PENGARUH E-MARKETING, DESAIN PRODUK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PERUSAHAAN CANOPY ART BALI

Authors

  • Ni Kadek Matriani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

E-Marketing, Desain Produk, Word Of Mouth, Keputusan Pembelian

Abstract

Dengan adanya persaingan perusahaan-perusahaan lain terhadap produk-produk yang semakin ketat menuntut pihak manajemen perusahaan agar bisa mengambil langkah-langkah yang tepat untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-marketing, desain produk dan word of mouth terhadap keputusan pembelian pada perusahaan Canopy Art Bali, Populasi penelitian adalah seluruh pelanggan Canopy Art Bali.Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda

Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada perusahaan canopy art bali, desain produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada perusahaan canopy art bali, word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada perusahaan canopy art bali.

References

Ardi Ansah. 2017. Pengaruh Desain Produk, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Managemen. Vol. 1 No.2, Hal 178- 189.

Adrian, Enrico (2014) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fashion (Studi Kasus pada Droof Recons Clothing di DistrictSide Semarang). Journal of Marketing.

Astuti, R., & Hasbi, M. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Pada Situasi Covid 19 Di Kota Medan. In Scenario (Seminar of Social Sciences Engineering and Humaniora) (pp. 127-135).

Arda, M. (2017). Analysis Of Effect Of Promotion And Word Of Mouth On Purchase Decision: case Of Student University Of Muhammadiyah Sumatera Utara. Proceedings of AICS-Social Sciences, 7, 334-341.

Ali Hasan. 2010. Marketing Dari Mulut Ke Mulut Word of Mouth Marketing. Yogyakarta: Media Presindo.

Fishbein, M, & Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research, Reading, MA: Addison-Wesley.

Hwani, Mufti Ulil Azmi. 2013. Pengaruh Word of Mouth Communication terhadap Keputusan Santri Memilih Pondok Pesantren. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Lestari, C. A., Mitariani, N. W. E., Imbayani, I. G. A., & Adnyana, D. M. (2019, February). E-Marketing Strategy On The Decision To Purchase Products Rip Curl Surf School Of Bali. In The 9th International Conference Rural Research & Planning Group

Michael Reinout Adonis, Yunita Budi Rahayu Silintowe (2021) Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Y. Jurnal CAPITAL Volume. 4 No 1 Juli 2021.

Nova Kurnia Dewi Lestari, Sri Ekowati (2020) Pengaruh Citra Merek, Desain Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB) e-ISSN 2723- 424X Volume 1Nomor 1 Juli 2020

Novita Ika Yuniarti, Eny Kustiyah (2021) Purchasing Decision Judging From Product Design, Product Quality, And Brand Image. Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis Volume 5, No. 1/ April 2021, p. 35-40 ISSN 2579- 4892 print/ ISSN 2655-8327.

Suharso dan Yudi Sutarso. 2010. Marketing in Practice. Yogyakarta : Graha Ilmu

Strauss, Judy dan Frost, Raymond. (2012). E-Marketing edisi internasional ke 6. London: Pearson

Suprapti. W. (2010). Perilaku Konsumen Pemahaman Dasar Dan Aplikasinya Dalam Strategi Pemasaran. Bali : Udayana University Press.

Schiffman, l.G. dan Kanuk, Leslie L. 2013. Consumer Behavior. 8th edition. New Jersey: Prentice Hall.

Saidani, B. (2013). Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Futsal Adidas Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 4(2).

Tjiptono, Fandy, Ph.D dan Gregorius Chandra.(2016). Service, Quality & Satisfaction edisi 3 ,Yogyakarta: Andi.

Tampinongkol, Vanessa M. & Mandagie, Yunita (2018). Analisis Penaruh Word of Mouth, Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse di Manado Twon Square. Jurnal EMBA, Vol. 6, No. 4, September 2018, 2008-2017.

Yuliyanto, dkk., (2012. Pengaruh -Marketing Terhadap Citra Merek Dan Dampaknya Pada Keputusan (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi 2012 Universitas Brawijaya yang Melakukan Pembelian Produk Tupperware). Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles