PENGARUH STRES KERJA, KOMUNIKASI, DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN

Authors

  • Ni Nyoman Ari Novarini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Ayu Sintya Saraswati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Andika Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Stres Kerja, Komunikasi, Kompensasi

Abstract

Dalam suatu perusahaan sangat penting memiliki karyawan karena karyawan merupakan elemen yang sangat penting di dalam suatu perusahaan karena kinerja yang digunakan akan berdampak pada operasional perusahaan jika kinerja yang digunakan oleh karyawan itu rendah, dapat menjadi hambatan bagi perusahaan dalam mencapai tujuannya, demi mencapai tujuan perusahaan harus memperhatikan setiap karyawan agar dapat memberikan kontribusi terbaiknya untuk Perusahaan. Kinerja karyawan diperngaruhi banyak faktor seperti stres kerja, komunikasi dan kompensasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres kerja, komunikasi dan kompensasi terhadap kinerja karyawan. Lokasi penelitian ini pada UD Nuansa Genteng Bali. Populasi menggunakan konsumen UD Nuansa Genteng Bali dan sampel sebanyak 32 karyawan. Teknik analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Asumsi Klasik, Anaisis Regresi Linier Berganda, Uji Korelasi Berganda, Koefisien Determinasi, Uji F dan Uji t. Dari hasil penelitian diperoleh hasil stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, komunikasi berpengaruh positif dan signifikan

terhadap kinerja karyawan, dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah UD Nuansa Genteng Bali hendaknya selalu memberikan pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan jabatan karyawan, sesualu memiliki komitmen yang tinggi terhadap isu atau masalah yang telah dibicarakan karyawan, membuat kebijakan pemberian gaji yang sesuai dengan standar dan memberikan pelatihan

References

Abdul Rachman, Saleh, And Utomo Hardi. 2018. “Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Etos Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Di PT Inko Java Semarang.” Among Makarti 11(21): 28–50.

Dewi, N. K. R. P., Landra, N., & Puspitawati, N. M. D. (2022). Pengaruh Pengawasan Sumber Daya Manusia, Budaya Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Disiplin Kerja Karyawan Pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Kedonganan. Values, 3(1), 238-253.

Ghozali.2018. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hasibuan, H. A. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Yang Dimediasi Oleh Stres Kerja Pada 98 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 6(2), 103-111.

Locke, E.A. 1968. Toward A Theory of Task Motivation and Incentives. Organizational Behavior and Human Performance. pp: 68-106.

Pandita, N. K. B. P., Widyani, A. A. D., & Saraswati, N. P. A. S. (2021). Peran Motivasi Sebagai Pemediasi Pengaruh Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada LPD Desa Pakraman Kesiman. Emas, 2(3).

Prasetya, W., & Aryantoro, G. W. (2021). Analisis Kepuasan Kerja, Budaya Organisasi, Turnover Intention dan Kinerja Karyawan Perusahaan Asuransi. Jurnal Metris, 22(02), 122-130.

Nurjaya, N. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Hazara Cipta Pesona. Jurnal Ilmiah Nasional, Iii(1), 60-74.

Maryani, N. L. K. S., Widyani, A. A. D., & Saraswati, N. P. A. S. (2020). Pengaruh Kompensasi Finansial terhadap Kinerja Karyawan dengan Motivasi sebagai Variabel Intervening pada PT Arta Sedana Retailindo Cabang Hardys Malls Sanur Pengaruh Kompensasi Finansial terhadap Kinerja Karyawan dengan Motivasi sebagai Variabel Inter. VALUES, 1(2).

Rivai, Veithzal Dan Basri. 2017. Performance Appraisal: Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta: Grafindo Soetrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana.

Suarbawa, I. P. E. (2023). Pengaruh Motivasi Intrinsik, Stres Kerja Dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Ace Hardware Batubulan (Doctoral dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar).

Robbins, S. P., & Judge, T. A.(2018). Perlaku Organisasi. Cetakan Ke-7. Jakarta: Salemba Empat. Hasibuan, H. Malayu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Penerbit Bumi Aksara.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Ghozali.2018. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Downloads

Published

2024-06-25

Issue

Section

Articles