PENGARUH DESAIN PRODUK, KELOMPOK SOSIAL DAN GAYA HIDUP TERHADAP MINAT PEMBELIAN MOBIL HONDA BRIO PADA PT. COKROAMINOTO SARI MOTOR DI DENPASAR

Authors

  • Ni Made Irma Widyasari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ngurah Agung Gede Eka Teja Kusuma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Desain Produk, Kelompok Sosial, Gaya Hidup, Minat Pembelian

Abstract

Minat pembelian yaitu dengan menciptakan suatu hal yang dapat terekam dalam pikiran konsumen lalu menjadikannya suatu keinginan yang sangat kuat. Setiap penjual pasti menjalankan berbagai strategi agar konsumen memiliki minat untuk membeli produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, menganalisa dan menjelaskan pengaruh desain produk, kelompok sosial dan gaya hidup terhadap minat pembelian serta mengetahui variable independent manakah yang memiliki pengaruh yang dominan terhadap variable dependen.

Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai menelitian yang bersifat deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Kota Denpasar yang memiliki produk mobil Honda Brio dan calon pembeli mobil Honda Brio dengan jumlah yang tidak dapat diketahui. Sampel penelitian ini berjumlah 80 orang yang diambil menggunakan teknik Nonprobability Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Pengujian instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan metode analisis data menggunakan dengan uji F dan uji t.

Hasil penelitian menunjukan bahwa variable desain produk, variable kelompok social dan variable gaya hidup berpengaruh positif terhadap minat pembelian. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambahkan variable independent lain seperti variable kualitas pelayanan.

References

Apriliani, S. E. D. 2020. Pengaruh Desain Produk dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhamadiyah Makassar. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah. Makassar.

Anggelina, R. 2020. Pengaruh Kelompok Refrensi, Gaya Hidup dan Sikap Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame pada Masyarakat Kota Pekanbaru. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim. Riau.

Anggraini, P. L. P., Agung, A. A. P., & Atmaja, N. P. C. D. 2022. Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflame. Jurnal Emas Vol 3 Nomor 2 Februari 2022 E– ISSN: 2774-3020.

Abdullah, T. 2015. Manajemen Pemasaran (1 ed.). Jakarta: Rajawali Pers.

Ariella, I. R., Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelni. Jurnal Peforma Volume 3 nomor 2, Juni 2018 ISSN: 2527-4635

Echdar Saban, 2017. Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis. Bogor: Ghalia Indonesia

Ferawati. 2018. Pengaruh Kelas Sosial dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha pada Masyarakat Desa Tarasu Kec. Kajuara Kab. Bone. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin. Makasar.

Humairoh. 2020. Pengaruh Persepsi Harga, Desain dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Sepatu All Star Original. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Medan.

Honda Indonesia. 2019. Honda Indonesia. Retrieved from Honda Indonesia: www.honda-indonesia.com/

HPM. 2019. Honda Prospect Motor. Retrieved from HPM: www.hpm.co.id/

Kotler, P., & Armstrong, G. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran (13 ed., Vol. 1). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran (13 ed., Vol. 1). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2012. Manajemen Pemasaran (12 ed., Vol. 1). Jakarta: Erlangga.

Luthfianto, Dawud dan Suprihhadi, Heru. (2017). Pengaruh Kulaitas Layanan dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Café Jalan Korea. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 6, Nomor 2

Murti, G. A. 2018. Analisis Pengaruh Desain Produk dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen : Studi Kasus di Rasa Lokal Denpasar, Bali. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Man, D. B. Y. 2018. Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Syar’i. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Medan.

Mirabi, V., Akbariyeh, H., & Tahmasebifard, H. 2015. A Study of Factors Affecting on Customers Purchase Intention Case Study: the Agencies of Bono Brand Tile in Tehran. Journal of Multidisciplinary Engineering Science and Technology (JMEST) ISSN: 3159-0040 Vol. 2 Issue 1, 267- 273.

Muhyiddin, Nurlina T., et. all. 2017. Metode Penelitian Ekonomi dan Sosial: Teori, Konsep dan Rencana Proposal. Jakarta: Salemba Empat.

Ningsih, S. M. 2020. Pengaruh Gaya Hidup dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Berlabel Halal Wardah (Studi Kasus Masyarakat Kampung Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak). Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim. Riau.

Narimawati. 2010. Metodologi Penelitian: Dasar Penyusun Penelitian Ekonomi. Jakarta: Genesis

Olin, D. M. 2018. Pengaruh Desain Produk dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Sepatu Nike. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Rizky, M.F. & Yasin, H. 2014. Pengaruh Promosi dna Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen & Binsis, Vol. 14(2), hal. 135-143.

Sari, T. 2020. Pengaruh Gaya Hidup, Atribut Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Vanilla Hijab. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Sibagariang, I. 2019. Pengaruh Gaya Hidup dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Iphone pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesi.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Tamba. D. P. 2019. Pengaruh Promosi, Harga, Kelompok Sosial dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Brio Di Kecamatan Medan Selayang dan Medan Sunggal. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Medan

Wisnu Setiaji, Bernardinus. 2016. Analisis Pengaruh Harga, Desain dan Limited Edition Produk t-shirt Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Konsumen TShirts Dreambirds di Media Sosial Facebook). Skripsi. Universitas Sanata Dharma

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles