PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, BRAND AWARENESS DAN DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOK’S KULINER DALUNG

Authors

  • I Putu Warjaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Daniel Manek Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

keputusan pembelian, kualitas pelayanan, brand awareness, diferensiasi produk

Abstract

Kehadiran restoran cepat saji yang bermunculan sangat berpengaruh terhadap penjualan  di TOK’S KULINER, dikarenakan persaingan dalam memikat pembeli, tetapi di karenakan kurangnya variasi barang yang di tawarkan oleh TOK’S KULINER.faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian di antaranya pengaruh kualiatas pelayanan, brand awareness dan diferensiasi produk dan faktor lainya, makan faktor faktor tersebut harus di tingkatkan umtuk mencapai perusahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan analisis pengaruh kualitas pelayanan, brand awareness dan diferensiasi produk terhadap keptusan pembelian di TOK’S KULINER DALUNG.

Pengambilan sempel di tentukan dengan menggunakan teknik Cochran dengan jumlah sempel 96 responden. Tektik pengumpilan data menggunakan kuesiner. Datan yang terkumpul di analisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukan bahwa, pengaruh kualitas pelayanan, brand awareness dan diferensiasi produk masing masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di TOK’S KULINER DALUNG. Saran bagi peneliti selanjutnya di harapkan dapat meneliti dengan faktor faktor lain khususnya pemasaran agar mendapatkan hasil yang lebih berpariasi dan berpengaruh terhadap keputusan pembelian di TOK’S KULINER DALUNG.

References

Adnan. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Susu Morinaga di Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis, 7(2).

Aditya & Tjiptono. (2012). pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jakarta.

Ahmad Susanto. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group

Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel RizenKedaton Bogor. Jurnal pemasaran kompetitif, 1(2).

Arianty, 2021. Pengaruh Brand image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Sumatra Utara. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Volume 4, Nomor 1, Maret 2021.

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39-50.

Assauri, S., 2015. Manajemen Pemasaran, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

Atmaja, NPCD, Semiati, NW,& Agung, AAP. 2022. Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Sampah Tegeh Sari. Jurnal Manajemen dan Bisnis Equlibrium. Vol. 8, No. 1, pp 64-73.

Azizah, N., Hasbi, S., & Yetty, F. (2021). Pengaruh Brand Awareness, Transparansi, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menyalurkan ZIS DiKITABISA.COM. Jurnal EkonomiSyariahPelitaBangsa, 6(02), 111-125.

Buchari Alma, (2017), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Kesembelian, Alfabeth, Bandung.

Cahyani, Febby Gita. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Hargaterhadap Kepuasan Konsumen. Volume 5, Nomor 3, Maret 2016

Danawira, A. (2019). Pengaruh Differensiasi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Makanan Cep Richeese Factory Rempoa. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(1), 76–87. https://doi.org/10.32502/jimn.

Doni Hariadi. (2013). Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Projector Microvision. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol.1 No.1. p67-87.

Dwiyanti, E., Qomariah, N., & Tyas, W. M. (2018). Pengaruh persepsi kualitas, nama merek dan brand awareness terhadap keputusan pembelian. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2).

Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta : Andi.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS.

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175-182.

Idham Kurnia Simamora, Handoyo Djoko, Widayanto. 2013. Pengaruh Harga, Citra Merek, Positioning dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Jamu PT. Njonja Meneer (Studi Kasus Pada Pondok Jamu Njoja Meneer Depok-Semarang). Diponegoro Journal Of Social And Politic, 1-12.

Iskandar, D., & Nasution, M. I. B. (2019, October). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa/i FEB UMSU). In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 128-137).

Kasmir. (2017). Customer Service Excellent. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018).

Kotler Dan Keller, (2015), Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 13, Jakarta: Erlangga

Kotler, P. & Keller, K.L. (2017), Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016):Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Liu, M. T., Wong, I. A., Tseng, T.-H., Chang, A. W.-Y., & Phau, I. (2017). Applying consumer-based brand equity in luxury hotel branding. Journal of Business Research, 81, 192-202.doi:10.1016/j.jbusres.2017.06.01

Mangifera, L; Isa, M; Wajdi, MF. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pemilihan Kuliner di Kawasan Wisata Alam Kemuning. Jurnal Manajemen Dayasaing, 2018, 20 (1)

Marlius, D. (2017). Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis dan Bauran Pemasaran PT. Intercom Mobilindo Padang. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 01(1), 57–66.

Muthiah, Farah dan Setiawan, Budi. 2019. Pengaruh Brand Awareness, Brand Characteristic, Dan Emotional Branding Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, Vol 7 No. 2, (259-267)

Navaril, Ravita G. dan Usman, Dr. Osly. 2020. Effect Of Brand Awareness, Price, Product Quality Towards Decisions To Purchase Social Media Instagram.(https://ssrn.com/abstract=3637671) , diakses pada tanggal 20 September 2020

Nurzaini, Y., & Khasanah, I. (2018). Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk, Citra Merek, Preferensi Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Diponegoro Journal of Management, 7(2), 360-370.

Sahetapy, M. M. (2017). Analisis Pengaruh Beberapa Dosis Pupuk Bokashi Kotoran Ayamterhadap Pertumbuhan dan Produksi Tiga Varietas Tomat (Lycopersicum Esculentum Miil.) di Desa Airmadidi. Agri-Sosioekonomi, 13(2A), 71-82.

Saputra, Saka. (2017) “Rancang Bangun Heat Exchanger Tube Fin Satu Pass, Shell Tiga Pass Untuk Pengering Empon-empon”. Skripsi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta

Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Indeks.

Setiawan, A., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2019). PengaruhKualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia, 9(2), 114-126.

Suciningtyas, W. 2012. Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Media Communication Terhadap Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal. 1(1).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sumba, V.V.P., Mandey, S.L., Jorie, R.J. (2020) Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Pizza Hut Manado Town Square. Vol. No.1https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/download/28011/57524(Diakses Pada 19 Mei 2021)

Sumerta, I. K., Indahyani, D. N. T., Redianingsih, N. K., & Pranawa, I. M. B. (2020). PENGARUH DEFERENSIASI PRODUK PROMOSI DAN HARGA TERHADAPKEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION PADA UD. SINAR MULIA DI KABUPATEN GIANYAR. Buletin Studi Ekonomi, 190-206.

Suwarni dan Mayasari. 2011. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen, Jurnal Ekonomi Bisnis, TH.16,No. 1.

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Ulfa nasution, z. A. H. R. A. I. N. I. (2019). Pengaruh promosi penjualan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada reseller im parfum kotamedan (doctoral dissertation).

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles