PENGARUH STRES KERJA, KONFLIK PEKERJAAN KELUARGA, DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA KARYAWAN WAPA DI UME RESORT UBUD

Authors

  • I Made Eri Yunarta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Dwi Widyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Ayu Sintya Saraswati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Stres Kerja, Konflik Pekerjaan Keluarga, Kompensasi, Kepuasan Kerja

Abstract

Kepuasan kerja sangat mempengaruhi karyawan didalam melakukan pekerjaan, dimana apabila stres karyawan timbul lebih diakibatkan dari kepuasan kerja tidak terwujud dalam bekerja. Tekanan dalam lingkugan kerja yang dapat menimbulkan konflik pekerjaan-keluarga juga sering mengakibatkan kepuasan kerja karyawan menurun, maka penting bagi perusahaan untuk memberikan perhatian lebih pada karyawannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial Stres Kerja, Konflik Pekerjaan Keluarga, dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Pada Karyawan Wapa Di Ume Resort Ubud. Metode dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 32 responden kemudian dianalisis dengan teknik analisis regresi linier berganda, uji korelasi, uji determinasi, uji-f, dan uji-t.

Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda variabel stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pada karyawan Wapa di Ume Resort Ubud. Konflik pekerjaan keluarga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pada karyawan Wapa di Ume Resort Ubud. Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pada karyawan Wapa di Ume Resort Ubud.

References

Greenhaus, J, H., dan Beutell, N, J. 1985. Sources of Conflict Between Work and Family Roles. Academy of Management Reviw, 10 (1), pp. 76-88.

Handaru. 2013. Pengaruh Lingkungan Kerja, Kompensasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Di RS.X. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia. 4(1), pp: 117-135.

Handoko, T.H. 2011. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Edisi Kedua. Cetakan kedelapan belas. Penerbit BPFE. Yogyakarta

Hanim, L. 2016. Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Karyawan Hull Construction Di Pt. Dok Dan Perkapalan Surabaya. Vol 4, No.3.

Riana, M. S. 2015. Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 4.02 .

Istijanto. 2006. Riset Sumber Daya Manusia: Cara Praktis Mendeteksi Dimensi- Dimensi Kerja Karyawan. Cetakan Kedua. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Putra Suwardina I Gd dan I Md Artha Wibawa. 2014. Pengaruh Stres Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kepuaan Kerja Berdasarkan Gender pada WarongMiyabi Bali. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. H: 2745- 2766.

Prasetio, A. P. 2018. Pengaruh Stress Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pada Pt Pikiran Rakyat Bandung. Vol 2 No 1 (2018): Vol. 2 No.1/ April 2018.

Rini, Dyah P., Rusdarti dan suparjo. 2013. Pengaruh komitmen Organisasi kepuasan kerja dan budaya organisasi terhadap OrganiZational Citizenship behaviour (OCB) (studi pada PT. Plasa simpang lima semarang). Jurnal ilmiah dinamika ekonomi dan bisnis 1(1), h: 69-88.

Saraswati, Widyani dan Sagita, 2020. Employee’s Performance at PT. Mitra Tri Sakti. Asia Pasific Journal of Mangement and Education (APJME) Universitas Mahasaraswati Denpasar, Vol. 3, No. 2.

Vicky. 2012. Analisis Pengaruh Kompensasi, Manajemen Konflik pada Retensi Karyawan dan Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan Di Pasifik Perusahaan Niaga Jaya. Universitas Bina Nusantara.

Wibowo. 2016 Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Prasada.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles