PENGARUH KOMPENSASI, KOMUNIKASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN UD. KARYA BERSAMA

Authors

  • Ni Luh Nela Sintiya Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Dwi Widyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Ayu Sintya Saraswati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kompensasi, Komunikasi, Kepuasan Kerja, Semangat KerjaKaryawan

Abstract

Keberhasilan suatu organisasi baik besar maupun kecil bukan semata-mata ditentukan oleh sumber daya alam yang tersedia, akan tetapi banyak ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia (SDM). Maka dari itu, setiap perusahaan dituntut agar mampu mengelola sumber daya manusianya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi, komunikasi dan kepuasan kerja terhadap semangat kerja karyawan. Penelitian ini dilakukan pada UD. Karya Bersama. Sampel dalam penelitian ini adalah 34 orang karyawan pada UD. Karya Bersama. Metode penentuan sampel pada penelitian ini adalah metode sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah análisis regresi linier melalui program SPSS versi 25. Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja karyawan pada UD. Karya Bersama. Semakin baik kompensasi yang ada pada UD. Karya Bersama maka semakin baik pula semangat kerja karyawan. Komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja karyawan pada UD. Karya Bersama. Semakin meningkat komunikasi yang ada di UD. Karya Bersama maka semangat kerja karyawan akan semakin meningkat. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja karyawan pada UD. Karya Bersama. Semakin baik kepuasan kerja yang ada di UD. Karya Bersama maka semakin baik pula semangat kerja karyawan.

References

Andari, N. L. G. R., & Aristana, I. N. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Semangat Kerja Karyawan Pada Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Bali. Journal Research of Management (JARMA), 3(1), 95-104.

Astari, A., Ramadhan, A. R., & Sapruwan,M. (2022). Kompensasi dan komunikasi terhadap Kinerja Karyawan yang dimediasi Semangat Kerja. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 3(01), 31-42.

Aswad,A.,Gani,M.,Kadir, F.A.,Jannah, N., & Ganda, H. (2017). PengaruhKomunikasiDanKepemimpinanTerhadapSemangat Kerja PegawaiPadaDinas PerusahaanKawasan Pemukiman Perlahan Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Ilmiah Bongaya, 1(2), 41-48.

Achmad,A.W.,&Yuniawan,A.(2018).Analisis EfekDukunganSosial,BudayaOrganisasi, Dan KohesivitasKaryawanTerhadapLoyalitasKaryawan (Studi pada RSAisyiyahKudus).DiponegoroJournalofManagement,7(4), 1-13.

Bangun, R.,Waruwu, K., & Paramita, P. (2021). Pengaruh Komunikasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Kerja Guru SMK Swasta Rokita Sari di Yayasan Perguruan Rokita Sari Bangun Purba. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 268-283.

Benjamin, ddk., (2017).Pengembangan Sumber Daya Manusia.Yogyakarta.

Hakim, A., Utari, W., & Hartati, S. (2022). Pengaruh Kepuasan Kerja, LingkunganKerjaDanKepemimpinanTerhadapSemangat Kerja Karyawan. Jurnal Manajemen Dirgantara, 15(1), 54-61.

Hasibuan, SP. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Mulyana, T., & Kartika, F. (2020). Pengaruh Kompensasi Terhadap Semangat Kerja Karyawan Pada Unit Pelayanan Teknis Puskesmas Pasundan. Prismakom, 17(2), 44-51.

Mangkunegara, A.A. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurbudiyani, I. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Kerja PegawaiUniversitasMuhammadiyah Palangkaraya.Anterior Jurnal, 16(1), 7-13.

Nitisemito,AlexS.2017.ManajemenSuatu Dasar dan Pengantar. ArenaIlmu,Jakarta.

Perwira, I. (2020). PengaruhKompensasi Terhadap Semangat Kerja Karyawan Cinema XXI di Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(1), 98-105.

Rahman, T. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Semangat Kerja Karyawan Pada PT. Bangun Nusantara Jaya Makmur (BNJM) Kabupaten Tabalong. Jurnal PubBis, 1(1), 124-142.

Rivai, V. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktek. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sa'adah, L. (2020). Pengaruh Komunikasi Dan Kompensasi Terhadap Semangat Kerja Karyawan (Studi pada CV. Anyar Makmur Jombang). JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 3(5), 40-44.

Sari, K. A. O., Sunata, I. M., & Sumerta,I. K. E. (2021). Pengaruh Komunikasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Kerja Karyawan Pada The Bene Hotel Kuta. Journal Research of Management (JARMA), 3(1), 1-7.

Supriyati, S., Darham, D., Roni, K. A., & Monika, O. (2021). PengaruhKompensasi Dan Motivasi Terhadap Semangat Kerja Pegawai Pada Puskesmas Teluk Singkawang KabupatenTebo.Jurnal Administrasi Sosial dan Humaniora, 4(1), 103-112.

Syafrizal, R. (2021). Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja terhadap Semangat Kerja Pegawai di Sekretariat KomisiPemilihan Umum Kota Tebingtinggi. Jesya (JurnalEkonomi dan Ekonomi Syariah), 4(2), 1258-1266.

Sedarmayanti.(2017).ManajemenSumberdayaManusia,ReformasiBirokrasi dan Manajemen PegawaiNegeriSipil.Bandung:RefikaAditama.

Suwarno Dan Priansa. (2018).Manajemen Sumber Daya ManusiaDalamOrganisasiPublikDanBisnis.Bandung: Alfabeta.

Wibowo.(2017).PerilakuDalamOrganisasi.EdisiKedua.PT.RajaGrafindoPersada: Jakarta

Widyani, A. A. D., Saraswati, N. P. A. S.,Hen,M.A.(2022).PengaruhKomunikasiDanKepuasanKerjaTerhadapKinerjaKaryawanPadaRumah Makan Twisster Dog Panjer.EMAS,3(1), 12-20.

Wulandari,H.(2020).PengaruhKompensasi Dan BudayaOrganisasiTerhadapSemangatKerjaKaryawandiDazzleAccessoriesYogyakarta.JurnalEkobisDewantaraVol, 3(3), 8-13.

Yusuf,A.A.M.(2019).PengaruhKompensasi Finansial, KompensasiNonfinansialdanKepuasanKerjaterhadap Semangat Kerja KaryawanLembaga Bimbingan Belajar SmartEducafe Yogyakarta. Jurnal EkobisDewantara,2(2), 33-45.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles