PENGARUH BRAND IMAGE, PROMOTION, WORD OF MOUTH TERHADAP PURCHASE DECISION MS GLOW DI KOTA DENPASAR

Authors

  • Ni Komang Alisa Andriani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Brand image, Promotion, Word of Mouth, Keputusan Pembelian

Abstract

Perkembangan zaman sekarang ini telah melahirkan banyak kebutuhan manusia yang semakin berkembang, tidak hanya terbatas pada kebutuhan pokok dan kebutuhan pangan, tetapi juga kebutuhan pribadi seperti perawatan wajah atau tubuh yang biasa dikenal dengan perawatan kulit. Oleh karena itu perusahaan harus memahami kebutuhan dan keinginan konsumen dan alasan mereka memilih produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Image, Promotion, Word of Mouth terhadap Purchase Decision MS Glow Di kota Denpasar.

Penelitian ini dilakukan di kota Denpasar dengan responden pengguna produk kosmetik MS Glow. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan sumbernya menggunakan data primer dan sekunder. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 112 responden dengan metode nonprobability sampling. Data dikumpulkan dengan cara studi kepustakaan, kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisi regresi linear berganda dibantu dengan program SPSS versi 25.

Hasil penelitian menunjukan bahwa variable Brand image tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Sedangkan Promotion dan Word of Mouth berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian

References

Adiwidjaja, A. J. (2017). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse. Agora - Online Graduate Humanities Journal, 5(3).

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta

Apriyani, Y. (2013). Pengaruh Brand Image. Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pizza Hut di Kota Padang. Manajemen, 2(1), 1–10.

Anggara.R. (2021). Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian pada produk Helipad.id, promotion effect on product purchase decision Helipad.Id

Darwis, E. G. (2017). Pengaruh Brand Image dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza pada PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin Makassar. Makassar:Skripsi Diterbitkan.

Febriyanti, R. S., & Wahyuati, A. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser DanBrand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Vol. 5, 1 - 18.

Fure,dkk (2015). Pengaruh brand image, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen di J.CO Manado. Jurnal Emba: jurnal riset ekonomi manajemen bisnis dan ekonomi.

Halim, A. (2013). Analisis Investasi. Edisi Pertama, Penerbit Salemba Empat:Jakarta.

Herman, M. (2017). Manajemen Pemasaran. Alfabeta, Bandung

https://compas.co.id/ (diakses tanggal 22 November 2022 Pukul 21:07)

Imbayani, I. G. A., & Gama, A. W. S. (2018). The Influence of Electronic Word of Mouth (E-Wom), Brand Image, Product Knowledge on Purchase Intention. Jurnal Ekonomi & Bisnis Jagadhita, 5(2), 145-153.

Isa, M., Mardalis, A., & Mangifera, L. (2018). Analisis Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Makanan Dan Minuman Di Warung Hik. Daya Saing Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya Vol.20, No.1.

Ismayanti, N. M. A., & Santika, I. W. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser, BrandImage, Kualitas Produk Terhadap Niat Beli Sepatu Olahraga Nike Di Kota Denpasar. Manajemen Unud, 6(10), 5720–574.

Iswanto (2016). Pengaruh Brand Image terhadap keputusan pembelian pad photo cabin (universitas Ciputra). Skripsi

Iswanto, R. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Photo Cabin. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 116.

Jacob,dkk (2018). Pengaruh daya Tarik iklan dan citra produk terhadap keputusan pembelian produk chitato chips pada mahasiswa FEB UNSRAT. Jurnal Emba: jurnal riset ekonomi manajemen bisnis dan ekonomi.

Jannah, N., Antara, M., & Effendy. (2018). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Mengkonsumsi Buah Jeruk Impor Di Kota Palu. Agroland, 25(2), 121–129.

Kartika, R. P., Aryati, I., & Widayanti, R. (2019). Pengaruh Brand Image. Gaya Hidup, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Café Tiga Tjeret Di Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(01), 14–22.

Kotler Dan Gary Amstrong. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kesembilan.Jakarta:Erlangga. P125

Keller dan Kotler, (2009:403), Pengaruh citra merek (brand image) dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 51 No. 1 Oktober 2017.

