PENGARUH KUALITAS PRODUK PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH PADA KOPERASI SERBA USAHA BANJAR BABAKAN BLAHBATUH GIANYAR
Keywords:
Kualitas Produk, Promosi, Kualitas Pelayanan, Minat MenabungAbstract
Kualitas produk merupakan salah satu keunggulan yang perlu dimiliki oleh suatu organisasi atau koperasi. Dalam upaya persaingan untuk menarik minat pelanggan dalam melakukan keputusan pembelian, suatu perusahaan atau organisasi tidak bisa hanya mengandalkan kualitas produk yang dimiliki tetapi bagaimana promosi produknya. Selain itu, nasabah akan beminat dan tertarik untuk membeli sebuah produk yang ditawarkan apabila pelayanan yang diberikan dianggap baik. Penelitian ini dilakukan di Koperasi Serba Usaha (KSU) Banjar Babakan. KSU Banjar Babakan merupakan salah satu organisasi keuangan yang dimiliki Br. Babakan dalam membantu perekonomian masyarakatnya. Sampel dalam penelitan ini adalah sebanyak 62 orang responden. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan jenis non probability sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, promosi, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung baik secara simultan maupun parsial.
References
Akbar, Kurnia. (2013). Analisis Pengaruh Harga, Brand Image, dan Atribut Produk terhadap Minat beli Handphone atau Smartphone Samsung Jenis Android. Semarang : Skripsi Universitas Diponegoro
Aziz, N., & Hendrastyo, V. S. (202). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan Dan Promosi Terhadap Minat Nasabah Menabung Pada Bank Syariah Cabang Ulak Karang Kota Padang. Jurnal Pundi, 3(3), 227-234.
Darmawan, A., Indahsari, N.D., Rejeki, S., Aris, M.R.,&Yasin, R. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Di Bank Jateng Syariah. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 18(1),43-52.
Dwiantoro, R. Z., Haryono, H., & Imamah, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Tabungan, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Minat Menabung Nasabah di Bank JATIM KCP Driyorejo Gresik. EkoBis : Jurnal Ekonomi & Bisnis, Vol. 1 No. 2 2020, 55-63.
Ermawati., Sidiq. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Minat Menabung Nasabah Pt Bank Mandiri (Persero) Tbk Kcp Kendal Boja. Jurnal Ilmiah Bidang Ekonomi. DOI: 10.26623/slsi.v19i3.4062. CC BY 4.0.
Fadilla, Sinta Bella, Mohammad Faizal. 2021. Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Palembang Demang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah. DOI : 10.36908/jimpa.v3i1.157.
Fatihudin, D.,&Firmansyah, A.(2019). Pemasaran Jasa : (Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta : CV Budi Utama.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th.ed ). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Habibah, U., & Sumiati. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. 1 (1), 31-48.
Kotler dan Philip. (2011). Manajemen Pemasaran di Indonesia (Edisi 1). Jakarta : Salemba Empat.
Kotler, Philip dan Keller, K.,L. (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1dan 2. Jakarta : PT Indeks.
Nisa, A., & Renata, D. (2018). Analisis Minat Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 5(2), 119. DOI :org.10.24042/kons.v5i2.3058.
Peter dan Olson. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (Edisi 9). Diterjemahkan oleh : Diah Tantri Dwiandani. Penerbit : Salemba Empat, Jakarta.
Priansa, Donni. (2017). Manajemen Pelayanan Prima. Bandung : Alfabeta.
Razak, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2), 7-8.
Sari, Y. (2020). Analisis Yuridis Pelaksanaan Perjanjian Simpan Pinjam Serba Usaha Kurnia. Jurnal Fatwa Hukum, 3(2).
Sopiah dan Mamang Sangadji. (2016). Salesmanship. Cet.1. Jakarta : Bumi Aksara.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta. ISNB :979-8433-64-0.
Tjiptono, F. & Gregorius, Chandra. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Yogyakarta : Andi.
Ulya, N. H., Soemarso, E. D., & Kodir, M.A. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Minat Menabung Pada PT Bank Tabungan Negara (Persero)Tbk. Cabang Semarang Keunis, 8(1),21.https://doi.org/10.32497/keunis.v8il.2132 (a)
Utomo, K. w., Aji, R. H. S., & Aravik, H. (2022). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Indonesia KC Palembang Demang. Jurnal Ilmiah : Mahasiswa Perbankan Syariah Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah Indo Global Mandiri. Vol. 3 No. 1 Edisi Maret 2023.