ANALISIS MEDIASI PELATIHAN KERJA PADA PENGARUH DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN
DOI:
https://doi.org/10.36733/emas.v6i7.11937Keywords:
disiplin kerja, pelatihan kerja, mediasi, money changerAbstract
Penelitian ini menyelidiki pengaruh disiplin kerja dan pelatihan kerja terhadap kinerja karyawan pada Money Changer X di Gianyar, Bali. Menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatori dengan metode survei, data dikumpulkan dari karyawan melalui kuesioner terstruktur dan dianalisis dengan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil analisis mengungkapkan bahwa disiplin kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja karyawan, Temuan ini juga menunjukkan bahwa disiplin kerja secara efektif dapat meningkatkan partisipasi dan serapan materi dalam pelatihan kerja. Namun, hasil yang kontradiktif terungkap ketika pelatihan kerja ternyata tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan di Money Changer X. Analisis mediasi lebih lanjut membuktikan bahwa pelatihan kerja gagal berfungsi sebagai mediator yang efektif antara disiplin kerja dan kinerja. Kondisi ini mengindikasikan beberapa kemungkinan, termasuk ketidaksesuaian materi pelatihan dengan kebutuhan pekerjaan, metode penyampaian yang kurang efektif, atau tidak adanya follow-up pasca pelatihan. Implikasi praktis dari penelitian ini menekankan pentingnya pendekatan dua arah: memperkuat budaya disiplin kerja melalui sistem reward yang tepat, sekaligus melakukan revitalisasi menyeluruh terhadap program pelatihan dengan menyesuaikan konten, metode, dan evaluasi dampaknya. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi literatur manajemen sumber daya manusia dengan mengkonfirmasi dominasi pengaruh langsung disiplin kerja dalam konteks bisnis jasa keuangan di Bali, serta menantang asumsi umum tentang peran mediasi pelatihan kerja. Penelitian ini juga membuka ruang untuk studi lanjutan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pelatihan di industri jasa keuangan.
References
Ajabar, S. (2020). Competency-Based HR Development. PT Raja Grafindo Persada.
Anwar Prabu Mangkunegara. (2019). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Arika, D. (2020). When Training Fails: Case Study of Banking Industry. Journal of Organizational Learning, 7(2), 33–47.
Deloitte. (2024). The Augmented Workforce.
Diputra, D. (2024). Pengaruh Kemampuan Kerja, Beban Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Bina Sarana Makmur Bali. EMAS, 5(12).
Farisi, S., dkk. (2021a). Contemporary Human Resource Analytics. Deepublish.
Farisi, S., dkk. (2021b). Kinerja dan Produktivitas Kerja dalam Organisasi Modern. yogjakarta.
Gartner HR Research. (2023). The Discipline-Learning Connection.
Harvard Business Review. (2024). From Discipline to Performance: The Training Bridge.
Hasibuan, M. S. P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.
Isbandiyah, Y. dkk. (2024). The Influence of Training, Work Discipline and Career Development on Employee Performance at the Surabaya Region III Airport Authority Office. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 3(1), 751–759.
Larasati, D. (2018). Modern Training Methodology. Alfabeta.
Lunenburg, F. C. (2011). Goal-Setting Theory of Motivation. International Journal of Management.
Mangkunegara, A. A. A. P. (2019). Evaluasi Kinerja SDM. Refika Aditama.
McKinsey & Compan. (2023). From Training to Performance Implementation.
Methusala, D. (2022). Strategic Performance Management in Digital Era. Erlangga.
Ni’mah, U. dkk. (2022). Training Effectiveness and Work Performance. Asian Journal of Management Studies, 8(2), 112–125.
Nurjaya, I. N. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Perusahaan Jasa. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15(2), 46–60.
Pangarso, A., & Susanti, E. (2016). Manajemen Disiplin Kerja. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Prasetya, B. dkk. (2021). Re-evaluating Training ROI in Manufacturing Industry. Indonesian Management Journal, 15(1), 78–92.
Pratiwi, R., dkk. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia Kontemporer. Bandung: Refika Aditama.
Robbins, S.P. & Judge, T. A. (2019). Organizational Behavior. Pearson.
Setiawan, A. dkk. (2020). Strategic Human Resource Development. Bandung: Alfabeta.
Suryani, T., dkk. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia: Strategi Membangun Kinerja Unggul. Jakarta: Penerbit Bisnis Press.
Suryanti, L. (2021). Analisis Dampak Disiplin Kerja terhadap Produktivitas Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 22–35.
Suryanto, A., et al. (2024). Training Effectiveness Moderated by Work Discipline.
Sutrisno, E. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.
Sutrisno, E. (2023). Discipline Engineering: From Compliance to Commitment. Penerbit Erlangga.
Thompson, L., et al. (2024). The Amplifier Effect of Discipline on Training Outcomes. Journal of Workplace Learning.
Uleng, P., dkk. (2023). Re-examining Work Discipline and Performance Relationship in Digital Er. Asia Pacific Management Review, 18(2), 78–92.
Utami, C. D., & Karisha, F. (2023). The Dark Side of Work Discipline: Evidence from Service Industry. Indonesian Journal of Business Management, 7(3), 112–125.
Utami, R. & Silalahi, A. (2023). The Impact of Training on Employee Performance in Service Sector. Journal of Human Resource Development, 12(3), 45–59.
Widodo. (2018a). Manajemen Pelatihan. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Widodo, S. (2018b). Manajemen Pengembangan SDM. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wilson, E. & Brown, T. (2023). Work Discipline as Training Success Predicto. International Journal of HR Development.
Yuwono, D. (2015). The Psychology of Work Ethics. Gramedia Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 EMAS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.