STRATEGI EFEKTIF MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KEMBALI DI BISNIS PETSHOP: IMPLIKASI DARI STUDI KASUS SEGAOON PETSHOP UBUD

Authors

  • Ni Made Cahaya Intan Maeyusa Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Daniel Manek Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/emas.v6i12.13194

Keywords:

store atmosphere, sales promotion, variasi produk, keputusan pembelian kembali

Abstract

Konsumen yang sering melakukan keputusan pembelian kembali menunjukkan bahwa mereka telah memiliki kesan yang baik dan positif terhadap usaha yang mereka kunjungi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh store atmosphere, sales promotion dan variasi produk terhadap keputusan pembelian kembali pada Segaoon Petshop, sebuah bidang usaha yang menyediakan berbagai makanan dan perlengkapan untuk hewan peliharaan. Penelitian ini melibatan konsumen Segaoon Petshop dengan jumlah populasi yang tidak diketahui. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik non probability sampling berupa accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 112 responden. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui kuesioner, observasi dan wawancara. Analisis regresi linier berganda digunnakan untuk menganalisis data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa store atmosphere, sales promotion dan variasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kembali.

References

Al Hafizi, N. A., & Ali, H. (2021). Purchase intention and purchase decision model: Multi channel marketing and discount on Medcom.id online news portal. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 2(3), 460–470.

Arfah, Y. (2022). Keputusan pembelian produk (B. Nasution, Ed.). PT Inovasi Pratama Internasional.

Atmaja, N. P. C. D., Pratama, I. M., & Manek, D. (2022). Pengaruh experiental marketing, e-service quality dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian di e-commerce Lazada di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen dan Bisnis Equlibrium, 8(2), 115–125.

Ayu, Y. (2021). Pengaruh kualitas produk, citra merek, kepercayaan merek, variasi produk dan promosi terhadap minat beli konsumen pada lipstick Wardah di Kota Padang (Skripsi). STKIP PGRI Sumatera Barat.

Cahyani, W., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh sales promotion dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian tiket bioskop melalui aplikasi TIX ID (studi pada pengguna aplikasi TIX ID di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 144–150.

Emor, I. E., Tumbuan, W. J. F., & Rogi, M. H. (2019). Pengaruh kelengkapan produk, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen Rm. Bakso Solo Pak Eko di Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(4), 5407–5415.

Evasari, A. D., & Yani, A. (2021). Analisis variasi produk, kemasan dan media iklan terhadap keputusan pembelian kripik “Nadasuka.” Revitalisasi, 10(1), 1–15.

Firmansyah, M. (2020). Komunikasi pemasaran. Qiara Media.

Hasibuan, E. J., Simanjorang, E. F. S., & Helvi, B. (2022). Pengaruh variasi produk, harga, kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Rumah Makan Holat Afifah Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu. Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2), 202–216.

Health Communication Capacity Collaborative (HC3). (2021). What is theory of planned behavior? HC3 Research Primer.

Juliana, J., Pramezwary, A., Djakasaputra, A., & Tarigan, S. A. (2022). Dasar-dasar pemasaran. PT. Nasya Expanding Management (Penerbit NEM – Anggota IKAPI).

Juwita, J., & Azizah, L. N. (2020). Pengaruh lokasi, harga, dan keberagaman produk terhadap minat beli pada pasar tradisional kiringan. Media Mahardhika, 19(1), 102–107.

Kempa, S., Vebrian, K., & Bendjeroua, H. (2020). Sales promotion, hedonic shopping value, and impulse buying on online consumer websites. SHS Web of Conferences, *76*, 01052. https://doi.org/10.1051/shsconf/20207601052

Kojongian, A. S. C., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. (2022). Pengaruh variasi produk dan promosi terhadap keputusan pembelian Careofyou.id pada media sosial Instagram. Productivity: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 3(2), 165–174.

Kotler, P., Cao, T., Wang, S., & Qiao, C. (2020). Marketing strategy in the digital age: Applying Kotler’s strategies to digital marketing. Pearson.

Lestari, D. P., & Widjanarko, W. (2023). Pengaruh citra merek, persepsi harga dan e-word of mouth terhadap keputusan pembelian produk fashion Jiniso.Id di marketplace Shopee. Jurnal Economina, 2(3), 234–246.

Lina, A., & Hakimah, E. N. (2023). Analisis variasi produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada JumJum Thai Tea, Kediri). Simposium Manajemen dan Bisnis II Program Studi Manajemen - FEB UNP Kediri, 2, 45–56.

Mahiri, E. A. (2020). Pengaruh brand image dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada konsumen Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Mart Banjaran. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(3), 227–238.

Marbun, M. B., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh promosi, kualitas pelayanan dan keputusan pembelian terhadap pembelian ulang (literature review manajemen pemasaran). JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 10–20.

Maruli, E., Anigomang, F. R., & Maro, Y. (2022). Pengaruh variasi produk, harga, dan suasana tempat terhadap kepuasan konsumen (study kasus pada Celyn Kafe Kabupaten Alor). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(23), 742–754.

Masud, A. A., Nurfadhilah, N., Tijjang, B., & Ali, R. (2022). The role of e-business adoption towards improving MSME performance in Parepare City. Hasanuddin Economics and Business Review, 5(3), 59–70.

Maulana, A., & Mulyana, M. (2020). Analisis pengaruh public relation dan sales promotion terhadap minat beli pada produk Starbucks di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 47–64.

Mishra, A. (2021). A study on sales promotional activities in retail stores. International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET), 8(5), 1014–1018.

Novendra, H. D., Verinita, V., & Masykura, I. (2019). The effect of store atmosphere on revisit intention that is in mediation by customer satisfaction (survey on Padang Bioderm Clinic consumer). International Journal of Innovative Science and Research Technology, 4(4), 560–566.

Purnomo, R., Putra, T. D., Kusmara, H., Priatna, W., & Mukharom, F. (2022). Haversine formula to find the nearest pet shop. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 9(3), 2205–2221.

Putra, V. R., Machasin, M., & Nas, S. (2021). Pengaruh sales promotion, personal selling dan advertising terhadap keputusan pembelian produk buku terbitan CV. As Salam di Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi KIAT, 32(1), 45–60.

Putri, O. M., Azmiyah, U., & Muzdalifah, L. (2023). Pengaruh store atmosphere terhadap niat beli konsumen melalui positive emotion sebagai variabel mediasi di CafeMerci Sidoarjo. Journal of Student Research (JSR), 1(1), 356–371.

Rachmatullah, R., Kardha, D., & Yudha, M. P. (2020). Aplikasi e-commerce petshop dengan fitur petpedia. GO INFOTECH: Jurnal Ilmiah STMIK AUB, 26(1), 45–55.

Riyanti, A. (2021). Pengaruh store atmosphere dan sales promotion terhadap impulse buying pada konsumen Indomaret Kota Magelang (Skripsi). Universitas Tidar.

Saputra, F., Khaira, N., & Saputra, R. (2022). Pengaruh user interface dan variasi produk terhadap minat beli konsumen (studi literatur). Jurnal Komunikasi dan Ilmu Sosial (JKIS), 1(1), 25–35.

Situngkir, B. M., Rahayu, I. Y., & Zulkifli, Z. (2021). Pengaruh store atmosphere, ketersediaan produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada konsumen Meteor Cell di Jalan Gajayana Kota Malang). Dalam The 2nd Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB 2021) (hlm. 205–215). Widyagama Press.

Tanjung, A. S. (2020). Pengaruh store atmosphere, lokasi dan promosi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Pelita Bangsa, 5(3), 1–18.

Tansala, D., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian di Gramedia Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 21–27.

Tantowi, I. A., & Pratomo, W. A. (2020). Pengaruh store atmosphere dan experiential marketing terhadap keputusan pembelian di Kopi Daong Pancawati. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 65–78.

Tegowati, T. (2019). Minat beli ulang handphone Evercross di pusat perbelanjaan handphone WTC Surabaya. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 10(1), 45–58.

Ummat, R., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh kualitas produk, brand ambassador dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian Nature Republic. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(6), 2279–2291.

Wahyuningsih, D. W. (2019). Pengaruh variasi produk, harga, dan promosi penjualan terhadap keputusan konsumen dalam membeli motor Yamaha N-Max di Wonogiri. Edunomika: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 3(2), 123–134.

Wahyuni, S. R., & Setyawati, A. H. (2020). Pengaruh sales promotion, hedonic shopping motivation dan shopping lifestyle terhadap impulse buying pada e-commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(2), 150–162.

Widiyawati, W. (2022). Keputusan pembelian melalui marketplace Shopee pada mahasiswa jurusan manajemen bisnis syariah angkatan 2018 UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 356–366.

Wijayanti, E. D., & Juwita, H. A. J. (2024). The effects of word-of-mouth and sales promotion on saving intention with brand attitude as the mediating variable. Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen, 3(2), 277–289.

Wirakanda, G. G., & Apriyanti, S. P. (2020). Pengaruh sales promotion terhadap keputusan pembelian (studi kasus di Blibli.com). Jurnal Bisnis dan Pemasaran, 10(1), 45–55.

Downloads

Published

2025-12-26

How to Cite

Maeyusa, N. M. C. I., Atmaja, N. P. C. D., & Manek, D. (2025). STRATEGI EFEKTIF MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KEMBALI DI BISNIS PETSHOP: IMPLIKASI DARI STUDI KASUS SEGAOON PETSHOP UBUD. EMAS, 6(12), 2803–2817. https://doi.org/10.36733/emas.v6i12.13194

Issue

Section

Articles