Kotler, Philip & Armstrong Gary. 2006. Prinsipprinsip Pemasaran. Terjemahan oleh Bob Sabran. Edisi ke 13. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Terjemahan Bob Sabran. Edisi ke 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi ke 12. PT Indeks

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2004. Prinsip-prinsip Marketing. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Labesi, (2019). Pengaruh brand image dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian mobil Pajero pada PT. makassar mandiri putri utama. Jurnal Emba: jurnal riset ekonomi manajemen bisnis dan ekonomi.

Made Tiya Yogi Suari,dkk. (2019), pengaruh kualitas produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian, jurnal manajemen Universitas Ganesha.

Mandagi,dkk (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Android di Gerai IT Center Manado. Skripsi. Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sam Ratulangi Manado, Indonesia.

Mandiasukma. P. (2017). Pengaruh Word of mouth marketing terhadap keputusan pembelian (Survei pada konsumen Coffee Toffee cabang Kota Malang). Skripsi

Palukadang,dkk (2017). Pengarruh brand image terhadap keputusan pembelian produk Herbalife (studi kasus pada lima nutrision club manado). Jurnal Emba: jurnal riset ekonomi manajemen bisnis dan ekonomi

Rahayu.P. (2014). Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen produk smartfren Andromax (Studi kasus pada mahasiswa kampus kelintang Universitas Negeri Surabaya).

Riezky, T., Mustamu, R. H., & Petra, U. K. (2013). Analisis Deskriptif Strategi Bersaing Pada Perusahaan Kosmetik. Jurnal AGORA, 1(1),11.

Ritonga, R. (2011). Hubungan Citra Merek dengan Kepuasan Konsumen. X, 20-33.

Rizan, M., Saidani, B., & Sari, Y. (2012). Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek Telkomsel. Jurnal Riset Manajemen Sain Indonesia, 3(1), 1–7.

Setiawan.W. (2019), pengaruh promotion, dan brand positioning terhadap keputusan pembelian sepeda motor beat (Studi kasus pada mahasiswa IAIN purwakerto). Skripsi

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&B. Bandung: Aflabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitaif dan R&D. Bandung: Alfabet

Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r &d. Alfabeta.

Supriyadi,dkk (2017). Pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian, Ginanjar Indra Kusuma Nugraha. Skipsi. University of Merdeka Malang.

Suryadi, (2020). Pengaruh Promotion, Price, dan Network Availabylity terhadap Keputusan Pembelian. Skipsi. Universitas Muhammadiyah Metro, Kota Metro, Lampung.

Tarto. 2017. Analisis Perbandingan Kualitas Produk, Strategi Promosi dan Persepsi Konsumen pada Pengguna Ponsel OPPO dan XIAOMI (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang). Jurnal Manajemen Bisnis Vol. 6, No. 1, 2017.

Taung, F. & Tielung. M. (2015). Analisis perbandingan Diferensiasi Produk dan Citra Merek pada Motor Matic Honda Beat dan Yamaha Mio di Kota Manado. Jurnal EMBA Vol.3 No.4 Desember 2015, Hal. 226-235.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4: Andi

Tjiptono, F. 2008. Pemasaran Strategik. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi.

Utomo, I. W. (2017). Pengaruh Citra Merek, Brand Awareness, dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek Pelanggan Online Shopping (Studi Kasus Karyawan Di BSI Pemuda). Jurnal Komunikasi, VIII (1), 80.

Venessa, I., & Arifin, Z. (2017). Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013 / 2014 dan 2014 / 2015 Pengguna Kartu PraBayar Simpati. Jurnal Administrasi Bisnis, 51(1), 44–48.

Wati, N. M. D. W. K., Imbayani, I. G. A., & Ribek, P. K. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, brand image, dan kepercayaan terhadap kepuasan konsuen pada PT prodia widyahusada. VALUES, 1(2).

Wahyuni.L. (2019). Pengaruh promotion, people dan service quality terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan konsumen transportasi online gojek (Studi kasus pada mahasiswa FEB dan FKIP Universitas Pasudan Bandung).

Widada.HS. (2017). Pengaruh product, price, promotion, dan physical evidence terhadap keputusan pembelian (Studi pada hotel Cakra Kusuma Yogyakarta).

Wulandari, (2017). Pengaruh brand image terhadap proses keputusan pembelian sepatu nike (studi pada mahasiswa fakultas komunikasi dan bisnis Telkom university bandung).

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles