PENGARUH BRAND IMAGE, DESAIN PRODUK, DAN ELETRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP MINAT PEMBELIAN DI TOKO GRIYA CAKE ABIANBASE

Authors

  • Ni Made Gitawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ngurah Agung Gede Eka Teja Kusuma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

brand image, desain produk, electronic word of mouth, minat pembelian

Abstract

Pada saat ini dunia pemasaran terus berkembang sangat pesat dan teknologi yang digunakan dalam memasarkan produk saat ini semakin canggih, semakin canggihnya dunia digital yang menyebabkan setiap perusahaan melakukan persaingan di dunia bisnis.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand image, desain produk, dan electronic word of mouth terhadap minat pembelian di toko griya cake abianbase. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang pernah berbelanja di toko griya cake. Pada penelitian ini metode yang digunakan dalam mengambil sampel yaitu nonprobability sampling dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu accidental sampling dengam jumlah 70 sampel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis linear berganda yang diolah menggunakan aplikasi SPSS for Windows.

Hasil analisis menujukkan bahwa 1. brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian pada griya cake abianbase, 2. desain produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian pada griya cake abianbase. 3. electronic word of mouth (e-wom) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian pada toko griya cake abianbase.

References

Aristayasa, I. K., Mitariani, N. W. E., & Atmaja, N. P. C. D. (2020). Pengaruh persepsi harga dan brand image terhadap keputusan pembelian dan dampaknya terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Ekonomi dan Pariwisata, 15(2).

Ajzen, I. (2002). Perceived behavioral control, self-efficacy, locus of control, and the theory of planned behavior. Journal of Applied Social Psychology, 32:665-683.

Andi, A., Suyono, S., Al Hafis, P., & Hendri, H. (2020). Pengaruh Celebirty Endorser, Kualitas Produk, Desain Produk Terhadap Minat Beli Smartphone Asus Pada Mahasiswa Pelita Indonesia. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 23-36.

Arifah, N. (2021) Pengaruh Iklan Online Dan Desain Produk Terhadap Minat Beli Konsumen CV. QUMI LABEL.

Ayu Aurelia Fauzia, R. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Minat Beli Sepatu Ventela (Doctoral dissertation, ISI Yogyakarta).

Citra, D. A., & Oktavani, F. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Skincare Everwhite Di Kota Bandung. eProceedings of Management, 9(3).

Ghozali, Imam. (2009). “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS “.

Semarang: UNDIP.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.

Hogg, MA., & Vaughan, G.M (2005). Inctroduction to Social Psychology (4th Ed). Australia: Pearson Prentice Hall.

Hosfiar, (2021). Christarevy Renaputra, Miguna Astuti, and Acim Heri Iswanto. "Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek dan E-Wom Terhadap Minat Beli Obat Jamu Masuk Angin Bejo Jahe Merah Di Indonesia." Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia 6.10: 4920-4933.

Jauhari, L. (2021). Pengaruh Desain Produk, Citra Merek, dan Religiusitas terhadap Keputusan Peembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Maternal Disaster.

Jogiyanto, (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset

Kietzmann, & Canhoto. (2013). Bittersweet! Understanding and Managing Electronic Word of Mouth. Journal of Public Affairs, 18.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2012), Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12.

Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Edition).

Pearson Education Inc.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Muninggar, D. A., & Rahmadini, A. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WoM) Terhadap Minat Beli pada Aplikasi Shopee (Studi Kasus Kota Bandar Lampung). Business and Enterpreneurship Journal (BEJ), 3(1).

Murti, V. N. K. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Desain Produk Terhadap Minat Beli Furniture Custom (Studi Pada Generasi Milenial).

Naufal, L., & Pradana, M. (2021). Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Beli Pada Platform E-commerce Bukalapak. eProceedings of Management, 8(5).

Peronika, N., Junaidi, J., & Maryadi, Y. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Kosmetika Wardah Di Kota Pagar Alam. Jurnal Ekonomia, 10(1), 83-93.

Salim, Imam Agus, Dyah Hapsari, and Oemar Madri Bafadhal. Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Beli Sepatu Specs Di Kalangan Mahasiswa Fisip Universitas Sriwijaya Angkatan 2016 Kampus Inderalaya. Diss. Sriwijaya University, 2021.

Saputra, S. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-Wom) Dan Citra Merek Terhadap Minat Belanja Konsumen Di Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 1-11.

Sari, Y. R., Harliyani, S., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh Harga, Brand Image, Dan Celebrity Endorser Enzy Storia Terhadap Minat Beli Produk Erigo. Business and Enterpreneurship Journal (BEJ), 3(1).

Sulistomo, A. (2012). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Pengungkapan Kecurangan. Skripsi. Semarang. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro Semarang.

Wijaya, I. G. B., & Dewi, N. N. D. R. (2022). Pengaruh iklan dan brand image terhadap minat beli mie Lemonilo di Kota Mataram. SOROT, 17(1), 59- 68.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles