djaja Prima Semarang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 10(1), 47-87.
Hariyanti, A. D. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Perlengkapan Kunci Di Pt Kenari Djaja Prima Semarang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 10(1), 47-87.
Harjati, L., & Venesia, Y. (2015). Pengaruh kualitas layanan dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan pada maskapai penerbangan Tiger Air Mandala. E-Journal Widya Ekonomika, 1(1), 36791.
Hidayah, S. A., & Apriliani, R. A. E. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk, Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekalongan (Studi Pada Pasar Grosir Setono Batik Pekalongan). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 1(1), 24-31.
Hidayah, S. A., & Apriliani, R. A. E. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk, Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekalongan (Studi Pada Pasar Grosir Setono Batik Pekalongan). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 1(1), 24-31.
Iwan,K., Santoso,S.B., & Dwiyanto, B.M. (2012). AnalisisFaktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Ulang Produk Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Produk Sakatonik Liver Di Kota Semarang). Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, 4(2), 20–29.
Kotler dan Keller,(2012).Marketing Management Edisi14,Global Edition.Pearson Prentice Hall. Musay, F. (2013). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Kfc Kawi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 3(2).
Kotler,P.,&Keller,K.L.(2016).MarketingManagement(15thEditi).England: Pearson Education Limited.
Kotler, Philip. & Gary Armstrong. 2015. Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Lusiani, L., & Manggu, B. (2021 August). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Produk Oriflame. In UMMagelang Conference Series (pp. 525-542).
Malik, M. E., Ghafoor, M. M., & Hafiz, K. I. (2012). Impact of Brand Image, Service Quality and price on customer satisfaction in Pakistan Telecommunication sector. International journal of business and social science, 3(23).
Mustapa, A., Pharamita, P. D., & Haisolan, L. B. (2018). Pengaruh kualitas produk, harga produk, dan keragaman produk sparepart toyota terhadap minat beli Kembali konsumen dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (Studi pelanggan pt. new ratna motor semarang).
Mustapa, Adi, Patricia Dhiana Paramita, and Leonardo Budi Hasiholan. "Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk, Dan Keragamaan Produk Sparepart Toyota Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Dengan Kepuasaan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pelanggan PT. New Ratna Motor Semarang)." Journal of Management 4.4 (2018).
Oceani, O., & Sutopo, S. (2017). Analisis Pengaruh Citra Merek, Nilai Pelanggan, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan Tupperware di Magelang. Diponegoro Journal of Management, 6(1), 216-228.
Prabowo, S. A. (2018). Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Mirota Kampus Godean. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(7), 115-126.
Prasetya, W., & Yulius, C. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang: Studi pada Produk Eatlah. Jurnal Teknologi, 11(2), 92-100.
Prasetya, W., & Yulius, C. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang: Studi Pada Produk Eatlah. Jurnal Teknologi, 11(2), 92–100.
Purnamawati, N. L. A., Mitariani, N. W. E., & Anggraini, N. P. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Di Bandung Collection Kecamatan Kuta Utara, Badung. VALUES, 1(3).
Ramadhan, A. G., & Santosa, S. B. (2017). Analisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan citra merek terhadap minat beli ulang pada sepatu nike running di semarang melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Diponegoro Journal of Management, 6(1), 59-70.
Rangkuti, F. (2018). Measuring Customer Satisfaction Teknik Mengukur Strat. Meningk. Kep. Plg. Gramedia Pustaka Utama.
Resti, D., & Soesanto, H. (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan melalui Kepuasan Pelanggan terhadap Minat Beli Ulang pada Rumah Kecantikan Sifra Di Pati. Diponegoro Journal of Management,
Resti, D., & Soesanto, H. (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan melalui Kepuasan Pelanggan terhadap Minat Beli Ulang pada Rumah Kecantikan Sifra Di Pati. Diponegoro Journal of Management, 28-39.
Santi, E. R., & Supriyanto, A. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEPUASAN PELANGGAN, DAN PROMOSI ONLINE TERHADAP MINAT BELI ULANG (STUDI KASUS PADA SATE TAICHAN BANJAR D’LICIOUS). Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1), 47-56.
Sari, R. K., & Hariyana, N. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Pembelian Ulang Dan Kepuasan Pelanggan Online Shopping Pada Remaja Di Situbondo. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 6(2).
Savitri,IAPD,&Wardana,IM dan Imbayani, I. G. A.(2022).PengaruhCitraMerek,KualitasProdukDan Persepsi Harga Berdasarkan Dan Niat Beli Ulang. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 5748.
Senggetang (2019) Pengaruh Lokasi, PromosiDanPersepsiHarga, Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua. Manado: Universitas Sam Ratulangi
Slameto.2010 BelajardanFaktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Sudrajad, P., & Subiharta, S. (2014). Karakter Fenotipik Sapi BetinaPeranakan Ongole (PO) Kebumen.Widyariset,17(2), 283-290.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV
Tjiptono, Fandy (2015). Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta : Andi